Roboguru

Pertanyaan

Penduduk biasanya berkumpul pada wilayah dengan cadangan air tanah yang banyak. Biasanya, mereka membangun sumur untuk memanfaatkan air tanah dalam kehidupan sehari-hari. Air tanah yang digunakan oleh penduduk ini biasanya berasal dari air tanah freatik karena ….

  1. airnya lebih jernih

  2. kekuatan airnya tinggi

  3. lebih mudah didapatkan

  4. tekanan hidroliknya tinggi

  5. airnya jauh dari kontaminasi

D. Wiratama

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan

Penduduk biasanya memanfaatkan air tanah untuk kehidupan sehari-harinya, seperti mandi dan mencuci. Air tanah yang digunakan biasanya berasal dari akuifer tidak tertekan atau air tanah freatik. Air tanah freatik terletak di antara lapisan tanah tidak kedap air (permeable) dan lapisan tanah kedap air (impermeable). Air yang berada pada akuifer ini berasal dari hasil infiltrasi air pada lapisan tanah tidak kedap air dan akan berhenti ketika sudah dibatasi oleh lapisan kedap air. Air pada lapisan ini tidaklah sejernih air yang berada di akuifer tertekan (air tanah artesis). Kekuatan airnya pun tidak sebesar air tanah artesis. Tetapi, penduduk lebih banyak menggunakan air tanah freatik untuk kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan lokasi air tanah freatik lebih dangkal dan dekat dengan permukaan bumi dibandingkan lokasi akuifer air tanah artesis sehingga lebih mudah didapatkan dan digunakan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

39

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Unsur di muka bumi yang dapat ditemukan melalui tiga wujud (cair, gas, dan padat) dan proses perubahannya bisa secara alami adalah ….

54

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia