Roboguru

Pengamatan terhadap suatu tumbuhan menunjukkan ciri-ciri berakar tunggang, tidak berbunga sejati, berbiji, berdaun, batang bercabang, bakal biji terdapat pada strobilus betina dan serbuk sari terdapat pada strobilus jantan. Tumbuhan tersebut dapat digolongkan ke dalam kelompok . . . .

Pertanyaan

Pengamatan terhadap suatu tumbuhan menunjukkan ciri-ciri berakar tunggang, tidak berbunga sejati, berbiji, berdaun, batang bercabang, bakal biji terdapat pada strobilus betina dan serbuk sari terdapat pada strobilus jantan. Tumbuhan tersebut dapat digolongkan ke dalam kelompok . . . .space space 

  1. Thallophytaspace space 

  2. Mycotaspace space 

  3. Algaespace space 

  4. Gymnospermaespace space 

  5. Angiospermaespace space 

Pembahasan Soal:

Pengamatan terhadap suatu tumbuhan menunjukkan ciri-ciri berakar tunggang, tidak berbunga sejati, berbiji, berdaun, batang bercabang, bakal biji terdapat pada strobilus betina dan serbuk sari terdapat pada strobilus jantan. Tumbuhan tersebut dapat digolongkan ke dalam kelompok Gymnospermae. Gymnospermae dikelompokkan menjadi empat divisi, yakni:

  • Pinophyta (Coniferophyta), anggota divisi ini sebagian besar berupa pohon dan memiliki daun tunggal berbentuk  jarum atau linear. Strobilus jantan dan strobilus betina terdapat di ketiak daun dan pada cabang yang sama. Contoh spesies divisi ini adalah Pinus merkusii.
  • Cycadophyta, sebagian besar menyerupai pohon palem dengan daun majemuk menyirip dan terdapat pada bagian ujung dari batang utama sehingga membentuk mahkota daun. Umumnya berumah dua dan berkelamin satu. Contoh spesies divisi ini adalah Cycas rumphii.
  • Ginkgophyta, daunnya mirip kipas dengan tangkai yang panjang tulang daun bercabang. Berumah dua dan mengeluarkan bau tidak sedap. Tumbuhan ini terkenal sebagai tanaman obat. Contohnya adalah Ginkgo biloba.
  • Gnetophyta, merupakan tumbuhan memanjat, liana, atau pohon. Berupa pohon berumah dua dan jarang yang berumah satu. Daunnya tunggal dan berhadapan letaknya dengan urat daun menyirip. Contoh spesies divisi ini adalah Gnetum gnemon (melinjo).space space 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 03 Juni 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved