Roboguru

Perdagangan di kerajaan Sriwijaya mengalami kemajuan yang pesat terutama karena...

Pertanyaan

Perdagangan di kerajaan Sriwijaya mengalami kemajuan yang pesat terutama karena...

Pembahasan Soal:

Kerajaan Sriwijaya merupakan Kerajaan Budha yang berdiri pada abad ke-7 dibuktikan dengan adanya prasasti kedukan Bukit di Palembang (682). Sriwijaya menjadi salah satu kerajaan yang kuat di Pulau Sumatera. Nama Sriwijaya berasal dari bahasa Sanskerta berupa "Sri" yang artinya bercahaya dan "Wijaya" berarti kemenangan sehingga dapat diartikan dengan kemenangan yang bercahaya atau gemilang. Letaknya yang strategis di tepi selat Malaka dan diiringi jalur niaga perdagangan dunia Internasional semakin terbuka menyebabkan Sriwijaya mengalami kemajuan pesat.

Dengan demikian, perdagangan di kerajaan Sriwijaya mengalami kemajuan yang pesat terutama karena letaknya strategis di tepi Selat Malaka.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berkembangnya Sriwijaya sebagai kerajaan maritim disebabkan oleh ...

Pembahasan Soal:

Sriwijawa merupakan salah satu kerajaan maritim terbesar yang pernah ada di Nusantara. Beberapa faktor yang mendorong perkembangan kerajaan Sriwijaya menjadi kerajaan besar antara lain sebagai berikut.

  1. Letaknya Kerajaan Sriwijawa yang strategis di Selat Malaka membawa kemajuan kegiatan perdagangan antara India dan Cina, sehingga membawa keuntungan yang besar bagi Sriwijaya.
  2. Keruntuhan Kerajaan Funan di Vietnam Selatan akibat serangan kerajaan Kamboja memberikan kesempatan bagi perkembangan Sriwijaya sebagai negara maritim (sarwajala) yang selama abad ke-6 dipegang oleh kerajaan Funan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Kerajaan Sriwijaya adalah salah satu kerajaan maritim di Asia Tenggara yang pernah berdiri di Indonesia tepatnya berada di Pulau Sumatera. Salah satu faktor yang mendorong Kerajaan Sriwijaya sebagai k...

Pembahasan Soal:

Faktor yang mendorong perkembangan Sriwijaya sebagai salah satu kerajaan bercorak maritim di Indonesia adalah letak geografis Sriwijaya yang berada dalam jalur perdagangan internasional. Pada saat itu Kerajaan Sriwijaya berkembang menjadi pelabuhan transit bagi para pedagang khususnya yang berasal dari Tiongkok dan India.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Roboguru

Kerajaan Sriwijaya adalah salah satu kerajaan maritim di Asia Tenggara yang pernah berdiri di Indonesia tepatnya berada di Pulau Sumatra. Salah satu faktor yang mendorong Kerajaan Sriwijaya sebagai ke...

Pembahasan Soal:

Faktor yang mendorong perkembangan Sriwijaya sebagai salah satu kerajaan bercorak maritim di Indonesia adalah letak geografis Kerajaan Sriwijaya yang berada dalam jalur perdagangan internasional. Pada saat itu Kerajaan Sriwijaya berkembang menjadi pelabuhan transit bagi para pedagang khususnya yang berasal dari Tiongkok dan India.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space 

Roboguru

Pada masa kejayaan, Sriwijaya berhasil menguasai jalur perdagangan laut yang menghubungkan wilayah Timur Tengah-India-Tiongkok. Dari kondisi tersebut dapa diketahui bahwa ....

Pembahasan Soal:

Kerajaan Sriwijaya yang telah menjadi pusat pelayaran dan perdagangan  terus berkembang menjadi kerajaan besar karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya , Sriwijaya menguasai dan mengawasi pintu gerbang lalu lintas perdagangan laut yang menghubungkan  China dan India serta Teluk Persia dan  Laut Tengah. Meskipun Sriwijaya terletak di pantai yang penduduknya relatif sedikit,  negeri ini mampu mengerahkan sumber  daya manusia dari pemukimanpemukiman yang tersebar di selatan selat Malaka. Palembang hanyalah pusat  kerajaan. Tujuan ekspedisi angkatan laut  Sriwijaya dengan menaklukkan Kedah  dan pelabuhan-pelabuhan vital lainnya  bukan sekedar meluaskan wilayah  territorial, tetapi untuk menduduki tempattempat strtegis dalam jalur pelayaran dan  perdagangan utama.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Kerajaan Sriwijaya adalah kerajaan Buddha bercorak maritim, yang mengontrol perdagangan di jalur utama Selat Malaka. Letak kerajaan yang sangat strategis membuat banyak pedagang dari dalam negeri namu...

Pembahasan Soal:

Kerajaan Sriwijaya adalah kerajaan Buddha bercorak maritim, yang mengontrol perdagangan di jalur utama Selat Malaka. Letak kerajaan yang sangat strategis membuat banyak pedagang dari dalam negeri namun juga dari negara-negara lain, seperti Cina dan India yang melakukan aktivitas bongkar muat barang di kerajaan ini. Sriwijaya pun semakin ramai dan berkembang menjadi pusat perdagangan. Langkah yang dilakukan Sriwijaya untuk memperkuat kedudukannya tersebut, yaitu dengan membentuk armada angkatan laut yang kuat. Dengan adanya armada ini Sriwijaya mampu menguasai kawasan perairan Asia Tenggara, perairan di Laut Natuna, Selat Malaka, Selat Sunda, dan Laut Jawa. Dengan begitu, kedudukan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim semakin kuat.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah A.begin mathsize 14px style space end style

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved