Roboguru

Penyalahgunaan narkoba dapat mengakibatkan ketergantungan. Gangguan fisiologi tubuh bahkan kematian. Tetapi masih banyak orang yang menyalahgunakan narkoba karena berharap mendapatkan sensasi tertentu. Ganja misalnya dapat memberikan efek ....

Pertanyaan

Penyalahgunaan narkoba dapat mengakibatkan ketergantungan. Gangguan fisiologi tubuh bahkan kematian. Tetapi masih banyak orang yang menyalahgunakan narkoba karena berharap mendapatkan sensasi tertentu. Ganja misalnya dapat memberikan efek ....space space

  1. Menahan rasa sakitspace space

  2. Meningkatkan rasa semangatspace space

  3. Meningkatkan daya khayalspace space

  4. Menekan rasa laparspace space

  5. Menahan rasa malasspace space

Pembahasan Soal:

NAPZA digolongkan menjadi 3 yaitu golongan halusinogen, depresan dan stimulan. Ganja merupakan salah satu NAPZA golongan halusinogen. Golongan ini memberikan efek halusinasi yang bersifat merubah perasaan dan piiran sehingga mengalami gangguan. 
Sehingga opsi jawaban yang paling tepat adalah Cspace space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Dian

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Hal yang bukan merupakan dampak bentuk penyalahgunaan NAPZA bagi para pelajar adalah ....

Pembahasan Soal:

Penyalahgunaan NAPZA merupakan perilaku penggunaan obat obatan golongan psikotropika, narkotika dan zat aditif yang tidak sesuai dengan fungsinya. Penyalahgunaan ini akan mengakibatkan kecanduan yang memberikan efek kebahagiaan yang semu dan tidak nyata sehingga merugikan pengguna maupun lingkungan sekitarnya seperti kesakitan apabila tidak mengkonsumsinya (kecanduan), tindakan kriminal, putus sekolah hingga rusaknya tali persaudaraan. 
Sehingga opsi jawaban yang tepat adalah Espace space

0

Roboguru

Zat psikotropika yang termasuk dalam golongan III adalah . . .

Pembahasan Soal:

Amobarbital adalah salah satu zat psikotropika yang masuk kedalam golongan III psikotropika yang digunakan untuk obat, terapi dan ilmu pengetahuan. Golongan ini memiliki potensi kuat sindrom ketergantungan.  Amobarbital adalah turunan dari barbiturat. Merupakan obat penenang dan obat tidur, memberi efek mengantuk sampai tertidur, bergantung pada dosisnya. 

0

Roboguru

Psikotropika yang digunakan untuk pengembangn ilmu pengetahuan, tidak digunakan untuk terapi, dan memiliki efek ketergantungan kuat adalah jenis NAPZA golongan ….

Pembahasan Soal:

Berdasarkan  tingkat ketergantungannya, NAPZA dibagi menjadi 4 golongan sebagai berikut:

  • Golongan I, yaitu NAPZA yang digunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan namun tidak digunakan untuk terapi karena memiliki efek ketergantungan kuat, contohnya adalah ekstasi
  • Golongan II, yaitu NAPZA yang  digunakan untuk pengembangn ilmu pengetahuan dan juga pengobatan namun memiliki efek ketergantungan kuat, contohnya adalah amphetamine
  • Golongan III, yaitu NAPZA yang digunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan, serta digunakan sebagai obat dan terapi. Golongan ini memiliki sindrom ketergantungan yang sedang, contohnya adalah phenobarbital
  • Golongan IV, yaitu NAPZA yang digunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan, serta digunakan sebagai obat dan terapi. Golongan ini memiliki sindrom ketergantungan yang ringan, contohnya diazepam dan nitrazepam.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A. 
 

0

Roboguru

Di bawah ini merupakan psikotropika yang memiliki efek penenang adalah ….

Pembahasan Soal:

Salah satu psikotropika yang memberikan efek penenang adalah diazepam dan amobarbital. Amobarbital adalah obat penenang dan obat tidur. Obat ini memberi efek mengantuk sampai tertidur tergantung pada dosisnya. Sedangkan, diazepam adalah salah satu jenis obat penenang yang biasa digunakan untuk mengatasi gangguan kecemasan dan insomnia. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Psikotropika yang digunakan untuk pengembangn ilmu pengetahuan, digunakan untuk terapi, dan memiliki efek ketergantungan sedang adalah jenis NAPZA golongan ….

Pembahasan Soal:

Berdasarkan  tingkat ketergantungannya, NAPZA dibagi menjadi 4 golongan sebagai berikut:

  • Golongan I, yaitu NAPZA yang digunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan namun tidak digunakan untuk terapi karena memiliki efek ketergantungan kuat.
  • Golongan II, yaitu NAPZA yang  digunakan untuk pengembangn ilmu pengetahuan dan juga pengobatan namun memiliki efek ketergantungan kuat.
  • Golongan III, yaitu NAPZA yang digunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan, serta digunakan sebagai obat dan terapi. Golongan ini memiliki sindrom ketergantungan yang sedang.
  • Golongan IV, yaitu NAPZA yang digunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan, serta digunakan sebagai obat dan terapi. Golongan ini memiliki sindrom ketergantungan yang ringan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C. 
 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved