Roboguru

Pertanyaan

Pembangunan suatu industri yang berdekatan dengan industri lain yang sejenis atau memiliki keterkaitan proses produksi berhubungan dengan konsep ... space 

  1. pola space 

  2. lokasi space 

  3. aksesibilitas space 

  4. aglomerasi space 

  5. interaksi dan interdependensi space 

F. Seftiani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D. space 

Pembahasan

Konsep dasar geografi terdiri atas ;

  • Konsep lokasi. Konsep lokasi adalah posisi suatu tempat, benda, peristiwa, atau gejala di permukaan bumi dalam hubungannya dengan tempat, benda, gejala, dan peristiwa lain. Terdapat dua macam lokasi yaitu lokasi absolut dan lokasi relatif. Lokasi absolut adalah posisi yang dinyatakan berdasarkan koordinat garis lintang dan garis bujur (letak astronomis), sementara lokasi relatif adalah posisi yang dinyatakan berdasarkan kondisi dan situasi terhadap daerah di sekitarnya.
  • Konsep jarak. Konsep jarak adalah ruang yang dapat menghubungkan antara dua objek dan dihitung dengan ukuran panjang maupun waktu. 
  • Konsep keterjangkauan. Konsep ini berhubungan dengan kemudahan akses menuju suatu tempat. 
  • Konsep pola. Konsep ini berkaitan dengan pola, susunan, bentuk, maupun persebaran fenomena di muka bumi. Misalnya, pemukiman penduduk cenderung membuat pola mengikuti kondisi suatu daerah yang ditempatinya. 
  • Konsep morfologi. Konsep morfologi berkaitan dengan bentuk muka bumi di suatu daerah.
  • Konsep aglomerasi. Konsep ini berhubungan dengan pengelompokan, disebabkan adanya persamaan kepentingan atau persamaan jenis.
  • Konsep nilai guna. Konsep ini berhubungan dengan nilai guna suatu wilayah maupun objek. Tiap wilayah mempunyai potensi yang bisa dikembangkan sehingga nilai kegunaannya optimal.
  • Konsep interaksi dan interdependesi. Konsep ini berkaitan dengan hubungan saling melengkapi dan saling membutuhkan antara wilayah atau objek yang ada di muka bumi.
  • Konsep diferensiasi area. Konsep ini menjelaskan bahwa setiap wilayah atau tempat memiliki karakteristik tertentu yang membedakan dengan wilayah lainnya. 
  • Konsep keterkaitan ruang. Konsep ini berkaitan dengan perbedaan potensi wilayah antara yang satu dan yang lain akan mengakibatkan atau mendorong terjadinya interaksi berupa pertukaran barang, manusia, ataupun budaya.

Berdasarkan penjelasan mengenai macam-macam konsep geografi tersebut, fenomena pembangunan industri sejenis yang berdekatan termasuk ke dalam konsep aglomerasi, karena terjadi pengelompokan pada lokasi pembangunan industri. 

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D. space 

20

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar di bawah ini! sumber: bbc.com Gambar ilustrasi di atas dapat dikaji melalui konsep ....

35

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia