Roboguru

Penyegaran DPR-GR sebagai usaha penataan kehidupan politik bertujuan untuk …

Pertanyaan

Penyegaran DPR-GR sebagai usaha penataan kehidupan politik bertujuan untuk … space

  1. Menumbuhkan hak-hak demokrasi space

  2. Memfungsikan lembaga-lembaga DPR-GR space

  3. Mendapatkan dukungan dari para anggota DPR-GR space

  4. Menyederhanakan kehidupan partai space

  5. Menyalurkan aspirasi rakyat space

Pembahasan Soal:

Lahirnya Orde Baru dilatarbelakangi ketidakstabilan politik pasca Gerakan 30 September 1965 yang didalangi oleh Partai Komunis Indonesia (PKI). Pada masa pemerintahannya, Presiden Soeharto berusaha untuk menjalankan pemerintahan yang berasaskan pada Pancasila dan UUD 1945 sehingga perlu diadakan usaha penataan kehidupan politik. Usaha tersebut dilakukan dengan penyegaran DPR-GR. Penyegaran ini bertujuan untuk menumbuhkan hak-hak demokrasi yang ada di masyarakat. Selain itu, pemerintah juga melakukan penyederhanaan partai politik atau fusi partai dengan mengelompokkan partai menjadi tiga golongan: Partai Pembangunan Persatuan (PPP), Partai Demokrasi Indonesia (PDI), dan Golongan Karya (Golkar).

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 06 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada kebijakan pemerintah Orde Baru, setelah berhasil memulihkan kondisi politik bangsa Indonesia, langkah selanjutnya adalah….

Pembahasan Soal:

Kondisi politik pada awal masa Orde Baru yakni dilakukan oleh Soeharto sebagai pengemban Supersemar yakni dengan segara ia mengambil langkah pertamanya yakni membubarkan Partai Komunis Indonesia (PKI) pada 12 Maret 1966 guna menciptakan stabilitas sosial dan politik di Indonesia. Permasalahan utama pada awal Orde Baru adalah politik dan keamanan yang tidak kondusif serta kondisi ekonomi yang terpuruk akibat inflasi. Setelah berhasil memulihkan kondisi politik nasional, selanjutnya pemerintah fokus melaksanakan pembangunan nasional yang diawali dengan program rehabilitasi ekonomi. Dengan itu Indonesia siap untuk melakukan pembangunan nasional  dilaksanakan Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita) pada April 1969 yang bertujuan untukk meningkatkan sarana ekonomi, kegiatan ekonomi, serta kebutuhan sandang dan pangan.

Dengan demikian kebijakan pemerintah Orde Baru setelah berhasil memulihkan kondisi politik adalah melaksanakan pembangunan nasional salah satunya melalui Repelita.

0

Roboguru

Apa langkah-langkah yang ditempuh pemerintahan Orde Baru dalam bidang ekonomi?

Pembahasan Soal:

Orde Baru merupakan sebutan bagi masa pemerintahan Presiden Soeharto di Indonesia, yang berlangsung dari tahun 1966-1998. Dimana pada awal pemerintahannya, Presiden Soeharto bertekad untuk melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen. Begitupun dengan membuat berbagai kebijakan maka merujuk kepada cita-cita tersebut. Dalam pemerintahannya masa Orde Baru kebijakan berupakan upaya untuk menata kehidupan politik dan perbaikan kehidupan ekonomi. Kehidupan ekonomi masa awal pemerintahan ini mewarisi kemerosotan ekonomi yang ditinggalkan oleh pemerintahan sebelumnya. Oleh karena itu langka/program dalam bidang ekonomi antara lain:

  1. Program pendek berdasarkan TAP MPRS No. XXIII/MPRS/1966 berkaitan dengan penekanan laju inflasi di Indonesia saat itu. 
  2. Bergabung kembali dengan IMF sehingga Indonesia memperoleh aliran dana dari dunia.
  3. Menerapkan Rencana pembangunan lima tahun (Repelita).
  4. Menerapkan  Revolusi Hijau yakni berkaitan dengan pengembangan teknologii budidaya pertanian

Dengan demikian langkah-langkah yang ditempuh oleh pemerintah Orde Baru dalam bidang ekonomi, diantaranya dengan membuat regulasi tentang penekanan laju inflasi, kembali bergabung dengan IMF, menerapkan Repelita dan Revolusi Hijau. 

0

Roboguru

Pemerintah Orde Baru melakukan penguatan sektor ekonomi dengan cara...

Pembahasan Soal:

Pada pemerintahan Orde Lama, ekonomi Indonesia mengalami keterpurukan akibat hiperinflasi dan terputusnya hubungan Indonesia dari ekonomi Dunia, khususnya Barat. Ketika pemerintah Orde Baru berkuasa, Indonesia berusaha memperbaiki hubungan luar negerinya, termasuk organisasi internasional. Dalam rangka menguatkan sektor ekonomi maka pemerintah Orde Baru melakukan upaya dengan cara menambah dana bantuan luar negeri yaitu dari International Monetary Fund (IMF).

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Dalam bulan April 1965, pemerintah Orde Baru mengeluarkan pernyataan yang menjadi landasan kebijakan ekonomi pemerintah, diantaranya sebagai berikut, kecuali...

Pembahasan Soal:

Kebijakan nasionalisasi ekonomi merupakan program yang dilakukan oleh pemerintahan Orde Lama Presiden Soekarno terhadap perusahaan asing sebagai usaha untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dan memberikan kesempatan bagi pengusaha lokal untuk mendapatkan aset dalam waktu yang lebih cepat. Salah satu diantara perusahaan asing yang dinasionalisasi adalah De Javasche Bank  yang kemudian berubah nama menjadi Bank Indonesia, dan berfungsi sebagai bank sentral.


Oleh karena itu, jawaban yang paling benar adalah B

0

Roboguru

Langkah politik pertama Soeharto setelah memegang tampuk pimpinan nasional Orde Baru dalam bidang politik luar negeri adalah ....

Pembahasan Soal:

Kebijakan politik luar negeri Orde Baru berupaya menjalin jaringan internasional secara luas. Permasalahan internasional pada masa Orde Lama segera dituntaskan oleh Orde Baru. Salah satu Langkah politik yang ditempuh Orde Baru untuk memperbaiki hubungan internasional adalah Indonesia masuk kembali sebagai anggota PBB. Hal ini mengingat peran PBB yang besar dalam kemerdekaan Indonesia.

Dengan demikian, langkah awal yang dilakukan oleh pemerintah Orde Baru dalam kebijakan luar negeri adalah bergabung kembali dalam PBB.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved