Roboguru

Perbaiki tata kalimat pada kalimat pertama paragraf tersebut!

Pertanyaan

Perbaiki tata kalimat pada kalimat pertama paragraf tersebut!space 

Pembahasan Soal:

Kalimat pertama dalam teks tersebut adalah "Aku sangat senang sekali membaca buku". Terdapat pemborosan pada kalimat tersebut, yakni pada frasa sangat senang sekali. Seharusnya, frasa tersebut diubah menjadi sangat senang atau senang sekali.

Dengan demikian, perbaikan kalimat pertama paragraf tersebut adalah "Aku sangat senang membaca buku." atau "Aku senang sekali membaca buku."space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Ketika masalah itu selesai, Ibu Diba segera melarikan motor bututnya ke tempatnya mengajar. Dengan … ia memasuki ruangan kelas. Tampak … senang karena memang dari tadi mereka sudah menunggu kedatangan...

Pembahasan Soal:

Dalam paragraf tersebut diceritakan bahwa Ibu Diba mengalami masalah saat menuju ke tempat mengajar. Oleh karena itu, ia cepat-cepat menuju ke tempat mengajar. Berdasarkan paragraf tersebut, kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah tergesa-gesa, murid-murid. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Ciri kebahasaan yang ditonjolkan dalam kutipan cerpen di atas adalah....

Pembahasan Soal:

Cerpen adalah salah satu bentuk karya sastra prosa yang bersifat fiksi dan memiliki satu konflik dalam ceritanya. Umumnya sebuah cerpen terdiri dari 1.600 hingga 10.000 kata di dalamnya. Salah satu ciri kebahasaan teks cerita pendek ialah terdapat uraian deskriptif yang rinci. Kalimat deskriptif dalam cerpen digunakan untuk menggambarkan pengalaman, latar, maupun karakter dalam cerpen. Kalimat deskriptif pada cerpen di atas menggambarkan latar tempat yang terdapat dalam kalimat "Ruang pameran itu tidak begitu penuh dikunjungi orang hingga tempat yang kecil itu tak hendak meledak."

Jadi, jawaban yang tepat ialah pilihan C.space 

0

Roboguru

Perhatikan kutipan berikut! Rika adalah siswa yang tidak banyak bicara. Dia selalu memperhatikan pelajaran dengan baik. Jika ada hal yang belum jelas, dia akan bertanya. Tidak heran jika dia menjadi...

Pembahasan Soal:

Peribahasa adalah kalimat atau frasa yang digunakan untuk menyatakan suatu maksud dari keadaan, tindakan, kelakuan, perbuatan atau hal yang ada dalam diri seseorang. Peribahasa akan mencakup ungkapan, pepatah, perumpamaan, ibarat, dan tamsil dalam mengungkapkannya.

Peribahasa yang sesuai dengan perilaku Rika yang berprestasi meskipun pendiam ialah air tenang menghanyutkan. Hal ini karena air tenang menghanyutkan memiliki arti orang yang pendiam biasanya memiliki banyak pengetahuan.


Jadi, jawaban yang tepat ialah pilihan B.space 

0

Roboguru

Kutipan tersebut mengungkapkan perasaan ....

Pembahasan Soal:

Teks cerita pendek merupakan karya sastra prosa berjumlah kurang dari 10.000 kata. Dalam suatu cerpen, terdapat unsur-unsur pembentuk cerpen, yaitu unsur intrinsik (dalam cerita) dan ekstrinsik (luar cerita). Salah satu unsur intrinsik cerpen, yaitu latar suasana. Latar suasana merupakan kondisi batin tokoh (perasaan individu) dan fisik sekitar (kondisi lingkungan) yang bisa membawa pembaca mengetahui bagaimana perasaan dalam tulisan. 

Berdasarkan pengertian di atas, kutipan cerita tersebut mengungkapkan perasaan kepedulian. Hal ini dapat diketahui melalui penggambaran tingkah laku tokoh, di antaranya saat tokoh pria terkejut dengan hal yang dilakukan oleh gadis, yaitu saat si gadis membawanya ke tempat pemakaman umum. Tetapi, tokoh pria tidak menunjukkan respon takut, menghindari, atau bertanya kepada si gadis, tokoh pria tetap diam dan menunjukkan kepeduliannya terhadap si gadis dengan cara mengikuti gadis tersebut.  

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan C.undefined

0

Roboguru

Tuliskan makna kalimat yang bergaris bawah!

Pembahasan Soal:

Makna adalah maksud pembicara atau penulis; pengertian yang diberikan kepada suatu bentuk kebahasaan. Makna dalam cerpen dapat berupa makna tersurat (eksplisit) dan makna tersirat (implisit).

Pada kalimat "matahari yang mulai tenggelam", selain memiliki makna tersurat yaitu proses matahari terbenam, juga memiliki makna tersirat yaitu untuk menggambarkan bahwa hari telah sore. 

Dengan demikian, makna kalimat "matahari yang mulai tenggelam" adalah proses matahari terbenam, dan menggambarkan bahwa hari telah sore.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved