Roboguru

Perbaikilah penggunaan kalimat pada teks prosedur ...

Perbaikilah penggunaan kalimat pada teks prosedur tersebut sesuai dengan pedoman kebahasaan yang benar!space 

Jawaban:

Dalam menulis, terdapat sebuah pedoman yang mengatur tata cara menulis sesuai dengan ejaan yang benar. Pedoman tersebut adalah Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia atau biasa disingkat PUEBI. PUEBI memberikan pedoman pemakaian huruf, penulisan kata, pemakaian tanda baca, dan penulisan unsur serapan.

Perbaikan untuk teks di atas, yaitu:

  • Apabila Anda ingin membuat kue, sebaiknya tidak menggunakan kompor listrik, lebih baiknya menggunakan kompor gas atau kompor minyak
    =
    Apabila Anda ingin membuat kue, sebaiknya tidak menggunakan kompor listrik, tetapi menggunakan kompor gas atau kompor minyak.
    Kata "lebih baiknya" diubah menjadi "tetapi" karena kalimat tersebut mengandung konjungsi intrakalimat. Kata "tidak" pada kalimat tersebut berpasangan dengan "tetapi" sehingga menjadi "tidak ..., tetapi ...".
     
  • Penggunakan kompor listrik pada pembuatan kue memang tidak akan berubah rasa atau hambar pada masakannya.
    =
    Penggunaan kompor listrik pada pembuatan kue memang tidak akan mengubah rasa atau membuat hambar.
    Kata "penggunakan" diubah menjadi "penggunaan" dan kata "berubah" diubah menjadi "mengubah" agar makna dalam kalimat tersebut dapat lebih jelas. Selain itu, kata "hambar pada masakannya" lebih baik diganti menjadi "membuat hambar" agar setara dengan "mengubah rasa". Hal ini dikarenakan "atau" adalah konjungsi koordinatif yang menghubungkan dua kata yang sederajat.
     
  • Kompor listrik berbeda dengan kompor-kompor biasa lainnya yang cepat sekali panas
    =
    Akan tetapi, kompor listrik berbeda dengan kompor biasa yang cepat sekali panas.
    Kalimat tersebut kurang efektif karena terdapat pemborosan kata. Pemborosan kata itu terletak pada "kompor-kompor biasa lainnya". Frasa tersebut tidak sebanding dengan kata pembandingnya yang hanya menuliskan "kompor listrik". Agar lebih efektif, frasa tersebut diubah menjadi "kompor biasa" saja.
    Selain itu, kalimat tersebut harus diawali oleh konjungsi "akan tetapi" karena masih berhubungan dengan kalimat sebelumnya. Kedua kalimat tersebut terhubung menjadi, "Penggunaan kompor listrik pada pembuatan kue memang tidak akan mengubah rasa atau hambar pada masakannya. Akan tetapi, kompor listrik berbeda dengan kompor biasa yang cepat sekali panas."
     
  • Untuk memasak kue agar hasilnya bagus, harus menunggu dahulu panasnya merata.
    =
    Agar hasil kue bagus, Anda harus menunggu panasnya merata dahulu.
    Kalimat tersebut masih menjelaskan kekurangan kompor listrik untuk membuat kue sehingga kata "memasak kue" sebaiknya dihilangkan. Selain itu, makna kalimat tersebut masih kurang jelas karena kekurangan subjek. Letak kata "dahulu" pun lebih baik diletakkan di akhir karena menunjukkan keterangan.
     
  • "Besi bulat yang berbentuk seperti obat nyamuk bakar harus benar-benar panas lebih dulu." lebih baik dihilangkan
    Kalimat tersebut lebih baik dihilangkan karena mengulang inti yang dijelaskan lewat kalimat sebelumnya, "... harus menunggu hingga panasnya merata".


Dengan demikian, perbaikan pada teks tersebut berupa perbaikan konjungsi, perbaikan imbuhan, dan perbaikan kalimat agar menjadi kalimat efektif.space 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved