Roboguru

Pemilu di era pemerintahan Soeharto tersebut antara lain memiliki ciri yaitu?

Pertanyaan

Pemilu di era pemerintahan Soeharto tersebut antara lain memiliki ciri yaitu?

Pembahasan Soal:

Pemilu pada masa pemerintahan Soeharto (masa Orde Baru) dilakukan setiap 5 tahun sekali. Selama masa Orde Baru pemerintah berhasil melaksanakan enam kali pemilihan umum, yaitu tahun 1971, 1977, 1982, 1987, 1992, dan 1997. Dalam setiap Pemilu yang diselenggarakan selama masa pemerintahan Orde Baru, Golkar selalu memenangkan PemiluPemilu 1971 yang dilaksanakan dengan asas langsung, umum, bebas, dan rahasia (LUBER). Desain Pemilu pada masa Orde Baru ini memiliki ciri:

  1. menetapkan Menteri Dalam Negeri sebagai ketua Lembaga Penyelenggara Pemilihan Umum agar dapat mengatur kemenangan Golkar.
  2. melarang pegawai negeri menjadi anggota partai politik, tetapi diwajibkan masuk dan memenangkan Golkar.

Demi mengukuhkan Golkar dari tingkat nasional sampai provinsi dan kabupaten/kota, Orde Baru menolak gagasan memisahkan pemilu nasional dengan pemilu daerah. Sebaliknya, menyatukan pemilu nasional, provinsi, dan kabupaten dalam satu hari H pemilihan, yang kemudian dikenal dengan pemilu legislatif.

Dengan demikian, ciri Pemilu pada masa pemerintahan Soeharto adalah: menetapkan Menteri Dalam Negeri sebagai ketua Lembaga Penyelenggara Pemilihan Umum agar dapat mengatur kemenangan Golkar, melarang pegawai negeri menjadi anggota partai politik, tetapi diwajibkan masuk dan memenangkan Golkar, asas pemilunya adalah langsung, umum, bebas, dan rahasia (LUBER).space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 12 April 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved