Roboguru

Perdagangan internasional terjadi karena beberapa faktor. Negara memiliki latar belakang tersendiri untuk melakukan perdagangan internasional, tetapi setiap negara juga memiliki penghambat yang membuat perdagangan internasional tersebut tidak terlaksana. Sebutkan faktor pendorong dan penghambat perdagangan internasional!

Pertanyaan

Perdagangan internasional terjadi karena beberapa faktor. Negara memiliki latar belakang tersendiri untuk melakukan perdagangan internasional, tetapi setiap negara juga memiliki penghambat yang membuat perdagangan internasional tersebut tidak terlaksana. Sebutkan faktor pendorong dan penghambat perdagangan internasional! undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional antara lain.

  1. Penghematan Biaya Produksi
    Bagi negara yang belum memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi untuk membuat sendiri produk, seperti mobil dan handphone, pembuatannya akan menghabiskan biaya produksi yang jauh lebih mahal dibandingkan jika negara tersebut membelinya dari negara lain.
  2. Pemenuhan Kebutuhan Nasional
    Ada kalanya suatu negara tidak mampu memenuhi semua barang dan jasa yang menjadi kebutuhan penduduk sehingga untuk memenuhinya suatu negara perlu mengimpor barang dan jasa tersebut dari luar negeri. Dengan demikian kebutuhan produk dapat dipenuhi.
  3. Perbedaan Penguasaan Teknologi
    Penguasaan teknologi yang tidak merata antara tiap negara, menyebabkan terjadinya perdagangan internasional. Negara dengan teknologi maju mampu menjual barang dengan harga murah kepada negara yang memiliki teknologi sederhana.
  4. Perbedaan Selera
    Setiap negara dalam memproduksi barang-barang, kemungkinan mempunyai kesamaan. Meski demikian, setiap negara mempunyai selera yang berbeda-beda. Hal inilah yang mendorong kegiatan perdagangan antarnegara.

 Faktor Penghambat Perdagangan Internasional antara lain.

  1. Perbedaan Mata Uang Antarnegara
    Negara yang melakukan kegiatan ekspor, biasanya meminta kepada negara pengimpor untuk membayar dengan menggunakan mata uang negara pengekspor.
  2. Kualitas Sumber Daya yang Rendah
    Suatu negara yang memiliki kualitas barang rendah, akan sulit bersaing dengan barang-barang yang dihasilkan oleh negara lain yang kualitasnya lebih baik.
  3. Pembayaran Antarnegara Sulit dan Berisiko
    Pada saat melakukan kegiatan perdagangan internasional, negara pengimpor biasanya akan mengalami kesulitan dalam hal pembayaran. Apabila membayarnya dilakukan secara langsung akan mengalami kesulitan dan berisiko.
  4. Adanya Kebijaksanaan Impor dari Suatu Negara
    Setiap negara pastinya akan melindungi barang-barang hasil produksinya. Mereka tidak ingin barang-barang produksinya tersaingi oleh barang-barang dari negara lain. Hal tersebut yang membuat setiap negara akan memberlakukan kebijakan untuk melindungi barang-barang dalam negeri, seperti dengan menetapkan tarif impor.
  5. Adanya Organisasi-Organisasi Ekonomi Regional
    Organisasi ekonomi regional biasanya akan mengeluarkan peraturan ekspor dan impor khusus untuk negara anggotanya. Jadi, apabila ada negara di luar anggota organisasi tersebut melakukan perdagangan dengan negara anggota, akan mengalami kesulitan. undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved