Roboguru

Peninggalan Hindu dan Buddha salah satunya berupa kitab. Kitab Arjunawiwaha karya ...

Pertanyaan

Peninggalan Hindu dan Buddha salah satunya berupa kitab. Kitab Arjunawiwaha karya ... space

  1. Empu Kanwa space

  2. Empu Sedah space

  3. Empu Barada space

  4. Empu Monaguna space

  5. Empu Tanakung space

Pembahasan Soal:

Salah satu peninggalan dari agama Hindu-Buddha dalam bidang sastra adalah Kitab Arjunawiwaha. Kitab ini ditulis oleh Empu Kanwa pada masa pemerintahan Prabu Airlangga dari Kerajaan Kahuripan di Jawa Timur. Kitab Arjunawiwaha menceritakan mengenai riwayat hidup Arjuna.

Berdasarkan penjelasan di atas, jawaban yang tepat adalah A.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan contoh pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha dalam budaya masyarakat indonesia sebelum Islam!

Pembahasan Soal:

Salah satu pengaruh Hindu Budha di Indonesia yang paling kentara terdapat pada bidang agama dan kepercayaan. Sebelum ajaran Hindu-Budha masuk, mula-mula masyarakat Indonesia sebelumnya sudah menganut kepercayaan animisme dan dinamisme, namun karena masuknya ajaran Hindu dan Budha yang dibawa oleh para pedagang dan pendeta, kepercayaan animisme dan dinamisme yang dianut oleh masyarat nusantara tempo dulu kemudian melebur dan berakulturasi dengan ajaran agama Hindu-Budha. Kepercayaan baru ini secara beriringan kemudian membawa kebudayaan baru dalam hal beragama, misalnya dalam hal upacara pemujaan, tata krama, dan tempat peribahadan.

Berikut ini contoh pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha dalam budaya masyarakat Indonesia sebelum Islam yaitu:

  1. Dalam bidang pemerintahan. Sebelum kebudayaan Hindu-Buddha masuk, masyarakat Indonesia dipimpin oleh kepala suku. Setelah kebudayaan Hindu-Buddha masuk, kedudukan kepala suku digantikan oleh raja dan diwariskan secara turun-temurun.
  2. Dalam bidang sosial. Munculnya pembedaan yang tegas antar kelompok masyarakat yang disebut dengan kasta.
  3. Dalam bidang ekonomi. Muncul jalur-jalur perdagangan yang berkembang menjadi pusat kerajaan.
  4. Dalam bidang agama. Daerah-daerah yang menjadi pusat kerajaan juga menjadi pusat penyebaran agama Hindu-Buddha.
  5. Dalam bidang budaya. Terjadi proses perpaduan antara kebudayaan asli Indonesia dengan kebudayaan Hindu-Buddha. Seperti pada bentuk candi yang memiliki stupa, seni rupa dan seni ukir pada Candi Borobudur, serta sastra dan aksara.

0

Roboguru

Siapa pendiri candi borobudur...

Pembahasan Soal:

J.G.de Casparis memperkirakan pendiri Borobudur adalah raja Mataram dari wangsa Syailendra bernama Samaratungga. Bangunan raksasa itu baru dapat diselesaikan pada masa putrinya, Ratu Pramudawardhani, sekitar tahun 825 M. Pembangunan Borobudur diperkirakan memakan waktu selama 75 tahun. 

Dengan demikian, pendiri candi Borobudur adalah Samaratungga dari Kerajaan Mataram Kuno.undefined 

0

Roboguru

Bhinneka Tungga Ika terdapat dalam kitab Sutasoma karangan...

Pembahasan Soal:

Sutasoma dikarang oleh Mpu Tantular. Kitab ini menceritakan putra raja yang bernama Sutasoma yang rela meninggalkan keduniawian dan mendalami agama Buddha. Dalam kitab ini terdapat kata Bhinneka Tunggal Ika tan hana Darma Mangrwa. Dengan demikian kitab Sutasoma merupakan karangan Mpu Tantular.

1

Roboguru

Kerajaan yang menjadi pusat pendidikan agama Buddha yang cocok sebagai tempat para calon rahib untuk menyiapkan diri belajar Buddha dan tata bahasa Sanskerta sebelum berangkat ke India adalah ....

Pembahasan Soal:

Berdasarkan keterangan Prasasti Nalanda yang berada di Nalanda, India Selatan, terdapat banyak pelajar dari Sriwijaya yang memperdalam ilmu pengetahuan di sana. Catatan I-Tsing juga menyebutkan bahwa Sriwijaya merupakan pusat agama Buddha yang cocok sebagai tempat para calon rahib untuk menyiapkan diri belajar Buddha dan tata bahasa Sanskerta sebelum berangkat ke India. Di Sriwijaya, menurut I-Tsing, terdapat guru Buddha yang terkenal, yaitu Sakyakirti yang menulis buku undang-undang berjudul Hastadandasastra. Buku tersebut pun kemudian oleh I-Tsing dialihbahasakan ke dalam bahasa China untuk dipelajari oleh biksu China.

Berdasarkan pembahasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah A

0

Roboguru

No Penjelasan  Hasil Budaya Akulturasi yang dimaksud 1 Bentuknya mengambil dasar- dasar dari bangunan punden berundak-undak, yaitu salah satu bentuk bangunan tempat pemuj...

Pembahasan Soal:

Terdapat berbagai akulturasi antara Hindu-Buddha dan budaya Nusantara, salah satunya dalam bidang seni dan sastra. Di Nusantara, seni sastra yang terkenal adalah cerita berbentuk wiracarita (kepahlawanan), yakni kitab Ramayana dan Mahabarata yang merupakan karya sastra asli dari India. Cerita kepahlawanan Ramayana dan Mahabarata ini sering dijadikan cerita dalam pertunjukan wayang. Kemudian dalam perkembangannya, mulai bermunculan cerita-cerita kepahlawanan yang dihasilkan dari pujangga-pujangga Indonesia seperti Baratayuda. 

Dengan demikian, hasil akulturasi karya sastra dari India dan menjadi latar belakang cerita wayang adalah cerita kepahlawanan Mahabarata dan Ramayana.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved