Roboguru

Pendapatan nasional dapat diartikan jumlah seluruh pengeluaran masyarakat dan pemerintah suatu negara yang digunakan untuk membayar pajak, membeli barang dan/atau jasa, serta investasi selama satu tahun jika dihitung dengan satuan nilai mata uang. Pernyataan tersebut menunjukkan pengertian pendapatan nasional menurut pendekatan . . . .

Pertanyaan

Pendapatan nasional dapat diartikan jumlah seluruh pengeluaran masyarakat dan pemerintah suatu negara yang digunakan untuk membayar pajak, membeli barang dan/atau jasa, serta investasi selama satu tahun jika dihitung dengan satuan nilai mata uang. Pernyataan tersebut menunjukkan pengertian pendapatan nasional menurut pendekatan . . . .undefined 

  1. produksiundefined 

  2. distribusiundefined 

  3. konsumsiundefined 

  4. penerimaanundefined 

  5. pengeluaranundefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pendapatan nasional dengan pendekatan pengeluaran adalah  penjumlahan dari semua pengeluaran yang dilakukan oleh semua pelaku ekonomi (rumah tangga, perusahaan, pemerintah, dan masyarakat luar negeri) di suatu negara selama satu tahun. Pengeluaran yang dilakukan oleh para pelaku ekonomi dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Rumah Tangga (Konsumsi / C)
    Konsumsi yang dilakukan rumah tangga dalam bentuk pembelian barang dan jasa untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga seperti membeli beras, lauk pauk, listrik, dll.
  2. Pemerintah (G)
    Pengeluaran Pemerintah dilakukan dalam rangka melayani kepentingan masyarakat. Ada dua macam pengeluaran pemerintah. Pertama, pengeluaran untuk konsumsi perlengkapan dan peralatan kantor, membayar gaji pegawai. Kedua, pengeluaran untuk investasi seperti membangun jembatan, waduk, pembangkit listrik dan jalan.
  3. Investasi (I)
    Investasi dilakukan dalam bentuk pembelian Modal Tetap dan pembelian persediaan (stok). Contoh modal tetap antara lain gedung dan mesin. Sedangkan contoh persediaan adalah bahan baku, barang proses, barang jadi.
  4. Ekspor (X)
    Ekspor adalah mengirim atau menjual barang dan jasa yang diproduksi di dalam negeri ke luar negeri. Dengan demikian, nilainya perlu diperhitungkan ke dalam pendapatan nasional.
  5. Impor (M)
    Impor adalah mendatangkan atau membeli barang dan jasa yang diproduksi negara lain, sehingga nilainya tidak perlu diperhitungkan dalam pendapatan nasional. Dengan demikian, dalam perhitungan pendapatan nasional, impor dihitung sebagai pengurang ekspor.

Dari pernyataan diatas, didapat kesimpulan yaitu pendapatan nasional menurut pendekatan pengeluaran memperhitungkan seluruh pengeluaran yang dilakukan di periode berjalan, sehingga didapat rumus :

          begin mathsize 14px style straight Y space equals space straight C space plus space straight I space plus space straight G space plus space left parenthesis straight X minus straight M right parenthesis end style 


Jadi, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Fany

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Beberapa komponen-komponen pendapatan nasional: Pembelian brang elektronik ekspor dari negara Jepang Menerima sewa toko dari perusahaan Nirmala Belanja kebutuhan rumah tangga di pasar inpres Per...

0

Roboguru

Metode perhitungan pendapatan nasional terdiri atas:

0

Roboguru

Diketahui data berikut: Maka, besarnya pendapatan nasional jika dihitung dengan pendekatan pengeluaran ialah ....

0

Roboguru

Berikut ini komponen-komponen pendapatan nasional: (1) Konsumsi masyarakat (2) Investasi yang dilakukan badan usaha (3) Pembiayaan yang dilakukan pemerintah (4) Sewa yang diterima pemilik tanah (...

0

Roboguru

Diketahui data sebagai berikut. Hitunglah besarnya pendapatan nasional dengan metode pendapatan dan pengeluaran!

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved