Roboguru

Penggunaan sistem sidik jari sebagai alat presensi pegawai merupakan suatu bentuk kemajuan yang dianggap lebih efisien dan efektif dalam mengecek kehadiran pegawai. Selain akibat teknologi yang semakin canggih, hal tersebut juga dilakukan akibat banyaknya pegawai yang sering membolos dan memanipulasi kehadiran melalui presensi manual. Kondisi tersebut menunjukkan perubahan sosial dapat dipengaruhi oleh ...

Pertanyaan

Penggunaan sistem sidik jari sebagai alat presensi pegawai merupakan suatu bentuk kemajuan yang dianggap lebih efisien dan efektif dalam mengecek kehadiran pegawai. Selain akibat teknologi yang semakin canggih, hal tersebut juga dilakukan akibat banyaknya pegawai yang sering membolos dan memanipulasi kehadiran melalui presensi manual.

Kondisi tersebut menunjukkan perubahan sosial dapat dipengaruhi oleh ...undefined 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Pembahasan Soal:

Perubahan sosial dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya adalah perubahan sosial dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang semakin canggih.

dalam soal, adanya teknologi sidik jari, merubah kebiasaan pegawai menjadi lebih disiplin dalam hal ketepatan datang ke tempat kerja, dan kehadiran tiap harinyaundefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Restiana

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 31 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Penemuan-penemuan baru di bidang teknologi menyebabkan perubahan besar dalam kehidupan masyarakat. Menurut pernyataan tersebut, penemuan-penemuan baru merupakan ….

Pembahasan Soal:

Perubahan sosial terjadi karena beberapa faktor. Faktor penyebab perubahan sosial dapat berasal dari dalam masyarakat (internal) dan dari luar masyarakat (eksternal). Faktor penyebab perubahan sosial dari dalam masyarakat (internal) berupa berkembangnya ilmu pengetahuan (penemuan baru), jumlah penduduk (demografi), pertentangan (konflik sosial), dan pemberontakan (revolusi). Sementara itu, faktor penyebab perubahan sosial dari luar masyarakat berupa pengaruh kebudayaan masyarakat lain, peperangan, dan terjadinya bencana alam (kerusakan kondisi lingkungan fisik).


Maka, jawaban yang tepat adalah A.undefined  

Roboguru

Indonesia merupakan salah satu negara endemik penyakit kaki gajah (filariaris). Kaki gajah termasuk penyakit yang tidak mematikan tetapi cukup sulit diatasi. Meskipun demikian, masyarakat tidak perlu ...

Pembahasan Soal:

Fakta sosial yang dijabarkan pada soal menunjukkan telah terjadi perubahan sosial terkait berkurangnya daerah yang menjadi endemik penyakit kaki gajah. Berkurangnya daerah endemik diakibatkan telah ditemukan obat pencegah kaki gajah. Apabila obat penyakit kaki gajah belum ditemukan maka jumlah penderita dan daerah endemis kaki gajah tidak berkurang tetapi malah terus bertambah. Jadi, jawaban yang tepat adalah E.  

Roboguru

Krisis minyak bumi mendorong masyarakat Indonesia melakukan inovasi/penemuan baru. Masyarakat berhasil menemukan bahan bakar gas yang bahan bakunya berasal dari sisa kotoran hewan untuk mengganti miny...

Pembahasan Soal:

Perubahan sosial merupakan proses terjadinya perubahan yang memengaruht berbagai aspek kehidupan sosial masyarakat. Perubahan sosial dipengaruhi oleh dua faktor yaitu:
Faktor internal

  1. Penemuan Baru. Menurut Elly M. Setiadi dan Usman Kolip (2015), penemuan baru dalam masyarakat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu adanya kesadaran diri setiap individu atau kelompok terhadap perasaan kekurangan unsur kebudayaan, adanya para ahli yang berkualitas dalam masyarakat, dan adanya dorongan atau motivasi untuk menciptakan penemuan baru dalam masyarakat.
  2. Demografi (Perubahan  jumlah Penduduk). Perubahan jumlah penduduk menunjukkan keadaan kependudukan suatu wilayah bersifat dinamis. Kependudukan suatu wilayah dipengaruhi oleh jumlah kelahiran, kematian, dan migrasi.
  3. Konflik atau Pertentangan dalam Masyarakat. Munculnya aksi, dampak, dan kondisi baru dalam masyarakat akibat konflik menunjukkan terjadinya perubahan sosial.
  4. Terjadinya Pemberontakan atau Revolusi. Sebuah revolusi mampu merombak struktur pemerintah, misalnya pemerintahan yang berbentuk kerajaan menjadi republik. Revolusi menyebabkan perubahan dalam struktur sosial.

Faktor Eksternal

  1. Perubahan Lingkungan Fisik. Lingkungan fisik berkaitan dengan lingkungan alam atau sekitar tempat tinggal manusia. Lingkungan alam di sekitar manusia dapat,mendorong terjadinya perubahan sosial.
  2. Masuknya Kebudayaan dari Masyarakat Lain. Masuknya kebudayaan asing dapat terjadi melalui kontak langsung dan tidak langsung. Adanya penerimaan kebudayaan asing mendorong perubahan sosial dalam kehidupan masyarakat.
  3. Terjadinya Peperangan. Peperangan dapat inenyebabkan terjadinya perubahan sosial dalam masyarakat. Adapun jenis peperangan yang dikategorikan sebagai faktor eksternal penyebab perubahan sosial adalah peperangan yang melibatkan pihak lain di luar kelompok.

Ilustrasi pada soal di atas, adanya penemuan baru bahan bakar gas dari kotoran hewan termasuk dalam faktor internal perubahan. Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah D. undefined

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! (1) Perubahan faktor demografi, yaitu bertambah dan berkurangnya penduduk (2) Penemuan-penemuan baru, baik ide-ide baru atau alat-alat baru (3) Pertentangan kelompok ...

Pembahasan Soal:

Perubahan sosial dapat terjadi karena faktor internal. Maksudnya, perubahan sosial dapat terjadi karena adanya gejolak dan situasi dalam msayarakat yang mendorong terjadinya perubahan. Perubahan faktor demografi atau bertambah dan berkurangnya penduduk misalnya. Perubahan demografi akan mendorong perubahan sosial seperti terjadinya perubahan persaingan lapangan kerja yang semakin sengit hingga meningkatknya tingkat kepadatan penduduk. Penemuan-penemuan baru baik ide ataupun alat baru juga dapat mendorong terjadinya perubahan sosial. Penemuan teknologi mengakibatkan peningkatan efektivitas dan efisiensi aktivitas dalam masyarakat. Perubahan sosial pun akan cepat terlaksana. Kemudian, pertentangan kelompok aliran tertentu juga berdampak pada perubahan sosial yang sifatnya negatif. Kasus konflik agama di Poso beberapa tahun yang lalu misalnya. Konflik yang terjadi menimbulkan kerusuhan dalam kota hingga berdampak pada meningkatnya sentimen antarkelompok agama berbeda hingga skala nasional.

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut!  (1) Perubahan faktor demografi, yaitu bertambah dan berkurangnya penduduk  (2) Penemuan-penemuan baru, baik ide-ide baru atau alat-alat baru (3) Pertentangan kelompo...

Pembahasan Soal:

Perubahan sosial dapat terjadi karena faktor internal. Maksudnya, perubahan sosial dapat terjadi karena adanya gejolak dan situasi dalam masyarakat yang mendorong terjadinya perubahan. Perubahan faktor demografi atau bertembah dan berkurangnya penduduk misalnya. Perubahan demografi akan mendorong perubahan sosial seperti terjadinya perubahan persaingan lapangan kerja yang semakin ketat hingga meningkatknya tingkat kepadatan penduduk. Penemuan-penemuan baru baik ide ataupun alat juga dapat mendorong terjadinya perubahan sosial. Penemuan teknologi mengakibatkan peningkatan efektivitas dan efisiensi aktivitas dalam masyarakat. Dengan demikian, perubahan sosial pun akan cepat terlaksana. Kemudian, pertentangan kelompok aliran tertentu juga berdampak pada perubahan sosial yang sifatnya negatif, misalnya pada kasus konflik agama di Poso beberapa tahun yang lalu. Konflik yang terjadi menimbulkan kerusuhan dalam kota hingga berdampak pada meningkatnya sentimen antarkelompok agama yang berbeda.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved