Roboguru

Pengaruh perkembangan politik internasional bagi perluasan pengaruh PKI di dalam negeri dapat dibuktikan dengan sikap politik luar negeri indonesia yang sikap condong kepada...

Pertanyaan

Pengaruh perkembangan politik internasional bagi perluasan pengaruh PKI di dalam negeri dapat dibuktikan dengan sikap politik luar negeri indonesia yang sikap condong kepada...

  1. Pemerintah komunis di Cina dan Uni Soviet

  2. Blok Barat

  3. Negara-negara non blok

  4. Minta bantuan PBB

  5. Cina dan memusuhi Uni Soviet

Pembahasan Soal:

PKI berdoktrin komunis dan soekarno mengeluarkan NASAKOM (nasionalis, agama, dan komunis) menyebabkan Indonesia lebih condong ke negara2 komunis selain itu soekarno menganggap negara-negara barat sebagai pelopor nekolim( nepotisme, klonialisme, dan imperialisme).

Dengan demikian, pengaruh perkembangan politik internasional bagi perluasan pengaruh PKI di dalam negeri dapat dibuktikan dengan sikap politik luar negeri indonesia yang sikap condong kepada pemerintah komunis di Cina dan Uni Soviet.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pemberontakan APRA mencari simpati rakyat Indonesia dengan menggunakan cara ....

Pembahasan Soal:

Rencana pemberontakan APRA tercetus setelah pemerintah Belanda memecat Westerling dari dinas ketentaraan. Dalam waktu singkat, Westerling berhasil mengumpulkan modal dan pengikut sebanyak 8.000 orang termasuk para bekas pasukan Belanda. Keberhasilannya tersebut karena Westerling menggunakan mitos Ratu Adil sebagai salah satu propaganda politik. Dengan menggunakan embel-embel Ratu Adil tersebut, Westerling mencoba mencari simpati rakyat untuk melakukan pemberontakan terhadap pemerintah Republik Indonesia.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawabannya adalah A.

0

Roboguru

Pemimpin DI/TII di daerah Kalimantan Selatan adalah....

Pembahasan Soal:

Pemberontakan DI/TII Kalimantan Selatan merupakan bagian dari Pemberontakan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia (DI/TII) pimpinan Kartosuwiryo di Jawa Barat yang hendak mendirikan negara dengan dasar syariat Islam di Indonesia, yaitu Negara Islam Indonesia. Pemberontakan DI/TII Kalimantan Selatan dipimpin oleh Ibnu Hajar. Latar belakang pemberontakan DI/TII di Kalimantan Selatan ini adalah kegagalan para mantan pejuang kemerdekaan asal Kalimantan Selatan untuk diterima di tentara Indonesia saat itu, APRIS (Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat).

Dengan demikian pemberontakan DI/TII di Kalimantan Selatan dipimpin oleh Ibnu Hajar.

0

Roboguru

Perhatikan tabel dewan-dewan daerah berikut!  Jawaban yang tepat melengkapi kolom A dan B yaitu....

Pembahasan Soal:

Pemberontakan PRRI dimulai dengan pembentukan dewan-dewan daerah sebagai berikut.

  1. Dewan Banteng di Sumatra Barat yang dipimpin oleh Letkol Ahmad Husein.
  2. Dewan Gajah di Sumatra Utara yang dipimpin oleh Kolonel M. Simbolon.
  3. Dewan Garuda di Sumatra Selatan yang dipimpin oleh Letkol Barlian.
  4. Dewan Manguni di Sulawesi Utara yang dipimpin oleh Kolonel Ventje Sumual

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Jelaskan latar belakang munculnya gerakan Permesta di masa Demokrasi Liberal.

Pembahasan Soal:

Permesta atau Perjuangan Rakyat Semesta merupakan sebuah gerakan separatis yang muncul di Sulawesi. Gerakan Permesta di proklamasikan pada tanggal 2 Maret 1957 oleh Letnan Kolonel Ventje Sumual. Latar belakang meletusnya Permesta adalah kekecewaan dan ketidakpuasaan terhadap pemerintah pusat. Hal ini dikarenakan adanya dana alokasi pembangunan yang tidak merata antara di Jawa dengan daerah-daerah luar Jawa. Daerah-daerah menganggap bahwa mereka memiliki perananan penting terhadap penghasilan negara akan tetapi tidak diimbangi dengan pembangunan yang merata antara Pulau Jawa dengan pulau-pulau lain. Pergolakan ini semakin memanas karena keterlibatan perwira-perwira militer di daerah timur Indonesia khususnya di wilayah Sulawesi sebagai pusat pergolakan Permesta. 

Dengan demikian, latar belakang munculnya gerakan Permesta adalah ketidakpuasaan dan kekecewaan terhadap pemerintah pusat berkaitan dengan adanya kesenjangan pembangunan antara Pulau Jawa dengan pulau-pulau lain.

0

Roboguru

Siapakah Daud Beureueh dan apa perannya dalam pemberontakan DI/TII Aceh ?

Pembahasan Soal:

Teungku Muhammad Daud Beureueh atau Daud Beureueh merupakan seorang pejuang kemerdekaan sekaligus gubernur Aceh. Daud Beureuh. Ia dikenal sebagai tokoh yang kontroversional karena melakukan pemberontakan kepada pemerintah dengan mendirikan negara Islam Indonesia (NII). 

Pemberontakan NII Aceh sendiri dilandasi kekecewaan para tokoh Aceh karena Provinsi Aceh digabung dengan Provinsi Sumatra Utara. Peleburan itu dianggap sebagai sebuah penghianatan dan mengabaikan jasa baik masyarakat Aceh ketika perjuangan mempertahankan kedaulatan kemerdekaan Indonesia (1945-1950). 

Peran Daud Beureuh dalam DI/ TII menjadi sangat sentral, terlebih ia merupakan seorang pemimpin sipil, agama, dan militer di Aceh pada masa perang mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Ia sangat disegani saat memimpin perlawanan agresi militer pertama Belanda pada pertengahan tahun 1947. Atas perannya tersebut, Daud Beureuh pun tidak mengalami kesulitan untuk mempengaruhi masyarakat hingga pejabat pemerintahan Aceh. Selain itu, ia juga berhasil menguasai Pidie dan juga sebagian besar kota-kota di Aceh.

Dengan demikian, Daud Beureuh merupakan seorang pejuang kemerdekaan sekaligus tokoh yang berperan penting dalam pemberontakan DI/TII Aceh.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved