Iklan

Iklan

Pertanyaan

Pendangkalan sungai yang terjadi di sekitar Yogyakarta akibat banjir lahar dingin dari letusan Gunung Merapi. Pendekatan geografi untuk mengkaji hal tersebut adalah …

Pendangkalan sungai yang terjadi di sekitar Yogyakarta akibat banjir lahar dingin dari letusan Gunung Merapi.

Pendekatan geografi untuk mengkaji hal tersebut adalah …

  1.  pendekatan korologi

  2. pendekatan deskripsi

  3. pendekatan ekologi

  4. pendekatan keruangan

  5.  pendekatan kompleks wilayah

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pendekatan keruangan, pada soal hanya dijelaskan terjadinya banjir lahar dingin dari letusan Gunung Merapi di Yogyakarta, hal itu termasuk fenomena alam karena tanpa ada campur tangan manusia.

jawaban yang tepat adalah pendekatan keruangan, pada soal hanya dijelaskan terjadinya banjir lahar dingin dari letusan Gunung Merapi di Yogyakarta, hal itu termasuk fenomena alam karena tanpa ada campur tangan manusia.

Iklan

Pembahasan

Ada tiga pendekatan Geografi yang kita harus ketahui. Masing-masing prinsip memiliki kata kunci Oleh karena itu dalam penentuannya tidak ada kesalahan, berikut pengertiannya masing-masing: Pendekatan ekologi, adalah pendekatan yang sangat menyoroti fenomena alam yang terjadi disebabkan oleh adanya kegiatan manusia. Contohnya: Di Jakarta terjadi kemacetan yang disebabkan karena luapan jumlah pemakai kendaraan bermotor. Pendekatan keruangan , adalah pendekatan yang sangat menyoroti fenomena alam yang terjadi tanpa adanya kegiatan manusia . Contohnya: Gempa yang terjadi di Banten pada pertengahan tahun kemarin disebabkan karena adanya pergerakan lempeng didalam laut, kedalaman gempanya sampai 10 km. Pendekatan kompleks Wilayah , adalah cara untuk menyelesaikan permasalahan geosfer. Contohnya : Erosi yang terjadi didaerah garut memakan korban jiwa, disebutkan permasalahan tersebut disebabkan karena curah hujan yang terus menerus mengguyur daerah garut, pemerintah setempat sudah menyelesaikan permasalahan tersebut dengan membuat tenda-tenda evakuasi untuk korban yang tertimpa hasil Erosi. Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah pendekatan keruangan, pada soal hanya dijelaskan terjadinya banjir lahar dingin dari letusan Gunung Merapi di Yogyakarta, hal itu termasuk fenomena alam karena tanpa ada campur tangan manusia.

Ada tiga pendekatan Geografi yang kita harus ketahui. Masing-masing prinsip memiliki kata kunci Oleh karena itu dalam penentuannya tidak ada kesalahan, berikut pengertiannya masing-masing:

  • Pendekatan ekologi, adalah pendekatan yang sangat menyoroti fenomena alam yang terjadi disebabkan oleh adanya kegiatan manusia. Contohnya: Di Jakarta terjadi kemacetan yang disebabkan karena luapan jumlah pemakai kendaraan bermotor.
  • Pendekatan keruangan, adalah pendekatan yang sangat menyoroti fenomena alam yang terjadi tanpa adanya kegiatan manusia. Contohnya: Gempa yang terjadi di Banten pada pertengahan tahun kemarin disebabkan karena adanya pergerakan lempeng didalam laut, kedalaman gempanya sampai 10 km.
  • Pendekatan kompleks Wilayah, adalah cara untuk menyelesaikan permasalahan geosfer. Contohnya : Erosi yang terjadi didaerah garut memakan korban jiwa, disebutkan permasalahan tersebut disebabkan karena curah hujan yang terus menerus mengguyur daerah garut, pemerintah setempat sudah menyelesaikan permasalahan tersebut dengan membuat tenda-tenda evakuasi untuk korban yang tertimpa hasil Erosi.

Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah pendekatan keruangan, pada soal hanya dijelaskan terjadinya banjir lahar dingin dari letusan Gunung Merapi di Yogyakarta, hal itu termasuk fenomena alam karena tanpa ada campur tangan manusia.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

50

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan yang dimaksud dengan pendekatan keruangan dalam analisis studi geografi!

2

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia