Roboguru

Peneliti dari Universitas Trisakti melakukan penelitian kualitas air di Sungai Ciliwung menggunakan parameter BOD. Penelitian tersebut dilakukan di beberapa titik sampling. Berikut lima sampel yang diambil oleh peneliti dari titik sampling yang telah ditentukan: Keterangan: Potensi sumber pencemaran: Titik sampling 1: rumah ibadah, pertokoan, dan permukiman. Titik sampling 6: LAPAS, peternakan, dan permukiman. Titik sampling 7: permukiman dan tempat wisata. Titik sampling 11: permukiman, apartemen, rumah makan, dan rumah sakit. Titik sampling 12: permukiman, pertokoan, perhotelan, dan rumah makan. Apabila nilai BOD seperti data tersebut terus berlangsung selama lima tahun ke depan, apa yang akan terjadi pada setiap titik sampling?

Pertanyaan

Peneliti dari Universitas Trisakti melakukan penelitian kualitas air di Sungai Ciliwung menggunakan parameter BOD. Penelitian tersebut dilakukan di beberapa titik sampling. Berikut lima sampel yang diambil oleh peneliti dari titik sampling yang telah ditentukan:

Keterangan:

Potensi sumber pencemaran:

  • Titik sampling 1: rumah ibadah, pertokoan, dan permukiman.
  • Titik sampling 6: LAPAS, peternakan, dan permukiman.
  • Titik sampling 7: permukiman dan tempat wisata.
  • Titik sampling 11: permukiman, apartemen, rumah makan, dan rumah sakit.
  • Titik sampling 12: permukiman, pertokoan, perhotelan, dan rumah makan.

Apabila nilai BOD seperti data tersebut terus berlangsung selama lima tahun ke depan, apa yang akan terjadi pada setiap titik sampling?space 

Pembahasan Soal:

Pencemaran air adalah masuknya makhluk hidup atau zat lain ke dalam air yang menyebabkan kualitas air menurun ke tingkat tertentu sehingga tidak dapat berfungsi sesuai peruntukannya. Untuk menentukan air sudah tercemar atau belum, dapat dilakukan pengujian terhadap tiga parameter, yaitu parameter fisik, kimia dan biologi.

Salah satu parameter kimia adalah nilai BOD. BOD (Biochemical Oxygen Demand) adalah ukuran kandungan oksigen terlarut yang diperlukan oleh mikroorganisme untuk menguraikan bahan organik di dalam air. Semakin tinggi nilai BOD maka semakin banyak mikrobanya dan membuat nilai DO turun (Dissolved Oxygen, yaitu kandungan oksigen terlarut dalam air). Semakin tinggi nilai BOD maka akan semakin rendah kualitas air.

Berdasarkan data yang tertera pada tabel, apabila nilai BOD seperti data tersebut terus berlangsung selama lima tahun ke depan, maka yang akan terjadi pada setiap titik sampling adalah sebagai berikut:

  • Nilai BOD titik sampling 1 menurun dari bulan sebelumnya, sehingga apabila kondisi ini berlangsung selama lima tahun kedepan, maka pada titik sampling 1 akan mengalami penurunan pencemaran air, dan kualitas air akan semakin baik.
  • Nilai BOD titik sampling 6 meningkat dari bulan sebelumnya, sehingga apabila kondisi ini berlangsung selama lima tahun kedepan, maka pada titik sampling 6 akan mengalami peningkatan pencemaran air, dan kualitas air akan semakin buruk.
  • Nilai BOD titik sampling 7 meningkat sangat signifikan dari bulan sebelumnya, sehingga apabila kondisi ini berlangsung selama lima tahun kedepan, maka pada titik sampling 7 akan mengalami peningkatan pencemaran air, dan kualitas air akan sangat buruk.
  • Nilai BOD titik sampling 11 meningkat sangat signifikan dari bulan sebelumnya, sehingga apabila kondisi ini berlangsung selama lima tahun kedepan, maka pada titik sampling 11 akan mengalami peningkatan pencemaran air, dan kualitas air akan sangat buruk.
  • Nilai BOD titik sampling 12 meningkat sangat signifikan dari bulan sebelumnya, sehingga apabila kondisi ini berlangsung selama lima tahun kedepan, maka pada titik sampling 12 akan mengalami peningkatan pencemaran air, dan kualitas air akan sangat buruk.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Fakhirah

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan pernyataan berikut!  DO merupakan jumlah oksigen terlarut yang diperlukan mikroorganisme dalam air untuk menguraikan bahan organik. Semakin besar nilai BOD, semakin tinggi tingkat pence...

1

Roboguru

Parameter untuk pengujian air secara kimia adalah . . . .

0

Roboguru

Indikator kimia berikut ini yang menunjukkan kebutuhan oksigen dalam suatu perairan adalah ….

0

Roboguru

Perhatikan grafik berikut! Grafik di atas menunjukkan konsentrasi DO dalam suatu perairan. Bagian yang mengalami pencemaran paling parah terletak di titik...

0

Roboguru

Parameter untuk pengujian air secara kimia adalah...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved