Roboguru

Perbedaan antara teori evolusi Darwin dengan Lamarck dalam tabel berikut yang tepat adalah...

Pertanyaan

Perbedaan antara teori evolusi Darwin dengan Lamarck dalam tabel berikut yang tepat adalah...undefined 

  1. Darwin Lamarck
    Organ tubuh yang tidak digunakan akan mereduksi bahkan menghilang. Evolusi dipengaruhi seleksi alam dan mutasi gen.

    undefined 

  2. Darwin Lamarck
    Leher jerapah memanjang karena beradaptasi dengan kondisi makanannya. Setelah rovolusi industri, Biston betularia berwarna cerah menjadi lebih sedikit karena tidak mampu bertahan hidup.

    undefined 

  3. Darwin Lamarck
    Makhluk hidup yang tidak mampu bertahan hidup akan terseleksi. Evolusi terjadi karena adanya adaptasi dengan lingkungan.

    undefined 

  4. Darwin Lamarck
    Rekombinasi gen tidak memengaruhi evolusi Makhluk hidup beradaptasi secara fisiologis maupun morfologis.

    undefined 

  5. Darwin Lamarck
    Adanya perkembangan organ tubuh makhluk hidup yang sering digunakan. Pertambahan populasi tidak berjalan terus-menerus karena terjadi seleksi alam.

    undefined 

Pembahasan Soal:

Teori evolusi Darwin merupakan teori evolusi paling populer yang masih digunakan untuk menjelaskan keanekaragaman hayati yang ada di muka bumi. Huxley merangkum 4 pokok teori evolusi Darwin sebagai berikut:

  1. Setiap makhluk hidup yang bertahan hidup sampai dewasa dapat menghasilkan keturunan;
  2. Setiap makhluk hidup memiliki variasi sifat dan variasi tersebut dapat diturunkan;
  3. Variasi menguntungkan yang diturunkan membuat makhluk hidup lebih mudah bertahan hidup;
  4. Spesies baru akan terbentuk saat terjadi isolasi antar populasi.

Menurut Darwin, faktor pembatas sumber daya di lingkungan dapat menyebabkan adanya seleksi alam terhadap kesintasan makhluk hidup. Sementara itu, prinsip use and disuse suatu organ dan perubahan sifat populasi akibat adaptasi dengan lingkungan yang diturunkan merupakan pendapat Lamarck yang tidak lagi populer dalam teori evolusi, bukan merupakan pendapat Darwin.

Dengan demikian, jawaban benar adalah C.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perbedaan antara teori evolusi Darwin dengan Lamarck dalam tabel berikut yang tepat adalah ...

Pembahasan Soal:

Darwin dan Lamarck sama-sama berpendapat bahwa lingkungan berpengaruh pada evolusi yang terjadi pada makhluk hidup. Namun, mekanisme evolusi yang mereka ajukan berbeda. Darwin berpendapat bahwa evolusi terjadi melalui proses seleksi alam. Sedangkan menurut Lamarck, evolusi terjadi pada organisme yang beradaptasi terhadap lingkungannya dan perubahan organ tubuh yang teradaptasi tersebut akan diwariskan kepada keturunannya. Contoh perbedaan mekanisme evolusi Darwin dan Lamarck dapat diamati pada evolusi jerapah. Menurut Darwin nenek moyang jerapah ada yang berleher panjang dan pendek, tetapi hanya jerapah leher panjang yang mampu bertahan terhadap seleksi alam.

Sedangkan menurut Lamarck, nenek moyang jerapah berleher panjang berasal dari jerapah berleher pendek.

Jadi, Darwin menekankan mekanisme evolusi pada proses seleksi alam sedangkan Lamarck menekankan evolusi terjadi melalui adaptasi lingkungan suatu makhluk hidup yang akan diwariskan kepada keturunannya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Manakah pernyataan yang mendukung persamaan teori evolusi Darwin dan Lamarck?

Pembahasan Soal:

Meskipun Darwin dan Lamarck memiliki prinsip teori evolusi yang berbeda, Darwin menyatakan evolusi terjadi karena seleksi alam, sedangkan Lamarck menyatakan evolusi terjadi karena ada karakter yang sering digunakan dan ada yang tidak (use and disuse), kedua teori tersebut memiliki persamaan. Kedua teori tersebut sama-sama menyatakan bahwa proses evolusi merupakan perubahan yang dipengaruhi oleh lingkungan yang terjadi bertahun tahun.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Perkawinan antara dua ekor tikus yang dipotong ekornya ternyata menghasilkan keturunan yang tetap selalu berekor. Keadaan ini tetap berlangsung meskipun dilakukan perkawinan sampai beberapa generasi. ...

Pembahasan Soal:

Teori evolusi Jean Baptise de Lamarck (1744-1829) berisi dua gagasan utama. Pertama, gagasan use and disuse dan yang kedua adalah sifat atau ciri yang diperoleh dari lingkungan dapat diwariskan kepada keturunannya. Pada gagasan kedua bahwa apa yang didapatkan di lingkungan dapat diturunkan, kemudian oleh A. Weismann dapat dibantah dengan percobaan pemotongan ekor tikus yang menghasilkan anakan tetap berekor. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Perkawinan antara dua ekor tikus yang dipotong ekornya ternyata menghasilkan keturunan yang selalu tetap berekor. Keadaan ini tetap berlangsung meskipun dilakukan perkawinan sampai beberapa generasi. ...

Pembahasan Soal:

Teori Lamarck ditentang oleh Weismann. Weismann berpendapat bahwa perubahan sel-sel tubuh akibat pengaruh lingkungan tidak diwariskan kepada keturunannya. Weismann membuktikan teorinya dengan menggunakan tikus. Weismann mengawinkan dua ekor tikus yang masing-masing ekomya telah dipotong. Kemudian, anak-anak tikus yang sudah dewasa tersebut dipotong ekornya dan dikawinkan dengan sesamanya. Hasilnya tetap anak-anak tikus yang berekor. Weismann melakukan percobaan ini hingga 21 generasi tikus dan hasilnya tetap sama.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.space space   

0

Roboguru

Teori yang dikemukakan Lammarck dan Darwin mempunyai kesamaan, misalnya menurut teori mereka faktor yang menentukan jalannya evolusi adalah. . .

Pembahasan Soal:

Lamarck dan Darwin memiliki kesamaan bahwa kehidupan berawal dari organisme sederhana yang berevolusi menjadi organisme yang lebih kompleks, sehingga teori evolusi bertentangan teori kreasionisme atau teori penciptaan secara spontan pada keturunan. Selain itu, Lammarck dan Darwin memiliki kesamaan bahwa evolusi dipengaruhi adanya kemampuan adaptasi dalam bertahan hidup mempengaruhi kebiasaan sehari - hari organisme tersebut dalam mempertahankan kehidupannya.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved