Roboguru

Pembagian Kerajaan Mataram menjadi dua pada tahun 1755 berdasarkan ...

Pertanyaan

Pembagian Kerajaan Mataram menjadi dua pada tahun 1755 berdasarkan ...

  1. Perjanjian Salatiga

  2. Perjanjian Giyanti

  3. Perjanjian Tuntang

  4. Perjanjian Bongaya

  5. Perjanjian Saragosa

Pembahasan Soal:

Dalam perkembangan sejarah Jawa, terdapat salah satu perjanjian yang dilakukan antara Mataram Islam dengan VOC pada tanggal 13 Februari 1755. Perjanjian ini, dalam perjalanannya kemudian, membawa konsekuensi dan dampak bagi Sejarah Jawa khususnya, bahkan dirasakan sampai saat ini, perjanjian tersebut bernama Giyanti.
Latar belakang terjadinya Perjanjian Giyanti tidak terlepas dari konflik internal di kalangan keluarga istana, yakni Kasunanan Surakarta yang menjadi pewaris Wangsa Mataram Islam. Selain itu, keterlibatan VOC sebagai pihak luar yang terlalu dalam mencampuri urusan internal istana, menjadi faktor lain penyebab terjadinya Perjanjian Giyanti. Pihak yang terlibat dalam polemik ini adalah Pangeran Prabasuyasa atau Susuhunan Pakubuwana II, Pangeran Mangkubumi dan Raden Mas Said atau Pangeran Sambernyawa. Susuhunan Pakubawana II dan Pangeran Mangkubumi merupakan kakak-beradik dari putra Amangkurat IV, penguasa Mataram periode 1719-1726 masehi. Adapun Raden Mas Said merupakan cucu dari Amangkurat IV. 
Konflik bermula dari ketidakpuasan Pangeran Mangkubumi dan Raden Mas Said atas pengangkatan tahta raja kepada Pangeran Prabasuyasa. Keduanya bergabung dan melakukan perlawanan terhadap Pangeran Prabasuyasa dan VOC. Sepeninggal Pangeran Prabasuyasa pada tahun 1749, VOC kemudian mengangkat putra Pangeran Prabasuyasa yakni Raden Mas Soerjadi sebagai raja dengan gelar Susuhunan III. Akibatnya, perlawanan Pangeran Mangkubumi dan Raden Mas Said semakin menghebat. Melihat perlawanan hebat dari utara dan selatan, VOC menggunakan taktik memecah belah, sehingga Pangeran Mangkubumi dan Raden Mas Said akhirnya berpisah jalan.
Dalam situasi yang terpisah itu, diam-diam VOC melakukan pertemuan dengan Pangeran Mangkubumi pada tanggal 13 Februari 1755. Pertemuan ini lah yang kelak dikenal dengan Perjanjian GIyanti. Adapun isi dari pertemuan itu pada intinya adalah membagi kekuasaan Mataram menjadi dua bagian, yakni Kasunanan Sukarta di bawah kekuasaan Pakubuwana III dan Kasultanan Yogyakarta di bawah raja Pangeran Mangkubumi dengan gelar Hamengkubawana I. 

Jadi, opsi jawaban benar adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 03 Juni 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved