Roboguru

Pengelompokkan peristiwa-peristiwa sejarah berdasarkan ciri-ciri tertentu untuk menghindari anakronisme sejarah disebut ....

Pertanyaan

Pengelompokkan peristiwa-peristiwa sejarah berdasarkan ciri-ciri tertentu untuk menghindari anakronisme sejarah disebut ....

  1. Periodisasi
  2. Kronologi

  3. Sinkronik

  4. Empiris

  5. Kronik

Pembahasan Soal:

Pembabakan atau pengelompokkan peristiwa-peristiwa sejarah berdasarkan ciri-ciri tertentu disebut dengan periodisasi. Peristiwa-peristiwa tersebut kemudian dimasukkan ke dalam periode tertentu. Dengan adanya periodisasi, diharapkan anakronisme atau ketidaksesuaian peristiwa dalam suatu zaman dapat dihindari.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 14 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Periodisasi berasal dari bahasa Yunani, yaitu periode yang berarti 'babak', 'masa', atau 'zaman'. Apa yang dimaksud dengan periodisasi dan tujuan pembuatan periodisasi dalam sejarah? Jelaskan!

Pembahasan Soal:

Periodisasi merupakan pengelompokkan peristiwa-peristiwa sejarah ke dalam suatu babak, masa, zaman, atau periode tertentu berdasarkan ciri-ciri yang sama. Tujuan disusunnya periodisasi sejarah adalah sebagai berikut.

  1. Membantu mempermudah memahami sejarah.
  2. Membantu mengklasifikasikan peristiwa-peristiwa sejarah.
  3. Memudahkan daIam menganaIisis perkembangan dan perubahan yang terjadi di setiap periode.
  4. Menyederhanakan rangkaian peristiwa sejarah.

Dengan demikian, periodisasi merupakan pengelompokan peristiwa sejarah berdasarkan waktu yang sama dan tujuannya adalah membantu dalam memudahkan analisa peristiwa sejarah. 

Roboguru

Perhatikan informasi berikut. Memudahkan kodifikasi. Memenuhi persyaratan sistematika ilmu pengetahuan. Mengetahui kerumitan sebuah peristiwa. Memudahkan klasifikasi peristiwa. Mengurutkan peri...

Pembahasan Soal:

Periodisasi adalah pembabakan waktu yang digunakan untuk membagi peristiwa dalam babak, zaman, atau periode. Adapun tujuan periodisasi adalah melakukan penyederhanaan dan pengurutan berbagai peristiwa sejarah sehingga memudahkan proses klasifikasi berbagai peristiwa sejarah. Contohnya, periodisasi zaman batu adalah Paleolitikum, Mesolitikum, dan Neolitikum.

Jadi, tujuan dari periodisasi berdasarkan pernyataan di dalam soal adalah

  1. Mengetahui kerumitan sebuah peristiwa.
  2. Memudahkan klasifikasi peristiwa.
  3. Mengurutkan peristiwa sejarah.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Periodisasi merupakan komponen penting dalam penulisan sejarah. Mengapa demikian? Jelaskan pendapat Anda!

Pembahasan Soal:

Periodisasi adalah pengelompokan peristiwa sejarah dalam suatu masa, zaman atau periode tertentu berdasarkan ciri-ciri yang sama atau dapat diartika pula sebagai pembabakan waktu yang diterapkan dalam kajian sejarah. Pembabakan waktu diterapkan untuk membatasi kajian sejarah. Sejarah membatasi kajiannya pada kurun waktu tertentu. Dengan pembatasan tersebut, peristiwa sejarah dapat menunjukkan pola tertentu. Pembabakan waktu diterapkan untuk menunjukkan suatu kurun waktu memiliki corak atau karakteristik khas. Dengan periodisasi, kisah sejarah yang sangat panjang dapat dikelompokkan menjadi beberapa babakan waktu. Karena satu syarat ilmu adalah pembagian-pembagian yang bersifat teoritis. Hal ini dilakukan agar mudah mendalami persoalan bagian demi bagian. Walaupun hanya secara singkat dan global, namun dengan pembagian atau periodisasi diharapkan agar isi dan arti dari dasar ilmu pengetahuan dapat dimengerti oleh siapapun, khususnya yang mempelajari ilmu pengetahuan tersebut. Sebagai contoh: periodisasi sejarah Indonesia, menggambarkan perjalanan sejarah bangsa Indonesia dari masa Nirleka hingga masa kini, meskipun dalam pernyataan pendek-pendek. Pembabakan tersebut dilakukan untuk memudahkan pembaca memahami keseluruhan alur kisah sejarah. Selain itu konsep Periodisasi dianggap konsep penting dalam mempelajari sejarah karena memiliki beberapa tujuan yang diharapkan dari mempelajari sejarah dengan menggunakan konsep periodisasi ini. Adapun tujuan tersebut antara lain untuk membantu mempermudah dalam memahami sejarah, membantu mengklasifikasikan peristiwa-peristiwa sejarah, memudahkan dalam menganalisis perkembangan perubahan yang terjadi di setiap periode, serta menyederhanakan rangkaian peristiwa sejarah.

Berdasarkan penjelasan tersebut maka jawabannya adalah untuk memudahkan pembaca memahami keseluruhan alur kisah sejarah, membantu mengklasifikasikan peristiwa-peristiwa sejarah, memudahkan dalam menganalisis perkembangan perubahan yang terjadi di setiap periode, serta menyederhanakan rangkaian peristiwa sejarah.

Roboguru

Jelaskan pengertian periodisasi dan tujuan pembuatan periodisasi dalam sejarah.

Pembahasan Soal:

Periodisasi merupakan pembabakan atau pengelompokan waktu berdasarkan zaman. Periodisasi dalam sejarah bertujuan untuk memudahkan pemahaman tentang perkembangan kehidupan manusia dari waktu ke waktu. Dalam sejarah Indonesia, terdapat beberapa pembabakan untuk mempermudah dalam belajar dan memahami perkembangan sejarah Indonesia. Pembabakan sejarah Indonesia dimulai dari zaman pra aksara, zaman Hindu-Buddha, zaman Islam, zaman Kolonial Belanda, zaman Pendudukan Jepang, zaman Revolusi Nasional, zaman Demokrasi Liberal, zaman Demokrasi Terpimpin, zaman Orde Baru, dan zaman Reformasi.

Dengan demikian, periodisasi merupakan pembabakan atau pengelompokan waktu berdasarkan zaman. Periodisasi dalam sejarah bertujuan untuk memudahkan pemahaman tentang perkembangan kehidupan manusia dari waktu ke waktu.

Roboguru

Apakah maksud dan tujuan adanya periodisasi?

Pembahasan Soal:

Periodisasi merupakan pembabakan atau pengelompokan waktu berdasarkan zaman. Tujuan pembuatan periodisasi adalah merunutkan peristiwa sejarah, menyederhanakan peristiwa sejarah, mengkategorikan peristiwa sejarah, serta membantu menganalisis peristiwa sejarah.

Dengan demikian, tujuan periodisasi adalah merunutkan peristiwa sejarah, menyederhanakan peristiwa sejarah, mengkategorikan peristiwa sejarah, serta membantu menganalisis peristiwa sejarah.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved