Roboguru

Perbedaan antara tumbuhan lumut dan tumbuhan paku antara lain ....

Pertanyaan

Perbedaan antara tumbuhan lumut dan tumbuhan paku antara lain .... 

  1. .... 

  2. .... 

Pembahasan Soal:

Tumbuhan lumut atau Bryophyta merupakan kelompok tumbuhan sederhana yang hidup di tempat-tempat basah atau lembap di darat. Tumbuhan paku atau Pteridophyta merupakan kelompok tumbuhan vaskular yang tidak berbunga, memiliki akar, batang, juga daun sejati dan bereproduksi dengan spora. Perbedaan antara tumuhan lumut dan tumbuhan paku diantaranya sebagai berikut.

  1. Berdasarkan habitat, Tumbuhan lumut hidup berkelompok yang sangat berdekatan satu sama lain saling menunjang pada tanah, kayu, atau batuan tempat mereka tumbuh dan menahan air dalam kelompoknya. Tumbuhan paku banyak dijumpai di lereng-lereng tepian sungai, juga beberapa yang menempel di pepohonan. Tumbuhan paku juga banyak ditemukan di daerah perkotaan karena sering ditanam sebagai tanaman hias.
  2. Berdasarkan organ tumbuhan, tumbuhan lumut adalah bentuk peralihan dari thallophyta (tumbuhan thallus) dan cormophyta (tumbuhan kormus). Tumbuhan paku umumnya berupa kormus, yang sudah memiliki akar, batang, dan daun sejati.
  3. Berdasarkan siklus hidup, kedua tumbuhan ini mengalami pergiliran keturunan atau biasa disebut metagenesis antara fase gametofit yang menghasilkan sel kelamin dan fase sporofit yang menghasilkan spora. Perbedaan besar terletak pada ukuran sporofit tumbuhan lumut yang lebih kecil dibandingkan gametofit. Lain halnya dengan tumbuhan paku yang memiliki ukuran sporofit lebih besar dibandingkan gametofitnya. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Mei 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved