Roboguru

Penyimpangan menjadi kejahatan ketika ....

Pertanyaan

Penyimpangan menjadi kejahatan ketika ....  

  1. lembaga masyarakat menunjuk penyimpangan itu sebagai perilaku yang merugikan  

  2. melanggar hukum atau undang-undang  

  3. keteraturan sosial diabaikan  

  4. lembaga masyarakat mengabaikan norma-norma sosial  

  5. terjadi kegagalan sosialisasi dalam masyarakat  

Pembahasan Soal:

Soal di atas berkaitan dengan penyimpangan dan tindakan kriminal, poin yang ditanyakan adalah definisi dari tindakan kriminal.

Perilaku menyimpang merupakan perilaku yang melanggar nilai, norma dan aturan yang berlaku di masyarakat. Suatu perilaku dikatakan sebagai kejahatan apabila tindakan tersebut dikategorikan sebagai perilaku yang melanggar hukum dan undang-undang yang ditetapkan oleh lembaga yang bersangkutan.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah B.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Sari

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Penyimpangan dan tindakan kriminalitas (kejahatan) memiliki perbedaan yang jelas, yaitu... .

Pembahasan Soal:

Perbedaan antara penyimpangan sosial dengan tindakan kriminal (kejahatan) terletak pada jenis pelanggaran yang dilakukannya. Penyimpangan adalah tindakan yang tidak sesuai dengan norma, bisa norma kesopanan, kebiasaan, norma adat, norma agama dan norma hukum. Jika penyimpangan sudah melanggar norma hukum maka disebut dengan tindakan kriminalitas. Jadi perbedaannya adalah penyimpangan belum tentu melanggar hukum sedangkan kejahatan pasti melanggar hukum. Contoh Joni suka berkata kasar dan nada tinggi ketika berbicara dengan orangtua, hal itu disebut tindakan menyimpang yang melanggar norma kesopanan. Akan tetapi jika joni suka berkata kasar dan nada tinggi disertai dengan tindakan penganiayaan, maka sudah termasuk tindakan kriminal karena melanggar norma hukum tentang penganiayaan. Opsi A kurang tepat karena penyimpangan juga memiliki dampak negatif, opso B bukan merupakan perbedaab, opsi D salah karena kejahatan juga diatur dalam KUHP, dan opsi E juga salah karena tidak semua penyimpangan memiliki toleransi besar, tergantung penyimpangan yang dilakukan. Jadi jawabannya C.

Roboguru

Berikut ini yang merupakan pengertian tindakan kriminal yang benar adalah... .

Pembahasan Soal:

Tindakan kriminalitas atau kejahatan adalah tindakan-tindakan atau perilaku yang tidak sesuai dengan nilai dan norma (nonkonformis) serta melanggar hukum yang berlaku di masyarakat. Tindakan kriminal ummnya menyebabkan kerugian terhadap masyarakat seperti hilangnya harta benda, cacat fisik maupun psikis dan kehilangan nyawa. Contoh tindakan kriminal antaralain pencurian, penganiayaan, pembunuhan, penipuan, pemerkosaan, dan perampokan. Opsi A dan D merupakan definisi dari tindakan menyimpang, opsi B adalah pengertian dari tindakan retretisme, sedangkan opsi E adalah pengertian dari ritualisme. Jadi jawabannya C.

Roboguru

Ada Tenaga Kerja Wanita (TKW) di luar negeri hanya diperas tenaganya tanpa digaji hingga berbulan-bulan, bahkan sering kita mendengar mereka juga dapat siksaan dari majikannya. Contoh kasus tersebut m...

Pembahasan Soal:

Globalisasi merupakan gejala sosial dimana terjadinya hubungan sosial antar penduduk di dunia, sehingga tidak terlihat jelas lagi batas-batas dari suatu negara. Globalisasi membawa dampak dan pengaruh bagi setiap negara. Negara-negara di dunia pada era globalisasi saling terikat hubungan satu sama lain dan menyebabkan ketergantungan dalam bidang ekonomi, politik, sosial dan budaya. Hal tersebut mengakibatkan muncul dan berkembangnya berbagai kejahatan. Salah satu kejahatan transnasional yang menjadi kasus kejahatan serius sekarang ini di seluruh dunia, termasuk di Indonesia adalah perdagangan manusia (human trafficking). Para korban human trafficking diperlakukan tidak semestinya seperti tipekerjakan tapi tidak dibayar dan mengalami kekerasan oleh majikan.  

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.  

Roboguru

Berikan contoh-contoh yang ada di masyarakat Kejahatan Terorganisasi (Organized Crime)?

Pembahasan Soal:

Contoh kejahatan terorganisir (organized crime) adalah pemerasan, human trafficking, prostitusi, perdagangan obat bius, perdagangan narkoba, dan perdagangan minuman keras ilegal.undefined 

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut!  (1) Pengendara bermotor memasuki jalur yang bukan peruntukannya  (2) Kesalahan membaca rambu mengakibatkan kecelakaan di jalan raya (3) Banyaknya pelanggar dengan me...

Pembahasan Soal:

Penyimpangan yang diakibatkan oleh hukum yang tidak tegas dan konsisten membuat masyarakat tidak lagi takut dengan hukum karena ketidaktegasan hukum memberikan sugesti kepada masyarakat untuk mengulangi lagi kesalahan yang dilakukan karena tidak adanya hukuman nyata terhadap pelanggarnya. Penyimpangan yang diakibatkan oleh hukum yang tidak tegas dan konsisten terjadi pada pernyataan berikut:

  • Pengendara bermotor memasuki jalur yang bukan peruntukannya
  • Banyaknya pelanggar dengan menerobos lampu merah di perempatan
  • Maraknya makelar tiket penumpang saat masa liburan dan mudik lebaran

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:

  • Kesalahan membaca rambu mengakibatkan kecelakaan di jalan raya merupakan sosialisasi tidak sempurna
  • Perilaku aparat mengurangi kemacetan akibat padatnya kendaraan bermotor bukan tindakan penyimpangan.
Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved