Roboguru

Pemakaian konjungsi di bawah ini yang tepat yaitu ...

Pertanyaan

Pemakaian konjungsi di bawah ini yang tepat yaitu ...undefined 

  1. Pelajaran Bahasa Indonesia membosankan. Oleh karena itu, tugasnya sangatlah banyak.undefined 

  2. Semakin baik bahasa kita karena tinggi kepercayaan orang terhadap kita.undefined 

  3. Formulir pendaftaran haruslah Anda isi dengan lengkap. Meskipun demikian, bayarlah uang pendaftaran di bank terdekat.undefined 

  4. Data-data sudah didapatkan tim penyelidik KPK. Selanjutnya, data tersebut akan diserahkan kepada tim penyidik KPK.undefined 

  5. Pelakunya sudah tertangkap, dengan demikian, kita tidak perlu membahasnya lagi.undefined 

Pembahasan Soal:

Konjungsi adalah kata yang menghubungkan antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat. Karena menghubungkan dua hal, tentu keduanya memiliki hubungan seperti sebab-akibat, syarat, penjelasan, dan sebagainya. Untuk mengetahui kalimat mana yang memakai konjungsi dengan tepat, kalimat pada pilihan jawaban perlu dianalisis terlebih dahulu.

  • Pelajaran Bahasa Indonesia membosankan. Oleh karena, itu tugasnya sangatlah banyak.
    Penulisan konjungsi "oleh karena itu" menunjukkan hubungan sebab-akibat antarkalimat. Pada kalimat tersebut, letak konjungsinya sudah benar, tetapi penggunaannya masih kurang tepat. Kalimat kedua tidak menunjukkan hubungan sebab-akibat dengan tepat. Banyaknya tugas bukanlah akibat dari pelajaran Bahasa Indonesia yang membosankan.
     
  • Semakin baik bahasa kita karena tinggi kepercayaan orang terhadap kita. 
    Penulisan "karena" menunjukkan hubungan sebab antarklausa. Pada kalimat tersebut, letak konjungsinya sudah benar, tetapi klausa tinggi kepercayaan orang terhadap kita bukanlah penyebab dari klausa semakin baik bahasa kita. Selain itu, kata "semakin" pada awal kalimat bukan konjungsi karena tidak dipasangkan dengan kata pasangannya. Bentuk konjungsi dengan kata "semakin" yang tepat adalah "semakin ... semakin ...".
     
  • Formulir pendaftaran haruslah Anda isi dengan lengkap. Meskipun demikian, bayarlah uang pendaftaran di bank terdekat.
    Penulisan konjungsi "meskipun demkian" menunjukkan hubungan pertentangan antarkalimat. Pada kalimat tersebut, letak konjungsinya sudah benar, tetapi antara kalimat pertama dan kalimat kedua tidak menunjukkan hubungan pertentangan.
     
  • Data-data sudah didapatkan tim penyelidik KPK. Selanjutnya, data tersebut akan diserahkan kepada tim penyidik KPK.
    Penulisan konjungsi "selanjutnya" menunjukkan lanjutan dari peristiwa pada kalimat sebelumnya. Pada kalimat tersebut, letak konjungsinya sudah benar karena terletak di awal kalimat kedua dan diikuti tanda koma. Kalimat kedua yang diberi konjungsi pun menunjukkan lanjutan peristiwa dari kalimat pertama. Oleh karena itu, penulisan konjungsi pada kalimat ini sudah tepat.
     
  • Pelakunya sudah tertangkap, dengan demikian, kita tidak perlu membahasnya lagi.
    Penulisan konjungsi "dengan demikian" menunjukkan hubungan konsekuensi antarkalimat. Sekalipun klausa kita tidak perlu membahasnya lagi merupakan konsekuensi dari klausa pelakunya sudah tertangkap, penulisan konjungsi ini tidak tepat karena berada di tengah menghubungkan dua klausa.
     

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 04 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved