Roboguru

Perhatikan ciri-ciri jaringan dan gambar berikut!  Tersusun atas sel-sel hidup.  Terletak pada organ-organ tumbuhan yang masih muda.  Dinding sekunder mengalami penebalan oleh zat lignin.  Terdapat sklereid yang terhimpun di antara sel-sel parenkim.  Dinding sel mengandung selulosa, pektin, dan hemiselulosa.  Ciri-ciri yang dimiliki jaringan pada gambar di samping ditunjukkan oleh angka ....

Pertanyaan

Perhatikan ciri-ciri jaringan dan gambar berikut! 

  1. Tersusun atas sel-sel hidup. 
  2. Terletak pada organ-organ tumbuhan yang masih muda. 
  3. Dinding sekunder mengalami penebalan oleh zat lignin. 
  4. Terdapat sklereid yang terhimpun di antara sel-sel parenkim. 
  5. Dinding sel mengandung selulosa, pektin, dan hemiselulosa. 

Ciri-ciri yang dimiliki jaringan pada gambar di samping ditunjukkan oleh angka .... 

  1. 1), 2), dan 3) 

  2.  1), 2), dan 5) 

  3. 1), 3), dan 4) 

  4.  2), 3), dan 4) 

  5. 2), 4), dan 5) 

Pembahasan Soal:

Jaringan pada gambar adalah Kolenkim. Kolenkim merupakan jaringan sederhana. Kolenkim terdapat pada bagian tepi batang dan daun. Kolenkim merupakan sel hidup dan berdinding tebal dengan penebalan terjadi pada sudut-sudut sel. Kolenkim mengandung selulosa dan pektin serta tidak mengandung lignin. Pada kolenkim tidak terdapat ruang antarsel. Sel dapat berbentuk bulat, oval, atau poligon. Sejumlah kecil kloroplas terdapat pada sel ini. 

Oleh karena itu, pilihan jawaban yang benar adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 15 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jaringan penguat pada tumbuhan dikotil yang sel penyusunnya masih hidup adalah ....

Pembahasan Soal:

Jaringan penyokong merupakan jaringan yang menguatkan tumbuhan. Berdasarkan bentuk dan sifatnya, jaringan penyokong dibedakan menjadi jaringan kolenkim dan jaringan sklerenkim.

  • Jaringan kolenkim terdiri atas sel-sel hidup yang bagian sudut dindingnya mengalami penebalan selulosa. Jaringan kolenkim terutama terdapat pada organ-organ tumbuhan yang masih aktif mengadakan pertumbuhan dan perkembangan.
  • Jaringan sklerenkim tersusun oleh sel-sel mati yang seluruh bagian dindingnya mengalami penebalan sehingga rnemiliki sifat kuat. Jaringan sklerenkim hanya dijumpai pada organ tumbuhan yang tidak lagi mengadakan pertumbuhan dan perkembangan.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.space 

1

Roboguru

Pada tumbuhan yang masih muda, batang dapat berdiri tegak karena adanya ...

Pembahasan Soal:

Tumbuhan dapat berdiri tegak karena adanya jaringan penyokong. Berdasarkan sifatnya dan bentuknya jaringan penyokong dibagi menjadi dua yaitu kolenkim dan sklerenkim. Kolenkim merupakan jaringan penyokong yang tersusun atas sel-sel hidup dan menyokong organ tumbuhan yang masih muda. Sementara itu, jaringan sklerenkim adalah jaringan penyokong yang tersusun atas sel-sel mati dan menyokong organ tumbuhan yang sudah dewasa.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang benar adalah E.

0

Roboguru

Alasan yang menyebabkan tumbuhan yang hidup di lingkungan dengan angin yang kencang memiliki jaringan kolenkim yang lebih tebal adalah ….

Pembahasan Soal:

Tumbuhan yang hidup di lingkungan dengan angin yang kencang akan memiliki jaringan kolenkim lebih tebal karena tumbuhan tersebut membutuhkan sokongan yang lebih kuat agar batangnya tidak oleng atau tidak bengkok saat tertiup angin kencang. Dengan demikian, opsi pilihan yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan jenis-jenis jaringan di bawah ini! kolenkim parenkim aerenkim sklerenkim epidermis Jaringan yang termasuk kedalam jaringan penyokong adalah ….

Pembahasan Soal:

Jaringan penyokong adalah jaringan yang berfungsi untuk menyokong tumbuhan agar dapat berdiri dengan kokoh dan kuat. Berdasarkan sifatnya dan bentuknya jaringan penyokong dibagi menjadi dua jenis yaitu kolenkim dan sklerenkim. Dengan demikian, opsi pilihan yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Kulit akar atau kulit batang tersusun oleh jaringan-jaringan berikut, kecuali ….

Pembahasan Soal:

Kulit akar atau kulit batang tersusun oleh jaringan-jaringan berikut :

  • Epidermis
    terdiri dari satu lapis sel yang tersusun rapat  tanpa ruang antar sel. Pada permukaan lar epidermis pada akar terdapat rambut akar yang berfungsi untuk memperluas bidang penyerapan serta menyerap air dan garam. Sedangkan pada epidermis batang terdapat kutikula.
  • Korteks
    tersusun dari sel parenkim yang berdinding tipis dan mempunya banyak ruang antar sel. Selain itu, di dalam korteks terdapat kolenkim dan sklerenkim yang berperan untuk menyokong dan memperkuat batang.  Pada akar jaringan kolenkim jarang ditemukan.
  • Endodermis
    Pembatas antara korteks dengan silinder pusat. Pada akar dinding sel endodermis mengalami penebalan lignin dan suberin. Penebalan ini membentuk struktur seperti Pita caspary. Penebalan ini menyebabkan dinding sel endodermis sulit ditembus air. Pada batang, tidak seperti pada akar. Lapisan endodermis tidak begitu jelas dan menyatu dengan korteks.
  • Jaringan Pengangkut
    Berupa xilem dan floem. Xilem berfungsi mengangkut air dan garam mineral dari akar menuju ke daun, sedangkan floem berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dan mengedarkan ke seluruh bagian tumbuhan.

Berdasarkan uraian diatas, kulit akar atau kulit batang tersusun oleh jaringan-jaringan berikut kecuali jaringan kolenkim. Jaringan kolenkim terdiri dari jaringan hidup dengan dinding sel selulosa yang tebal, berfungsi untuk memberikan kekuatan pada tubuh tumbuhan dan menjaga tumbuhan dapat berdiri tegak. Jaringan ini akan dapat ditemukan terutama pada batang tumbuhan tidak berkayu. Dengan adanya jaringan kolenkim, batang tumbuhan dapat berdiri tegak, berkat adanya kekuatan dari sel-sel kolenkim yang memiliki dinding sel selulosa yang tebal.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved