Roboguru

Penyakit yang menyebabkan seorang wanita tidak dapat menghasilkan ovum, karena semua oosit primer yang tersisa mengalami degradasi disebut ....

Pertanyaan

Penyakit yang menyebabkan seorang wanita tidak dapat menghasilkan ovum, karena semua oosit primer yang tersisa mengalami degradasi disebut ....space

Pembahasan Soal:

Penyakit yang menyebabkan seorang wanita tidak dapat menghasilkan ovum karena semua oosit primer yang tersisa mengalami degradasi disebut amenorrhea sekunder. Penyakit ini terjadi pada perempuan yang masih berada pada usia dibawah 40 tahun. Pada penyakit ini, tidak terjadi menstruasi selama 3-6 bulan atau lebih pada orang yang telah mengalami siklus menstruasi .

Dengan demikian, amenorrhea sekunder merupakan keadaan seorang wanita yang tidak dapat menghasilkan ovum dikarenakan semua oosit primer mengalami degradasi.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 22 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada keputihan, cairan atau lendir yang diproduksi dalam alat kelamin akan keluar sambil membawa .... dan ....

Pembahasan Soal:

Keputihan merupakan kondisi organ reproduksi wanita ketika lendir atau cairan keluar dari vagina.  Ketika seorang wanita mengalami keputihan, cairan yang diproduksi kelenjar vagina dan leher rahim akan keluar membawa sel mati dan bakteri, sehingga vagina tetap terlindung dari infeksi.
Jadi cairan atau lendir yang diproduksi dalam alat kelamin pada saat keputihan akan keluar sambil membawa sel mati dan bakteri. 
 

0

Roboguru

Kehamilan ektopik dapat disebabkan oleh ….

Pembahasan Soal:

Kehamilan ektopik terjadi ketika telur yang dibuahi mengalami pertumbuhan di luar uterus. Kehamilan ektopik terjadi ketika telur yang dibuahi tersangkut saat menuju ke rahim. Hal ini seringkali disebabkan oleh saluran tuba fallopi rusak karena peradangan atau cacat. Ketidakseimbangan hormon atau perkembangan yang tidak normal dari telur yang dibuahi juga dapat menjadi penyebab kehamilan ektopik. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah E. 

0

Roboguru

Jelaskan apa yang anda ketahui tentang penyakit pada sistem reproduksi manusia herpes simplex genitalis?

Pembahasan Soal:

Herpes kelamin atau herpes genital adalah penyakit menular seksual pada pria dan wanita, yang menyebabkan luka melepuh di area kelamin. Luka tersebut biasanya terasa sakit dan gatal. Gejala ini dapat kambuh beberapa kali dalam setahun. Namun seiring terbentuknya sistem kekebalan tubuh terhadap virus herpes, frekuensi kekambuhannya akan berkurang. Virus herpes simpleks (HSV) adalah penyebab dari penyakit herpes genital atau herpes kelamin. Penyebaran HSV paling sering terjadi melalui hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi virus ini. Selain itu, herpes genital dari ibu hamil juga dapat ditularkan kepada bayi yang dikandungnya. 

0

Roboguru

Penyakit keputihan dapat diakibatkan oleh infeksi mikroorganisme, baik jamur maupun bakteri. Jelaskan penyakit keputihan yang diakibatkan oleh jamur dan bakteri!

Pembahasan Soal:

Penyakit Keputihan ditandai dengan keluarnya cairan kental berwarna putih dari vagina. Cairan itu biasanya berbau tidak sedap dan mengakibatkan gatal-gatal di daerah vagina. Keputihan dapat terjadi akibat infeksi oleh jamur maupun bakteri. Keputihan akibat infeksi oleh bakteri Chlamydia trachomatis disebut penyakit klamidiasis. Keputihan akibat infeksi oleh jamur Candida albicans disebut penyakit kandidiasis.

0

Roboguru

Gangguan sistem reproduksi laki-laki akibat tidak dikhitan (sirkumsisi) adalah ....

Pembahasan Soal:

Jawaban         : B. kanker penis

Pembahasan  : Kanker penis biasanya terjadi pada laki-laki yang tidak dikhitan  sehingga terjadi penimbunan sekresi kental di bawah preputium. Hal tersebut meningkatkan risiko infeksi menular seksual.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved