Roboguru

Pembuatan gas oksigen di laboratorium dapat dilakukan dengan cara...

Pertanyaan

Pembuatan gas oksigen di laboratorium dapat dilakukan dengan cara...

  1. pemanasan KClO3 dengan katalis MnO2 

  2. pembakaran gas CO

  3. penguraian gas NO2 

  4. pemanasan KNO3 dengan katalis Fe

  5. elektrolisis larutan NaOH

Pembahasan Soal:

Dalam lab oksigen dapat dibuat dengan cara pemanasan KClO3 dengan katalis MnO2 sehingga dihasilkannya oksigen hasil pelepasan dari KClO3 dibantuk dengan katalis agar proses pelepasan oksigen dapat berlangsung cepat.

Oleh karena itu, dalam laboratorium oskigen dapat dibuat dengan pemanasan KClO3 dengan katalis MnO2.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Muhammad

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusunberurutan. Nitrogen dan oksigen didapatkan dari udara dengan cara distilasi udaracair. SEBAB Oksigen akan menguap t...

Pembahasan Soal:

Pada skala industri, gas nitrogen diambil dari udara melalui distilasi (penyulingan) udara cair. Mula-mula, udara dibersihkan dari debu dan partikel padat lainnya. Udara yang sudah bebas debu dialirkan melalui K O H atau Na O H untuk dihilangkan gas C O subscript 2 dan uap air di dalamnya. Selain itu, untuk mengikat uap air, udara juga dapat dialirkan melalui kristal Ca Cl subscript 2. Udara kering yang bebas dari gas C O subscript 2 dimampatkan dalam ruangan menggunakan kompresor dengan tekanan 200 space atm point Sambil didinginkan, udara dilepas dalam ruang yang bertekanan 20 space atm sehingga udara akan mencair. (Pernyataanspacebenar)

Udara cair kemudian dinaikkan suhunya secara bertahap sehingga akan menguap. Gas  nitrogen open parentheses N subscript 2 close parentheses akan menguap pada suhu sekitar negative sign 196 degree C comma kemudian dikompresi untuk dicairkan kembali menjadi nitrogen cair dan disimpan pada tabung Dewar. Pada suhu sekitar negative sign 183 degree C comma oksigen akan menguap. Uap tersebut kemudian dimasukkan ke dalam kompresor pendingin untuk dicairkan kembali dan disimpan sebagai oksigen cair. (Alasanspacesalah)

Jadi, jawaban yang benar adalahspaceC.

0

Roboguru

Unsur nonlogam berikut yang terdapat dalam keadaan bebas di alam adalah ....

Pembahasan Soal:

Pada umumnya unsur-unsur di alam terdapat dalam keadaan bebas, baik unsur logam maupun unsur nonlogam. Berikut beberapa unsur nonlogam yang di temukan bebas di alam yaitu:

  • Belerang sebagai unsur ditemukan di daerah pegunungan.
  • Oksigen banyak terdapat dipermukaan bumi dan ditemukan sebagai unsur.
  • Argon, oksigen, dan nitrogen berada sebagai komponen udara. 

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa unsur nonlogam yang ditemukan bebas di alam adalah belerang (S), argon (Ar), oksigen (O), dan nitrogen (N).

Jadi, jawaban yang benar adalah (A).

0

Roboguru

Jelaskan cara memperoleh oksigen dan nitrogen dari udara!

Pembahasan Soal:

Nitrogen dan oksigen merupakan unsur penting dalam kehidupan. Kedua unsur ini dapat diperoleh secara komersial dari udara dan bisa juga secara laboratorium.

Secara komersial nitrogen (N subscript 2) dan oksigen (O subscript 2) diperoleh dari udara dengan cara mengondensasikan udara menjadi bentuk cair, kemudian udara cair tersebut didistilasi fraksinasi.

Langkah-langkahnya yaitu :

  • Udara dilewatkan melalui larutan NaOH untuk menghilangkan karbondioksida.


2 space O H to the power of minus sign left parenthesis italic a italic q right parenthesis space plus space C O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses space rightwards arrow space C O subscript 3 to the power of 2 minus sign end exponent left parenthesis italic a italic q right parenthesis space plus space H subscript 2 O open parentheses italic l close parentheses
 

  • Oksigen dipindahkan dari uap air dengan cara didinginkan pada suhu plus-or-minus 25 space degree C. Kemudian udara ditekan dan didinginkan hingga suhu plus-or-minus 200 space degree C sehingga udara mencair.
  • Cairan dibiarkan mendidih dan gas-gas yang berbeda dipisahkan dalam kolom fraksinasi (titik didih nitrogen negative sign 195 comma 8 space degree C, argon negative sign 186 space degree C, dan oksigen negative sign 183 comma 1 space degree C). Titik didih N subscript 2 lebih rendah daripada O subscript 2 sehingga nitrogen akan terdistilasi terlebih dahulu daripada oksigen. Masing-masing gas dikumpulkan dan disimpan dalam bentuk cairan atau gas dalam silinder baja.space 

0

Roboguru

Pernyataan tentang oksigen berikut yang benar adalah ....  (1) Oksigen cair mempunyai warna biru langit. (2) Oksigen dapat larut dalam air dalam jumlah terbatas. (3) Oksigen dapat bereaksi dengan h...

Pembahasan Soal:

Oksigen merupakan salah satu unsur penting yang memiliki karakteristik tertentu. Oksigen merupakan unsur yang reaktif dan dapat bersenyawa dengan berbagai unsur. yang bersenyawa dengan unsur lain dikenal dengan nama oksida. Beberapa pernyataan tentang oksigen sebagai berikut.

(1) Oksigen cair atau sering disebut liquid oxygen berbentuk seperti larutan kental berwarna biru langit.

(2) Oksigen merupakan molekul nonpolar yang dapat larut dalam molekul polar seperti air. Perbedaan kepolaran tersebut menyebabkan jumlah oksigen yang larut dalam air sangat sedikit (jumlah terbatas).

(3) Senyawa oksida merupakan senyawa yang terbentuk dari reaksi antara unsur dengan oksigen. Senyawa oksida dapat berupa oksida asam (nonlogam + oksigen), oksida basa (logam + oksigen), dan sebagainya.

(4) Oksida indiferen merupakan oksida yang tidak dapat bereaksi dengan air dan tidak dapat membentuk asam maupun basa, misalnya CO dan NO.

Oleh karena itu, pernyataan tentang oksigen benar ditunjukkan oleh nomor (1), (2), dan (3).

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Molekul yang berperan dalam melindungi bumi dari paparan sinar ultraviolet adalah…

Pembahasan Soal:

Selain tersedia sebagai senyawa diatomik, unsur oksigen di alam juga terdapat bebas dalam bentuk triatomik, yaitu undefined atau ozon. Ozon merupakan gas berwarna biru yang memiliki peran penting dalam melindungi bumi dari paparan sinar ultraviolet yang berlebihan. Perlu diketahui bahwa lapisan ozon dapat rusak karena kehadiran gas NO, atau radikal bebas klorin yang berasal dari freon pada AC dan kulkas yang biasa kita gunakan sehari-hari. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved