Roboguru

Penduduk Kerajaan Bali hidup teratur dengan sistem ....

Pertanyaan

Penduduk Kerajaan Bali hidup teratur dengan sistem ....

  1. berladang

  2. catur warna 

  3. bertani 

  4. berkebun

  5. tingkatan keluarga

Pembahasan Soal:

Kerajaan Bali berdiri di sekitar abad ke-8 hingga abad ke-14 dan berpusat di Pejeng atau Bedulu, Gianyar. Struktur kehidupan masyarakat yang berkembang dimasa Kerajaan Bali Kuno dilandaskan pada beberapa hal yaitu sistem kesenian, sistem kasta (Caturwarna), sistem hak waris, dan agama dan kepercayaan. Sistem kesenian, kesenian yang telah berkembang di wilayah kerajaan masyarakat Bali kuno telah dibedakan atas sistem kesenian keraton serta sistem kesenian rakyat. Sistem kasta (Caturwarna), sama halnya dengan kebudayaan Hindu yang ada di India, awalnya perkembangan agama Hindu di Kerajaan Bali sistem kehidupan masyarakatnya juga terbagi atas beberapa kasta. Namun sedikit berbeda, untuk masyarakat yang berada di luar kasta itu disebut sebagai budak atau njaba. Sistem hak waris pewaris dari harta benda dalam suatu keluarga dibedakan menjadi anak laki-laki dan anak perempuan. Dalam hal ini, anak laku-laki menerima warisan lebih banyak daripada anak perempuan. Agama dan kepercayaan, seperti yang telah kita ketahui, masyarakat kerajaan bali sangat terbuka dalam hal menerima pengaruh dari luar, namun meski begitu mereka tetap mempertahankan tradisi kepercayaan nenek moyang mereka. Oleh sebab itu, di Bali juga terdapat beberapa penganut seperti penganut agama Hindu, Buddha, serta kepercayaan animisme.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Prasasti pertama yang berkaitan erat dengan kerajaan Hindu ditemukan pertama kali di…

Pembahasan Soal:

Kerajaan Kutai adalah kerajaan yang bercorak Hindu pertama di Nusantara yang terletak di  tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Hal ini dibuktikan dengan penemuan Prasasti Yupa yang berupa sebuah tugu peringatan. Yupa adalah bangunan tugu tersebut didirikan sebagai tanda adanya suatu peristiwa penting, misalnya upacara korban sedekah. Terdapat tujuh buah Yupa yang ditemukan di daerah tersebut. alam prasasti juga menyebutkan silsilah raja-raja Kutai. Dalam prasasti Yupa terdapat tulisan dengan huruf Pallawa dan bahasa Sanskerta. Berdasarkan bentuk hurufnya para ahli yakin bahwa yupa dibuat sekitar abad ke-4 M sehingga menjadi bukti tertua dari masuknya agama Hindu ke Indonesia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

4

Roboguru

Mengapa Kerajaan Sriwijaya disebut sebagai kerajaan maritim?

Pembahasan Soal:

Kerajaan maritim adalah sebutan untuk kerajaan yang terletak di wilayah pesisir pantai dan masyarakatnya menjalankan kegiatan yang berkaitan dengan laut, perikanan, perdagangan dan pelayaran. Kerajaan Sriwijaya disebut sebagai kerajaan maritim karena didukung oleh berbagai bukti yang ada, yaitu letak Kerajaan Sriwijaya yang terletak di wilayah tepi Sungai Musi sebagai sungai terpanjang di Indonesia sehingga dekat dengan air dan transportasi perairan, sudah mengenal teknologi pembuatan perahu, mengandalkan perdagangan antar pulau bahkan antar negara dalam perekonomian, hal ini dibuktikan dengan dikuasainya Selat Malaka dan Selat Sunda, serta memiliki angkatan laut yang kuat sehingga dengan kekuatan mereka, lokasi-lokasi perdagangan strategis berhasil ditaklukan.

Dengan demikian alasan mengapa Kerajaan Sriwijaya disebut sebagai kerajaan maritim karena letak geografisnya yang strategis serta potensi-potensi yang dimiliki oleh Kerajaan Sriwijaya dalam hal perairan dan kelautan, dibuktikan dengan sudah mengenal teknologi pembuatan perahu dan memiliki angkatan laut yang kuat.

2

Roboguru

Prasasti kebun kopi berasal dari...

Pembahasan Soal:

Prasasti Kebon Kopi atau Prasasti Tapak Gajah, merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Tarumanegara. Prasasti ini menampilkan ukiran tapak kaki gajah, yang merupakan tunggangan raja Purnawarman, yang disamakan dengan gajah Airawata, wahana Dewa Indra.

Dengan demikian Prasasti Kebun Kopi berasal dari Kerajaan Tarumanegara. 

0

Roboguru

Salah seorang keturunan raja Bali yang memerintah sebagai raja di kerajaan Mataram Jawa Timur adalah ....

Pembahasan Soal:

Diketahui bahwa terdapat tiga wangsa yang pernah memerintah di kerajaan Mataram, yakni wangsa Sanjaya, wangsa Syailendra dan wangsa Isyana. Pada masa pemerintahan wangsa Isyana, setelah wafatnya Mpu Sindok (929-947) kekuasaan diturunkan kepada anak perempuannya yakni Sri Isanatunggawijaya yang bersuamikan raja Lokapala. Dari pernikahan antara Sri Isanatunggawijaya dengan raja Lokapala ini lahirlah anak laki-laki yakni Makutawangsawardana. Makutawangsawardana diketahui memiliki seorang anak perempuan bernama Mahendradatta atau Gunapriyadharmapatni. Mahendradatta kemudian menikah dengan raja Udayana dari keluarga Warmadewa yang memerintah di Bali. Mahendratta dan Udayana memiliki dua orang anak, anak pertama bernama Airlangga dan anak Kedua bernama Anak Wungsu. Airlangga menggantikan Dharmawangsa memerintah di kerajaan Mataram Jawa Timur, sedangkan adiknya anak wungsu memerintah di Bali dengan nama resmi Sri Dharmawangsawardhana Marakatapangkajasthanottunggadewa.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Slogan Bhinneka Tunggal Ika Tan Hanna Dharmawangrwa menjadi slogan Republik Indonesia, terdapat pada kitab….

Pembahasan Soal:

Frasa Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi moto atau semboyan Indonesia berasal dari masa Majapahit, tepatnya dari kakawin Sutasoma karangan Mpu Tantular. Frasa ini berasal dari bahasa Jawa Kuno dan seringkali diterjemahkan dengan kalimat berbeda-beda tetapi tetap satu. Kakawin ini istimewa karena mengajarkan toleransi antara umat Hindu Siwa dan umat Buddha. Kutipan ini berasal dari pupuh 139, bait 5.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved