Roboguru

Perempuan tua : "Sabarlah, Ia masih sakit" Satilawati : "Betul ia sakit? sakit turunan?" Perempuan tua : "Tidak. Tapi dia memang sakit. Itu perbuatan Kartili" Satilawati : "Nenek!" Perempuan tua : "Kartili yang berbuat, ia ingin merampas engkau dari Ishak" Satilawati : "Mungkinkah ia berbuat itu?" Perempuan tua : "Mungkin. Tapi, sudahlah" (Kejahatan Membalas Dendam dengan penyesuaian, Idrus) Konflik yang ada dalam kutipan tersebut adalah .....

Pertanyaan

Perempuan tua : "Sabarlah, Ia masih sakit"

Satilawati : "Betul ia sakit? sakit turunan?"

Perempuan tua : "Tidak. Tapi dia memang sakit. Itu perbuatan Kartili"

Satilawati : "Nenek!"

Perempuan tua : "Kartili yang berbuat, ia ingin merampas engkau dari Ishak"

Satilawati : "Mungkinkah ia berbuat itu?"

Perempuan tua : "Mungkin. Tapi, sudahlah"

(Kejahatan Membalas Dendam dengan penyesuaian, Idrus)

Konflik yang ada dalam kutipan tersebut adalah .....

  1. Kartili sangat mencintai Satilawati

  2. Satilawati tidak mencintai Kartili

  3. Ishak beristirahat di rumah nenek karena sakit

  4. Nenek ingin Satilwati tidak meninggalkan Ishak

  5. Kartili ingin merebut Satilawati dari kekasihnya

Pembahasan Soal:

Konflik adalah hal yang mendasari munculnya suatu cerita. Masalah ini sangat sentral sehingga jika masalah ini dilepas dari sebuah cerita, sebagian besar cerita akan hilang. Dalam kutipan di atas, hal penting yang menjiwai munculnya cerita tersebut adalah upaya Kartili untuk merebut Satilawati dari Ishak hingga dia tega mencelakakan Ishak dengan mengirim santet kepadanya

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Mariam

Mahasiswa/Alumni Universitas Suryakancana

Terakhir diupdate 15 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berdasarkan wataknya, tokoh Selir termasuk tokoh ....

Pembahasan Soal:

Tokoh adalah pelaku yang terlibat memerankan karakter dalam jalan cerita. Kehadirannya ada yang selalu muncul dalam setiap dialog, namun ada yang hanya pendamping. Kehadiran tokoh juga memiliki beragam watak yang bisa dilihat dari perkataan, tingkah laku, pemikiran, dan sebagainya. Ada tiga macam tokoh yaitu:

  1. Protagonis, tokoh yang menampilkan kebaikan
  2. Antagonis, tokoh yang jahat dan penentang kebaikan
  3. Tritagonis, tokoh yang mendukung protagonis

Berdasarkan kutipan drama di soal, hal yang perlu dicermati adalah:
Selir: " ... aku bermaksud ingin melenyapkan permaisuri itu dari istana! Aku hendak berpura-pura sakit dan aku ingin agar konspirasi ini ditujukan kepada permaisuri. Aku ingin membuat semua orang membenci permaisuri karena telah meracuni aku sehingga aku sakit.

Berdasarkan kutipan tersebut, tokoh Selir memiliki rencana ingin melenyapkan permaisuri. Upaya selir itu adalah membuat konspirasi agar semua orang membenci permaisuri karena telah meracuni selir itu. Perbuatan selir itu menandakan wataknya sangat jahat dan menyimpang dari kebaikan.
Dengan demikian, berdasarkan wataknya, tokoh Selir termasuk tokoh antagonis.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.undefined

0

Roboguru

Latar tempat kutipan drama tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Drama adalah sebuah cerita atau kisah yang menggambarkan kehidupan dan watak melalui tingkah laku dialog yang dipentaskan. Salah satu unsur pembangun drama adalah latar. Latar merupakan keterangan mengenai tempat, waktu, dan suasana dalam naskah drama.
Latar tempat yaitu penggambaran tempat kejadian di dalam naskah drama, seperti di rumah, medan perang, di meja makan.

Berdasarkan kutipan drama di soal, hal yang perlu dicermati adalah
Ishak: ''Tidak banyak bedanya, Satilawati. Aku harus berbicara dengan tunanganku dalam gelap, di jalan yang sunyi. Ha, ha, ha, ha."
Satilawati: "Tapi apa yang hendak kaukatakan?"

Berdasarkan dialog tersebut, Ishak harus berbicara dengan tunangannya di jalan yang sunyi.
Dengan demikian, latar tempat kutipan drama tersebut adalah jalan.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C.undefined

0

Roboguru

Metode penokohan yang digunakan dalam kutipan drama tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Drama adalah sebuah cerita atau kisah yang menggambarkan kehidupan dan watak melalui tingkah laku dialog yang dipentaskan. Dalam sebuah drama, setiap tokoh memiliki karakter yang digambarkan oleh seorang pengarang. Hal itu disebut penokohan. Penokohan yaitu cara pengarang menggambarkan dan mengembangkan karakter-karakter tokoh dalam drama. Penokohan mengacu pada pandangan, sifat, sikap, dan emosi yang dimiliki tokoh dalam drama. Berdasarkan pengungkapan watak tokohnya, terdapat dua metode penokohan, yaitu metode analitik dan metode dramatik.

  1. Metode analitik, yakni diungkapkan secara langsung melalui narasi yang ada oleh narator.
  2. Metode dramatik, yakni diungkapkan melalui tingkah laku, ucapan, perasaan, serta penampilan fisik tokoh.

Berdasarkan kutipan drama di soal, hal yang perlu dicermati adalah:
Jamil: "Aku mau hidup jauh dari kebisingan, Saenah. Aku tertarik dengan kehidupan sunyi di desa, dengan penduduknya yang polos dan sederhana. Di sana aku ingin melihat manusia seutuhnya. Manusia yang belum dipoles sikap-sikap munafik dan pulasan belaka. Aku harap kau menyambut keinginanku ini dengan gembira, dan kita bersama-sama kesana. Di sana tenagaku lebih diperlukan daripada di kota. Dan tentu banyak yang dapat aku lakukan."

Jamil: "Aku bukan orang yang membutuhkan perhatian dan publikasi. Kepergianku ke sana bukan dengan harapan untuk menjadi guru teladan. Coba bayangkan, siapa pejabat yang bisa memikirkan kesulitan seorang guru yang bertugas di Sembalun? Betul mereka menerima gaji tiap bulan. Tapi dari hari ke hari dicekam kesunyian, dengan senyum secercah  terbayang di bibirnya bila menghadapi anak bangsanya. Dengan alat-alat serba kurang mungkin kehabisan kapur, namun hatinya tetap di sana. Aku bukan orang yang membutuhkan publikasi, tapi ukuran-ukuran dan nilai-nilai seorang guru di desa perlu direnungkan kembali. lni bukan  ilusi atau igauan di malam sepi, Saenah. Sedang teman-teman di kota mempunyai kesempatan untuk hal-hal yang sebaliknya dari kita ini. ltulah yang mendorong aku, mendorong hatiku untuk melamar bertugas di desa ini."

Saenah: “Baiklah, sayang. Ketika aku melangkahkan kaki memasuki gerbang perkawinan kita, aku tahu macam suami yang kupilih itu. Aku bersedia mendampingimu. Aku tahu, apa tugas utamaku di samping sebagai seorang ibu rumah tangga. Yaitu menghayati tugas suami dan menjadi pendorong utama kariernya. Aku bersedia meninggalkan kota yang ramai dan aku sudah siap mental menghadapi kesunyian dan kesepian macam apa pun. Kau tak perlu sangsi." (pelan lampu kembali pada cahaya semula.)

Berdasarkan kutipan tersebut, pengarang menunjukkan sifat Jamil yang idealis. Hal itu ditunjukkan dengan dialog Jamil. Jamil berkata bahwa ia ingin hidup di desa karena ingin jauh dari kebisingan dan ingin melihat manusia seutuhnya. Pada dialog Saenah, pengarang juga menunjukkan sifat Saenah yang penurut dan bijaksana melalui ucapannya yang menyatakan kesediaan ikut bersama suami.
Dengan demikian, metode penokohan yang digunakan dalam kutipan drama tersebut adalah dramatik.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.space

0

Roboguru

Bacalah kutipan naskah drama berikut! Mega : (sambil mondar-mandir) Aduh. .. Mengapa sampai jam segini Rio belum datang, ya? Tidak seperti biasanya. Nita   : Sabar, Ga. Mungkin jalanan sedang macet....

Pembahasan Soal:

Suasana adalah gambaran situasi yang sedang terjadi. Suasana dapat berupa suasana sedih, gembira, takut, bahkan sedih. Dalam kutipan naskah drama di atas, suasana khawatir tergambar melalui perhatian Mega dan Nita terhadap Rio yang belum datang. Mega bahkan khawatir jika sesuatu telah terjadi menimpa Rio. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Widya    :    Ran, kamu lihat buku novel Kakak? Rani       :    [….] Widya    :    Buku novel yang kakak beli seminggu yang lalu kan waktu itu belinya bersama kamu Rani       :    Oh, yang itu. Kak...

Pembahasan Soal:

Untuk mengisi bagian rumpang pada sebuah dialog, perlu diperhatikan dialog pada bagian setelahnya dan sebelumnya. Pada bagian rumpang nomor (2) bagian setelahnya Widya menjelaskan buku novel yang dia maksud, berarti Rani menanyakan perihal buku novel mana yang sedang Widya cari. Pada bagian rumpang nomor (5), Rani menjelaskan bahwa Widya lupa telah meminjamkan novelnya kepada Rita, berarti selanjutnyaWidya akan mengingatnya dan mengakui bahwa dia lupa. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved