Pertanyaan

Pembangunan berkelanjutan adalah ....

Pembangunan berkelanjutan adalah .... 

  1. pembangunan yang tidak memperhatikan kelestarian lingkunganundefined 

  2. pembangunan yang selalu memperhatikan kelestarian lingkungan hidupundefined 

  3. pembangunan yang lebih mengedepankan kemewahanundefined 

  4. pembangunan di bantaran sungaiundefined 

  5. pembangunan di daerah resapan airundefined 

I. Handayani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.  

Pembahasan

Pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang memenuhi kebutuhan sekarang dan tidak harus mengurangi kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan generasi selanjutnya . Dalam prosesnya, pembangunan ini mengoptimalkan sumber daya alam, sumber daya manusia, dan iptek dengan menserasikan ketiga komponen tersebut, sehingga bisa berkesinambungan.Pembangunan berkelanjutan merupakan terjemahan dari bahasa Inggris yakni sustainable development . Pembangunan berkelanjutan mempunyai tigatujuan utama yakni berkelanjutan ekologis yakni menjamin eksistensi sumber daya alam, berkelanjutan ekonomi yakni efisiensi ekonomi, dan bekelanjutan sosial yakni keanekaragaman budaya. Pembangunan berkelanjutan mempunyai empat prinsip yang paling utama, yaitu: Pemerataan dan keadilan sosial. Tidak terjadi ketimpangan sumber daya sekarang sampai masa mendatang seperti pemerataan distribusi lahan serta kesetaraan gender. Menghargai keanekaragaman . Menjaga keanekaragaman hayati serta tidak terjadi diskriminasi pada keanekaragaman budaya. Pendekatan integratif .Pembangunan harus memiliki pedoman di hubungan timbal balik antar manusia dan lingkungan. Perspektif jangka panjang . Melakukan perencanaan pengelolaan serta pemanfaatan sumber daya alam yang bisa dipakai jangka panjang. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang memenuhi kebutuhan sekarang dan tidak harus mengurangi kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan generasi selanjutnya. Dalam prosesnya, pembangunan ini mengoptimalkan sumber daya alam, sumber daya manusia, dan iptek dengan menserasikan ketiga komponen tersebut, sehingga bisa berkesinambungan. Pembangunan berkelanjutan merupakan terjemahan dari bahasa Inggris yakni sustainable developmentPembangunan berkelanjutan mempunyai tiga tujuan utama yakni berkelanjutan ekologis yakni menjamin eksistensi sumber daya alam, berkelanjutan ekonomi yakni efisiensi ekonomi, dan bekelanjutan sosial yakni keanekaragaman budaya.

Pembangunan berkelanjutan mempunyai empat prinsip yang paling utama, yaitu:

  1. Pemerataan dan keadilan sosial. Tidak terjadi ketimpangan sumber daya sekarang sampai masa mendatang seperti pemerataan distribusi lahan serta kesetaraan gender.
  2. Menghargai keanekaragaman. Menjaga keanekaragaman hayati serta tidak terjadi diskriminasi pada keanekaragaman budaya.
  3. Pendekatan integratif. Pembangunan harus memiliki pedoman di hubungan timbal balik antar manusia dan lingkungan.
  4. Perspektif jangka panjang. Melakukan perencanaan pengelolaan serta pemanfaatan sumber daya alam yang bisa dipakai jangka panjang.
     

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.  

46

Iklan

Pertanyaan serupa

Usaha yang mencirikan pembangunan berkelanjutan adalah...

8

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia