Roboguru

Peradaban Hindu dengan mudah diterima oleh masyarakat Indonesia, karena ...

Pertanyaan

Peradaban Hindu dengan mudah diterima oleh masyarakat Indonesia, karena ...

  1. Adanya hubungan ras antara Indonesia dengan India

  2. Adanya usaha-usaha bangsa Indonesia untuk mengembangkan tingkat peradabannya

  3. Dasar-dasar peradaban Hindu sudah dimiliki oleh bangsa Indonesia

  4. Adanya jalinan perdagangan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya

  5. Adanya persamaan antara peradaban Hindu dengan peradaban asli Indonesia

Pembahasan Soal:

   Terdapat beberapa hipotesis tentang masuknya pengaruh India (Hindu-Buddha),seperti hipotesis Brahmana hingga hipotesis Arus Balik. Sebelum masuknya Hindu-Buddha ke Indonesia, di dalam masyarakat Nusantara sudah terbentuk kebudayaan yang terdiri dari 10 pokok unsur kebudayaan asli masyarakat Indonesia yang salah satunya adalah kesenian wayang. Kesenian wayang ini berpangkal pada pemujaan roh nenek moyang. Boneka-boneka perwujudan roh nenek moyang, dimainkan oleh dalang pada malam hari. Roh nenek moyang yang masuk pada dalang menyuarakan suara nenek moyang yang berisi nasehat-nasehat kepada anak cucu. Setelah pengaruh Hindu masuk, nasihat dan kisah nenek moyang tersebut diganti dengan cerita dari Mahabharata dan Ramayana yang lebih menarik.

   Selain itu, sebelum masuknya Hindu-Buddha masyarakat Indonesia telah mengenal keyakinan terhadap kekuatan yang ada di luar dari dirinya. Kemudian muncul kepercayaan seperti anismisme, dinamisme dan juga totemisme yang kemudian pada masa Hindu-Buddha tetap dijalankan dengan praktik yang berbeda. Contohnya seperti kepercayaan animisme, dimana masyarakat Indonesia mempercayai bahwa arwah itu tinggal di dunia arwah (kahyangan) yang letaknya di atas gunung, maka tempat pemujaan arwah pada zaman Megalitikum, juga dibangun di atas gunung/bukit. Demikian pula pada zaman pengaruh Hindu/Buddha, candi sebagai tempat pemujaan arwah nenek moyang atau dewa dibangun diatas gunung/bukit. Sebab menurut kepercayaan Hindu bahwa tempat yang tinggi adalah tempat bersemayamnya para dewa, sehingga gambaran gunung di Indonesia (Jawa khususnya) merupakan gambaran gunung Mahameru di India.

   Dengan demikian, sebelum masuknya pengaruh Hindu-Buddha di dalam masyarakat Indonesia telah terbentuk suatu kebudayaan yang memiliki beberapa persamaan dengan kebudayaan Hindu-Buddha. Sehingga ketika kebudayaan Hindu-Buddha masuk ke Indonesia terjadi proses akulturasi yang memudahkan perdaban Hindu berkembang di Indonesia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Agung

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 21 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada masa Hindu-Buddha daerah pesisir lebih cepat berkembang sebagai pusat perdagangan daripada daerah pedalaman karena ...

Pembahasan Soal:

Sebagain besar daerah kepulauan di Indonesia memiliki tradisi maritim. Kekuasaan raja terhadap pedagang tidak kuat karena pajak dari modal dan keuntungan perdagangan dapat dilarikan dengan mudah. Sehingga karakter kuasa yang ada di pedalaman berbeda dengan dengan di pesisir. Di daerah pesisir, kuasa terdapat pada kelas pedagang, baik yang berasal dari masyarakat asal atau pendatang, dimana peran para pedagang yang berasal dari berbagai macam kalangan membawa berbagai macam arus peradaban yang akhirnya mengalami akulturasi dengan budaya setempat. Sementara di pedalaman, kuasa ada pada raja atau penguasa yang berasal dari ketersediaan lahan, usaha pertanian, dan banyaknya rakyat yang setiap pada kuasa raja. Dengan adaya faktor tersebut, maka daerah pesisir lebih cepat berkembang sebagai pusat perdagangan daripada daerah pedalaman.space

Dengan demikian, daerah pesisir lebih cepat berkembang sebagai pusat perdagangan daripada daerah pedalaman karena berfungsi sebagai tempat singgah para pedagang.space

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Jelaskan alasan mengapa agama Hindu Budha mudah diterima oleh masyarakat Nusantara?

Pembahasan Soal:

Aliran kepercayaan Animisme merupakan aliran kepercayaan yang mempercayai bahwa setiap benda memiliki roh. Sedangkan Dinamisme merupakan aliran kepercayaan yang mempercayai adanya kekuatan gaib yang sulit diungkapkan di dunia ini. Dua kepercayaan tersebut banyak dianut oleh nenek moyang kita zaman dahulu. Belum ada agama yang spesifik yang dianut oleh mereka pada zaman itu. Sehingga rakyat sangat terbuka dengan pengetahuan baru tentang berbagai hal, termasuk ajaran agama.

Ketika muncul ajaran agama Hindu Buddha yang mempercayai adanya dewa-dewa, sekaligus ritual-ritualnya yang mudah dilakukan, maka rakyat Indonesia dengan mudahnya memahami dan menjalankan ajaran agama tersebut, sehingga ajaran menjadi berkembang pesat.  

Selain itu, pemerintahan di negara kita pada zaman dahulu adalah berupa kerajaan-kerajaan yang dipimpin oleh raja atau brahmana yang mana banyak menganut ajaran agama Hindu Buddha. Sedangkan rakyat dalam suatu kerajaan akan memuja, menganut dan sangat mempercayai rajanya, sehingga biasanya mereka akan menganut kepercayaan yang sama yang diyakini oleh raja mereka. Oleh sebab itu, agama Hindu Buddha kala itu berkembang cukup pesat di negara kita.

0

Roboguru

Salah satu faktor penyebab agama Hindu Buddha berkembang cepat di kalangan masyarakat Nusantara karena ....

Pembahasan Soal:

Sejak dulu, penduduk Nusantara memang sudah terkenal dengan karakter yang  ramah dan mau menerima semua orang. Saat pertama kali para saudagar dan ahli agama Hindu-Buddha masuk ke Nusantara, penduduk menyambutnya dengan baik dan dapat menerima ajaran mereka dengan terbuka. Hal inilah yang menyebabkan agama Hindu Buddha dapat dengan mudah berkembang di kalangan masyarakat Nusantara. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Peradaban Hindu diterima oleh masyarakat Indonesia karena...

Pembahasan Soal:

Sebelum masuknya Hindu-Buddha masyarakat Indonesia telah mengenal keyakinan terhadap kekuatan yang ada di luar dari dirinya. Kemudian muncul kepercayaan seperti anismisme, dinamisme dan juga totemisme yang kemudian pada masa Hindu-Buddha tetap dijalankan dengan praktik yang berbeda. Contohnya seperti kepercayaan animisme, dimana masyarakat Indonesia mempercayai bahwa arwah itu tinggal di dunia arwah (kahyangan) yang letaknya di atas gunung, maka tempat pemujaan arwah pada zaman Megalitikum, juga dibangun di atas gunung/bukit. Demikian pula pada zaman pengaruh Hindu/Buddha, candi sebagai tempat pemujaan arwah nenek moyang atau dewa dibangun diatas gunung/bukit. Sebab menurut kepercayaan Hindu bahwa tempat yang tinggi adalah tempat bersemayamnya para dewa, sehingga gambaran gunung di Indonesia (Jawa khususnya) merupakan gambaran gunung Mahameru di India.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Agama Hindu Buddha berkembang cepat di kalangan masyarakat Nusantara sebab ....

Pembahasan Soal:

Pada masa itu, di Nusantara masih menggunakan sistem kerajaan dimana raja merupakan penguasa tertinggi yang harus dipatuhi. Penyebaran agama Hindu Buddha di Nusantara didukung penuh oleh raja-raja di kerajaan di Nusantara sehingga hal inilah yang juga menjadi alasan mengapa rakyat Indonesia mudah menerima ajaran Hindu-Budha. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved