Roboguru

Perhatikan ciri-ciri berikut! Mobilitas penduduk semakin tinggi. Banyak lahan beralih fungsi. Munculnya daerah kumuh dan miskin. Kenakalan remaja meningkat. Terpenuhinya kebutuhan pangan. Dampak interaksi desa dan kota terhadap desa ditunjukkan oleh nomor ....

Pertanyaan

Perhatikan ciri-ciri berikut!

  1. Mobilitas penduduk semakin tinggi.
  2. Banyak lahan beralih fungsi.
  3. Munculnya daerah kumuh dan miskin.
  4. Kenakalan remaja meningkat.
  5. Terpenuhinya kebutuhan pangan.

Dampak interaksi desa dan kota terhadap desa ditunjukkan oleh nomor ....

  1. 1, 2, dan 3

  2. 1, 4, dan 5

  3. 1, 2, dan 4

  4. 2, 3, dan 5

  5. 3, 4, dan 5

Pembahasan Soal:

Beberapa dampak interaksi desa-kota terhadap desa itu sendiri adalah :

  1. Mobilitas penduduk semakin tinggi. 
    Mobilitas disini merupakan perpindahan penduduk desa menuju ke kota karena kota lebih menjanjikan dalam beberapa faktor seperti pendidikan dan pekerjaan. Sehingga menyebabkan sumber daya manusia di desa berkurang.
  2. Kenakalan remaja meningkat.
    Kenakalan remaja disebabkan oleh pergaulan yang didapatkan di kota sehingga ketika kembali ke desa akan terbawa dampak negatifnya.
  3. Terpenuhinya kebutuhan pangan.
    Banyak penduduk desa yang mencari pekerjaan ke kota untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Seftiani

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dampak positif dari interaksi desa dengan kota adalah ...

Pembahasan Soal:

Dampak interaksi desa-kota bagi desa adalah meningkatnya perekonomian masyarakat desa disebabkan oleh meningkatnya penjualan komoditas desa di pasaran kota, dan meningkatnya gaya hidup masyarakat desa akibat pengaruh budaya perkotaan.

0

Roboguru

Salah satu dampak adanya interaksi desa-kota terhadap wilayah desa adalah berkurangnya jumlah tenaga kerja produktif di desa. Hal ini disebabkan sebagian besar pemuda di desa berpindah ke wilayah kota...

Pembahasan Soal:

Salah satu dampak interaksi antara wilayah desa dan kota adalah munculnya angka urbanisasi yang tinggi. Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari wilayah desa ke wilayah kota. Sebagian besar penduduk desa melakukan urbanisasi atas dasar faktor ekonomi. Mereka menganggap bahwa kota menyediakan kesempatan kerja yang lebih luas dengan biaya upah yang lebih tinggi dibandingkan dengan wilayah desa.space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Dampak positif dari terjadinya interaksi antara desa dan kota menyebabkan meningkatnya penggunaan teknologi canggih di desa. SEBAB Interaksi antara desa dan kota bukan hanya terjadi akibat perpindah...

Pembahasan Soal:

Menurut Ullman, interaksi spasial desa dan kota mencakup gerak dari barang, penumpang, migran, uang, dan informasi. Perkembangan di bidang transportasi dan pembangunan jalur-jalur jalan baru telah meningkatkan interaksi desa-kota. Peningkatan interaksi juga disebabkan oleh perkembangan di bidang pendidikan, budaya, teknologi, dan ekonomi penduduk. Interaksi dapat menimbulkan dampak positif bagi desa, yaitu pengetahuan masyarakat desa menjadi meningkat karena banyak sekolah dibangun di desa. Selain itu, informasi perkembangan dunia dan ilmu pengetahuan yang diterima penduduk kota juga dengan mudah menyebar ke desa. Peningkatan pengetahuan ini akan memunginkan terjadinya peningkatan teknologi canggih yang mulai digunakan oleh masyarakat desa. Hal ini disebabkan oleh adanya arus informasi yang masuk ke desa. Interaksi desa dan kota membuat masyarakat desa mendapatkan informasi yang bermanfaat dari kota yang kemudian dapat diaplikasikan di desa. space space 

0

Roboguru

Interaksi desa dan kota menunjukkan hubungan timbal balik kedua wilayah. Identifikasilah dampak negatif interaksi desa dan kota bagi desa !

Pembahasan Soal:

Interaksi desa dan kota menunjukkan hubungan timbal balik kedua wilayah. Dampak negatif interaksi desa dan kota bagi desa adalah sebagai berikut :

  1. Memudarnya kehidupan agraris, sekarang minat masyarakat desa untuk beraktivitas di sektor pertanian menurun. Upah dan hasil sektor pertanian di anggap kurang menjanjikan. Masyarakat melihat pekerjaan di kota lebih beragam dan lebih menghasilkan dari pada jadi petani di desa.
  2. Meningkatnya perilaku kosumtif di desa, maraknya iklan dan promosi akhir nya mendorong penduduk desa berprilaku konsumtif
  3. Tenaga kerja produktif berkurang, usia produktif memilih bekerja di perkotaan karena lapangan pekerjaan di kota lebih beragam dan lebih layak.
  4. Terjadi nya fungsi lahan, alih fungsi lahan yaitu perubahan pengunaan lahan untuk tujuan lain, misalnya lahan pertanian di bangun pabrik, atau perumahan.  Hal ini di sebabkan perkembangan kota ke arah desa, lahan di perkotaan makin sempit karena padatnya penduduk kota.
  5. Tradisi dan budaya khas desa semakin memudar. Modernitas kota memengaruhi budaya penduduk desa. Arus informasi sekarang mudah di akses melalui televisi, surat kabar dan internet. Penduduk desa berpotensi meniru gaya hidup yang di tampilkan di media, secara tidak langsung perilaku ini akan mengikis tradisi da budaya yang ada di desa.

0

Roboguru

Pada tabel berikut, perbedaan antara masyarakat kota dengan masyarakat desa, adalah ....

Pembahasan Soal:

Desa dan Kota memiliki perbedaan, mulai dari segi penduduknya, ekonomi, sosial dan budayanya. Keduanya memiliki karakteristik sendiri dan fungsinya masing-masing. Berikut ada 5 perbedaan antara desa dan kota diantaranya:

 

Perbedaan Desa Kota
Wilayah Lebih luas Lebih sempit
Jumlah penduduk Kepadatan penduduk cenderung kecil Kepadatan penduduk cenderung lebih besar
Karakteristik penduduk Paguyuban (gotong royong), kekeluargaan Patembayan (sebatas rekan kerja), individualistik
Mata pencaharian Homogen (bertani atau berkebun) Heterogen (bervariasi)
Sikap Irrasional, kadang sulit menerima hal baru Rasional, terbuka dan mudah menerima hal baru 

Berdasarkan penjelasan diatas maka tabel hubungan sosial dari desa yang paguyuban dan kota yang patembayan yang sesuai.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved