Roboguru

Peran tokoh Sayuti Melik dalam peristiwa Proklamasi adalah...

Pertanyaan

Peran tokoh Sayuti Melik dalam peristiwa Proklamasi adalah...

  1. Sebagai penghubung antara golongan tua dengan golongan muda 

  2. Sebagai pelaksana penculikan terhadap Ir. Soekarno dan Moh. Hatta 

  3. Pengetik naskah proklamasi yang autentik 

  4. Perumus naskah proklamasi bersama dengan Soekarno dan Hatta 

  5. Tokoh muda yang mendampingi Ahmad Subardjo ke Rengasdengklok 

Pembahasan Soal:

Pada awalnya, terjadi perdebatan mengenai siapa yang akan menandatangani teks proklamasi kemerdekaan. Soekarno mengusulkan agar teks proklamasi ditandatangani oleh mereka yang hadir, seperti deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat. Usulan itu ditentang oleh kalangan pemuda yang tetap menganggap kalangan tua sebagai kolaborator Jepang. Agar proklamasi kemerdekaan benar-benar bersih dari pengaruh Jepang, Sukarni mengusulkan teks tersebut ditandatangani oleh Soekarno dan Hatta, atas nama bangsa Indonesia. Usulan itu berdasarkan kenyataan bahwa kedua tokoh tersebut telah diakui sebagai pemimpin utama rakyat Indonesia. Usulan Sukarni pun disetujui oleh para hadirin. Selanjutnya konsep naskah proklamasi diketik oleh Sayuti Melik dengan perubahan kecil yang disetujui guna mengindari persepsi yang salah mengenai teks proklamasi.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Azisy

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 06 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Peran Sayuti Melik pada masa awal kemerdekaan adalah sebagai ....

Pembahasan Soal:

Berikut adalah beberapa peran dari Sayuti Melik di dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia:.

  1. Menjadi wakil golongan pemuda yang menyaksikan penyusunan naskah proklamasi bersama dengan Sukarni.
  2. Sayuti Melik diposisikan sebagai pembantu Soekarno pada proses penyusunan naskah proklamasi. Adapun Sukarni sebagai pembantu Hatta.
  3. Sayuti Melik merupakan sosok yang memberi gagasan agar teks proklamasi yang ditolak para pemuda diubah pada bagian ‘wakil-wakil bangsa Indonesia’ dan menjadi ‘atas nama bangsa Indonesia’. Gagasan ini berhasil meredakan ketegangan antara golongan pemuda dan golongan tua.
  4. Sayuti Melik adalah sosok yang mengetik naskah proklamasi hasil gagasan golongan tua.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Peran Sayuti Melik pada peristiwa sekitar proklamasi adalah ….

Pembahasan Soal:

Perumusan naskah proklamasi dilakukan pada malam hari 16 Agustus 1945 di kediaman Laksamana Maeda. Naskah proklamasi dirumuskan oleh Soekarno, Moh.Hatta, dan Achmad Soebardjo. Setelah naskah proklamasi selesai dirumuskan, naskah yang ditulis tangan oleh Soekarno tersebut diketik ulang oleh Sayuti Melik. Sayuti mengetik naskah Proklamasi dengan perubahan: “tempoh” menjadi “tempo”; kalimat “wakil-wakil bangsa Indonesia” diganti “Atas nama Bangsa Indonesia” dengan menambahkan “Soekarno-Hatta”; terakhir dia juga mengganti “Djakarta, 17-8-05” menjadi “Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05”. Angka 05 adalah singkatan dari 2605 tahun showa Jepang, yang sama dengan tahun 1945.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Tokoh yang bertugas mengetik teks proklamasi adalah...

Pembahasan Soal:

Teks Proklamasi adalah naskah teks proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia. Hasil dari konsep Naskah Proklamasi yang ditulis tangan oleh Soekarno pada secarik kertas blocknote pada tanggal 17 Agustus 1945 dini hari diketik oleh Sayuti Melik diatas kertas dengan tinta berwarna hitam. Teks proklamasi yang memiliki ukuran panjang 126 cm dan lebar 55 cm. Pada saat itu, Sukarni mengusulkan agar yang menandatangani teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Setelah di ketik oleh Sayuti Melik ditandatangani oleh Soekarno dan Mohammad Hatta. Pada pukul 10.00 WIB., teks ini dibacakan oleh Soekarno didampingi Mohammad Hatta di serambi depan rumah Soekarno yang terletak di Jl. Pegangsaan Timur Nomor 56, Jakarta (sekarang Jl. Proklamasi Nomor 5, Jakarta Pusat).

 

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.space space

0

Roboguru

Sebukan peranan Sayuti Melik dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia ...

Pembahasan Soal:

Sayuti Melik yang lahir pada 22 November tahun 1908, terlahir dengan nama Mohammad Ibnu Sayuti di Sleman Yogyakarta. Sayuti Melik dikenal memiliki latar belakang sebagai wartawan dan pernah mengenyam pendidikan, oleh sebab itu, peranan belia dalam memperjuangkan bangsa Indonesia memiliki andil yang besar. Hal ini terbukti melalui berbagai tulisan-tulisan tajamnya ke media massa yang membuat beliau sering keluar masuk penjara antara tahun 1921-1933 oleh Pemerintah Kolonial Belanda. 
Selain di Masa Pergerakan Nasional, perjuangan dan peran Sayuti Melik tidak berhenti di sana. Dalam konteks mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, peran Sayuti Melik beberapa diantaranya adalah :

  • ikut andil dalam Peristiwa Rengasdenklok bersama Golongan Muda lainnya seperti Wikana, Darwis dan Sukarni, 
  • ikut andil dalam penyusunan naskah Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di rumah Laksamana Tadashi Maeda, dan
  • melakukan pengetikan naskah proklamasi yang sebelumnya ditulis tangan oleh Soekarno, 
  • melakukan beberapa ubahan dalam naskah teks proklamasi, yaitu "tempoh" menjadi "tempo", "wakil-wakil bangsa Indonesia" menjadi "Atas nama bangsa Indonesia", Djakarta, 17-8-05" menjadi "hari 17 boelan 8 tahun 05".

Dengan demikian, peranan Sayuti Melik dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dimulai bahkan sejak Masa Pergerakan Nasional. Tetapi, spesifik dalam konteks mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, peran beliau bermula ikut andil dalam Peristiwa Rengasdengklok, pengetikan naskah proklamasi dan melakukan beberapa ubahan dalam beberapa kalimat.

0

Roboguru

Orang yang melakukan beberapa naskah teks proklamasi pada saat proses pengetikan adalah...

Pembahasan Soal:

Mohamad Ibnu Sayuti atau yang lebih dikenal sebagai Sayuti Melik, dicatat dalam sejarah Indonesia sebagai pengetik naskah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Dia adalah suami dari Soerastri Karma Trimurti, seorang wartawati dan aktivis perempuan di zaman pergerakan dan zaman setelah kemerdekaan.space space

Sayuti Melik  termasuk dalam kelompok Menteng 31, yang berperan dalam penculikan Sukarno dan Hatta pada 16 Agustus 1945. Dimana penculikan bertujuan agar Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta tidak terpengaruh oleh Jepang. Dalam penyusunan naskah Proklamasi, Sayuti memberi gagasan, yakni agar teks Proklamasi ditandatangani Bung Karno dan Bung Hatta saja, atas nama bangsa Indonesia. Usulnya diterima dan Bung Karno pun segera memerintahkan Sayuti untuk mengetiknya. Ia mengubah kalimat "Wakil-wakil bangsa Indonesia" menjadi "Atas nama bangsa Indonesia".space space space

Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah D.space space space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved