Roboguru

Pemerintah membagi pendapatan yang diterima ke pos-pos pengeluaran yang telah ditetapkan dalam APBN merupakan fungsi....

Pertanyaan

Pemerintah membagi pendapatan yang diterima ke pos-pos pengeluaran yang telah ditetapkan dalam APBN merupakan fungsi.... space

Pembahasan Soal:

APBN adalah suatu daftar yang memuat rincian pengeluaran dan penerimaan negara dalam periode tahun tertentu. APBN memiliki beberapa fungsi antara lain:

  • Fungsi alokasi yaitu APBN berfungsi membiayai pengeluaran pemerintah dan APBN dibagi-bagi dalam pos-pos tertentu.
  • Fungsi stabilisasi yaitu APBN digunakan untuk mengatasi masalah perekonomian dan mencapai kestabilan ekonomi serta mencegah krisis ekonomi.
  • Fungsi perencanaan yaitu APBN dapat digunakan sebagai acuan bagi pemerintah untuk melaksanakan pembangunan.
  • Fungsi distribusi yaitu APBN digunakan untuk pemerataan pendapatan.
  • Fungsi pengawasan yaitu APBN berfungsi untuk mencegah terjadinya penyelewengan dana oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab.

Dengan demikian, pemerintah membagi pendapatan yang diterima ke pos-pos pengeluaran yang telah ditetapkan dalam APBN merupakan fungsi alokasi. space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Setiawan

Mahasiswa/Alumni UIN Sumatera Utara

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini fungsi dan tujuan APBN: (1) Alat menyetabilkan perekonomian negara (2) Pedoman pendapatan dan belanja negara (3) Menentukan alokasi pengeluaran negara (4) Bahan masukan pemerintah untu...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan UU No. 17 Tahun 2003 Pasal 3 ayat (4), fungsi APBN dan APBD yaitu:

  1. Fungsi Otorisasi : APBN dan APBD berfungsi sebagai dasar bagi negara/daerah untuk melaksanakan pendapatan dan pengeluaran pada tahun yang bersangkutan.
  2. Fungsi Perencanaan : sebagai pedoman bagi negara/daerah untuk merencanakan kegiatan pada tahun tersebut.
  3. Fungsi Pengawasan : pedoman untuk menilai kegiatan penyelenggaraan pemerintah negara/daerah.
  4. Fungsi Alokasi : Dalam APBN/APBD, ditentukan besar anggaran pengeluaran di setiap bidang. Dengan demikian, melalui APBN/APBD, dapat diketahui besar alokasi penempatan dana yang diperlukan untuk setiap sektor pembangunan, departemen, atau lembaga.
  5. Fungsi Distribusi : pendapatan negara/daerah yang dihimpun dari berbagai sumber penerimaan akan digunakan kembali untuk membiayai pengeluaran negara/daerah di berbagai sektor pembangunan dan departemen.
  6. Fungsi Stabilisasi : APBN dan APBD adalah pedoman agar segala tindakan penerimaan dan pengeluaran keuangan negara/daerah dapat teratur dan terkendali agar dapat menjaga kestabilan arus uang dan arus barang sehingga dapat mencegah terjadinya inflasi yang tinggi.

0

Roboguru

Berikut ini merupakan fungsi dan tujuan APBN sebagai berikut: (1) Membangun sarana umum di daerah (2) Sebagai pedoman pendapatan dan belanja negara (3) Meningkatkan prdouksi barang dan/atau jasa (4) M...

Pembahasan Soal:

  • Untuk nomor 2 merupakan fungsi APBN terkait fungsi regulasi;
  • Untuk nomor 4 merupakan fungsi APBN yaitu sebagai fungsi perekonomian; dan
  • Untuk nomor 5 merupakan fungsi APBN sebagai fungsi alokasi;

Sehingga jawaban yang benar adalah nomor 2, 4, dan 5.

0

Roboguru

Pemerintah menetapkan anggaran pelatihan kewirausahaan bagi masyarakat agar memiliki keterampilan tertentu sehingga dapat mengurangi pengangguran. Pernyataan tersebut menunjukkan posisi APBN berkaitan...

Pembahasan Soal:

APBN adalah rincian daftar yang dibuat secara sistematis berisi rencana penerimaan dan pengeluaran negara selama satu tahun anggaran (1 Januari-31 Desember). APBN memiliki 6 fungsi diantaranya fungsi otorisasi, fungsi perencanaan, fungsi pengawasan, fungsi alokasi, fungsi distribusi, dan fungsi stabilisasi.

Fungsi Alokasi artinya anggaran diarahkan untuk mengurangi pengangguran dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas perekonomian. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A. undefined

0

Roboguru

APBN harus menjadi dasar untuk menentukan kegiatan apa yang akan dilakukan. Hal ini merupakan fungsi APBN sebagai ....

Pembahasan Soal:

APBN disusun dengan tujuan sebagai pedoman belanja dan pendapatan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan oleh negara. Fungsi Otorisasi: anggaran negara menjadi dasar pelaksanaan pendapatan dan belanja setiap tahun anggaran agar pendapatan dan pembelanjaan dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.  

0

Roboguru

Kebijakan anggaran defisit, surplus, dan seimbang merupakan kebijakan APBN dalam bidang ....

Pembahasan Soal:

Terdapat enam fungsi pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), yaitu:

  1. Fungsi otorisasi, anggaran negara menjadi dasar untuk melaksanakan pendapatan dan belanja pada tahun yang bersangkutan.
  2. Fungsi perencanaan, anggaran negara menjadi pedoman bagi manajemen dalam merencanakan kegiatan pada tahun yang bersangkutan.
  3. Fungsi pengawasan, anggaran negara menjadi pedoman untuk menilai apakah kegiatan penyelenggaraan pemerintahan negara sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.
  4. Fungsi alokasi, anggaran negara harus diarahkan untuk mengurangi pengangguran dan pemborosan sumber daya, serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas perekonomian.
  5. Fungsi distribusi, anggaran negara harus memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan, atau dengan kata lain Fungsi distribusi, yaitu APBN dapat 
    menunjukkan pembagian dana pada berbagai sector.
  6. Fungsi stabilisasi, anggaran pemerintah menjadi alat untuk memelihara dan mengupayakan keseimbangan fundamental perekonomian.

Kebijakan postur anggaran defisit, surplus, dan seimbang merupakan bentukdari fungsi stabilisasi karena pengeluaran dan pendapatan pemerintah sebagai penstabil perekonomian nasional. 

Jadi, jawaban yang sesuai adalah A.space  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved