Roboguru

Pembentukan Tatasurya bermula dari gumpalan awan g...

Pembentukan Tatasurya bermula dari gumpalan awan gas dan debu yang jumlahnya sangat banyak, mengalami pemadatan dan terjadi pilinan, serta tebal di bagian tengah. Teori itu disebut ....

  1. teori Nebula

  2. teori Bintang Kembar

  3. teori Planetesimal

  4. teori Pasang Surut

  5. teori Big-Bang

Jawaban:

Teori pembentukan tata surya yang terkenal ada lima sebagai berikut :

  1. Teori Nebula menyatakan bahwa tata surya terbentuk karena adanya kabut panas, yang kemudian berputar dan berpilin menjadi dingin setelah itu membeku dan membentuk planet-planet seperti saat ini.
  2. Teori Awan Debu menyatakan bahwa tata surya terbentuk karena adanya gas dan debu, lalu berubah bentuk menjadi planet-planet, pada teori ini juga pembentukan yang terjadi disebut cakram ditengahnya memiliki inti yang kuat yang akan menjadi pusatnya.
  3. Teori Planetesimal menyatakan bahwa tata surya terbentuk karena adanya Tarik menarik antara massa planet, kemudian dari Tarik menarik itu menghasilkan zat-zat yang terseret keluar sebagian ada yang masuk kedalam massa yang kuat, sedangkan yang lain tetap mengambang diangkasa dan menjadi planet-planet yang ada sekarang.
  4. Teori Pasang Surut menyatakan bahwa tata surya terbentuk karena adanya Tarik menarik antara massa planet, perbedaannya yang ditarik pada teori ini adalah gelombang pasang yang berupa gas panas matahari.
  5. Teori Bintang Kembar menyatakan bahwa tata surya terbentuk karena adanya dua bintang kembar yang sama besar, kemudian tiba-tiba ada bintang yang lebih besar melewati dua bintang kembar tersebut, hingga akhirnya salah satu bintang kembar terpecah, bagian dari pecahan tersebut yang akhirnya membentuk planet-planet.

Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah Nebula, jika melihat dari proses pembentukannya diawali dengan massa gas panas yang berputar perlahan-lahan kemudia mendingin dan membentuk planit. Jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban A.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved