Roboguru

Penduduk desa terkonsentrasi pada lahan-lahan yang subur. Konsep geografi yang digunakan dalam mengkaji fenomena tersebut adalah.....

Pertanyaan

Penduduk desa terkonsentrasi pada lahan-lahan yang subur. Konsep geografi yang digunakan dalam mengkaji fenomena tersebut adalah.....space 

  1. Jarakspace 

  2. Polaspace 

  3. Aglomerasispace 

  4. Nilai Kegunaanspace 

  5. Interelasispace 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Terdapat 10 konsep esensial dalam geografi, di antaranya lokasi, jarak, keterjangkauan, pola, morfologi, aglomerasi, nilai kegunaan, interaksi dan interdependensi,diferensiasi area serta keterkaitan keruangan.Pada soal pernyataan mengenai penduduk desa terkonsentrasi pada lahan-lahan yang subur merupakan fenomena yang dibahas menggunakan konsep  aglomerasi karena berkaitan dengan pemusatan atau pengelompokkan suatu fenomena di permukaan bumi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Di wilayah perkotaan terdapat penggunaan lahan secara khusus seperti pusat perdagangan, kawasan industri, pemukiman kelas elit, kawasan kumuh, dan kawasan hijau. Konsep geografi yang berkaitan dengan ...

Pembahasan Soal:

Ada 10 konsep geografi yang harus kita ketahui, namun dalam jawaban soal hanya ada lima. Berikut pembahasan masing-masing dari kelima konsep tersebut:

  1. Konsep lokasi, adalah konsep yang membahas mengenai suatu lokasi yang ada di permukaan bumi. Contoh : Tsunami yang terjadi pada tahun 2004 terjadi di Nangroe Aceh Darusalam.
  2. Konsep morfologi, adalah konsep yang membahas mengenai keadaan fisik suatu wilayah baik ketinggian, ataupun bentang alam yang terlihat. Contoh : Bogor adalah daerah dataran tinggi.
  3. Konsep aglomerasi, adalah konsep yang membahas mengenai pengelompokan suatu kawasan yang ada di permukaan bumi. Contohnya : Kawasan Industri Pulogadung memiliki beberapa industri yang bergerak di bidang konveksi.
  4. Konsep pola, adalah konsep yang membahas mengenai suatu pola keruangan suatu wilayah. Contoh : Jakarta dengaan segala fasilitasnya, pola persebaran penduduknya menjadi memusat disuatu tempat.
  5. Konsep jarak, adalah konsep yang membahas mengenai jarak suatu wilayah, dari wilayah A ke wilayah B. Contoh : Pak Edy berangkat ke Jakarta dengan menggunakan mobil dari Bandung yang berjarak 100 km.

Oleh karena itu pada nomor 1 jawaban yang tepat adalah konsep aglomerasi, ilustrasi pada soal menjelaskan pengelempokan suatu wilayah yang berbeda-beda, seperti kawasan industri, permukiman kelas elit, kawasan kumuh, dan kawasan hijau. Jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban C.

Roboguru

Pembagian wilayah kota menjadi kawasan perdagangan, perindustrian, dan permukiman dalam perkotaan. Penentuan kawasan tersebut di setiap kota berbeda-beda satu sama lainnya. Penentuan kawasan disesuaik...

Pembahasan Soal:

Konsep aglomerasi adalah konsep yang berkaitan dengan pemusatan aktivitas pada wilayah tertentu. Misalnya pengelompokkan kawasan industri yang dipisahkan dari daerah pemukiman. Pernyataan pada soal menunjukkan adanya pemusatan berupa kawasan tertentu sehingga konsep yang tepat adalah konsep aglomerasi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Penduduk dunia cenderung menempati wilayah-wilayah yang banyak memiliki cadangan air dengan topografi yang datar. Dalam geografi, fenomena tersebut sesuai dengan salah satu konsep esensialnya, yaitu.....

Pembahasan Soal:

Terdapat sepuluh konsep esensial dalam geografi di antaranya lokasi, jarak, keterjangkauan, pola, morfologi, aglomerasi, nilai kegunaan, interaksi dan interdependensi, diferensiasi area serta keterkaitan keruangan. Penduduk dunia cenderung menempati wilayah-wilayah yang banyak memiliki cadangan air dengan topografi yang datar. Dalam geografi, fenomena tersebut sesuai dengan salah satu konsep esensialnya, yaitu konsep aglomerasi karena menjelaskan pengelompokan suatu fenomena di suatu daerah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Di wilayah perkotaan terdapat penggunaan lahan secara khusus seperti pusat perdagangan, kawasan industri, pemukiman kelas elit, kawasan kumuh, dan kawasan hijau. Konsep geografi yang berkaitan dengan...

Pembahasan Soal:

Aglomerasi berkaitan dengan pengelompokan suatu gejala geosfer dengan karakteristik tertentu. Dalam soal disebutkan bahwa di wilayah perkotaan terdapat penggunaan lahan secara khusus seperti pusat perdagangan, kawasan industri, permukiman elit, kawasan kumuh dan kawasan hijau. Penggunaan lahan dengan karakteristik dan membentuk kawasan-kawasan itulah yang disebut aglomerasi. Jawaban yang tepat adalah C. konsep aglomerasi.

Konsep pola bukan merupakan jawaban yang tepat karena dalam soal tidak dibahas satu pola objek. Konsep morfologi tidak menjadi jawaban yang tepat karena dalam soal tidak disebutkan mengenai bentukan lahan atau geomorfologi tertentu. Konsep lokasi dan jarak juga bukan merupakan jawaban yang tepat karena dalam soal tidak disebutkan secara spesifik lokasi objek dan jarak antar objek.

Roboguru

Berikut ini contoh yang tepat dari konsep aglomerasi adalah ...

Pembahasan Soal:

Aglomerasi adalah konsep yang mengkaji tentang pengelompokan objek-objek sejenis pada suatu wilayah di permukaan bumi. Contoh dari konsep aglomerasi adalah keberadaan Kampung Cina ataupun Kampung Arab di Jakarta yang mayoritas penduduknya merupakan orang beretnis Tionghoa atau Arab yang tinggal secara berkelompok di sana. Jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved