Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perbedaan tekanan uap pelarut murni dengan tekanan uap larutannya tergantung pada fraksi mol pelarut. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh....

Perbedaan tekanan uap pelarut murni dengan tekanan uap larutannya tergantung pada fraksi mol pelarut. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh ....space

  1. Henry 

  2. Laplace 

  3. Raoult 

  4. van't Hoff 

  5. Markovnikov

Iklan

J. Siregar

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah C.

jawaban yang benar adalah C.

Iklan

Pembahasan

Komposisi uap di permukaan larutan telah dipelajari oleh Francois-Marie Raoult. Raoult menemukan bahwa tekanan uap suatu komponen tergantung pada fraksi mol pelarutdalam larutan, dengan hubungan sebagai berikut. Oleh karena fraksi mol pelarut kurang dari 1, maka P (tekanan uap larutan) akan lebih rendah daripada (tekanan uap pelarut murni). Dengan kata lain, zat terlarut yang sukar menguap akan menurunkan tekanan uap pelarut. Selisih antara tekanan uap pelarut dengan tekanan uap larutan disebut penurunan tekanan uap ( ). Dengan demikian, pernyataan "perbedaan tekanan uap pelarut murni dengan tekanan uap larutannya tergantung pada fraksi mol pelarut" dikemukakan oleh Raoult. Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Komposisi uap di permukaan larutan telah dipelajari oleh Francois-Marie Raoult. Raoult menemukan bahwa tekanan uap suatu komponen tergantung pada fraksi mol pelarut dalam larutan, dengan hubungan sebagai berikut. 

P double bond X subscript p cross times P degree 

Oleh karena fraksi mol pelarut kurang dari 1, maka P (tekanan uap larutan) akan lebih rendah daripada P degree (tekanan uap pelarut murni). Dengan kata lain, zat terlarut yang sukar menguap akan menurunkan tekanan uap pelarut. Selisih antara tekanan uap pelarut dengan tekanan uap larutan disebut penurunan tekanan uap (increment P).

Dengan demikian, pernyataan "perbedaan tekanan uap pelarut murni dengan tekanan uap larutannya tergantung pada fraksi mol pelarut"  dikemukakan oleh Raoult.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Latihan Bab

Pendahuluan Sifat Koligatif

Penurunan Titik Beku

Kenaikan Titik Didih

Penurunan Tekanan Uap

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tekanan uap jenuh air adalah 30,5 mmHg. Pada suhu yang sama, tentukan tekanan uap larutan glukosa yang mempunyai konsentrasi 2 molal!

75

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia