Roboguru

Pengamatan pada eksperimen menunjukkan nyala lampu untuk larutan NaOH adalah terang, sedangkan untuk larutan HCN nyala lampu redup. Apa artinya dari hasil eksperimen tersebut tentang NaOH dan HCN?

Pertanyaan

Pengamatan pada eksperimen menunjukkan nyala lampu untuk larutan NaOH adalah terang, sedangkan untuk larutan HCN nyala lampu redup. Apa artinya dari hasil eksperimen tersebut tentang NaOH dan HCN?space 

Pembahasan Soal:

Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik dikarenakan adanya ion-ion yang dapat bergerak bebas. Larutan elektrolit dibedakan menjadi larutan elektrolit kuat dan larutan elektrolit lemah. Pada uji daya hantar listrik, larutan elektrolit akan menghasilkan nyala lampu. Semakin terang nyala lampu yang dihasilkan maka semakin kuat larutan elektrolit tersebut. 

Berdasarkan eksperimen, larutan NaOH menghasilkan nyala lampu terang sehingga NaOH merupakan elektrolit kuat. NaOH merupakan suatu basa kuat yang dalam larutannya akan terionisasi sempurna menghasilkan ion-ion. Karena ion yang dihasilkan banyak, maka daya hantar listriknya kuat sehingga termasuk ke dalam larutan elektrolit kuat. Sedangkan, larutan HCN menghasilkan nyala lampunya redup, artinya larutan HCN tergolong larutan elektrolit lemah. HCN merupakan suatu asam lemah yang dalam larutannya akan terionisasi sebagian. Karena jumlah ion yang dihasilkan sedikit, maka daya hantar listriknya lemah sehingga termasuk ke dalam larutan elektrolit lemah.

Jadi, arti dari eksperimen tersebut adalah larutan NaOH termasuk larutan elektrolit kuat, sedangkan larutan HCN termasuk larutan elektrolit lemah.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 02 Juni 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved