Roboguru

Pelarut nonelektroli: yang digunakan untuk melarutkan larutan iɔdium menjadi iodium tinture sebagai obat luka adalah ...

Pertanyaan

Pelarut nonelektroli: yang digunakan untuk melarutkan larutan iɔdium menjadi iodium tinture sebagai obat luka adalah ...

  1. air suling

  2. akuades

  3. alkohol

  4. benzena

  5. eter

Pembahasan Soal:

Larutan nonelektrolit adalah larutan yang tidak bisa memproduksi ion-ion saat dilarutkan kedalam air sehingga mengakibatkan tidak bisa  menghantarkan arus listrik dan menghasilkan gelembung gas. 

Salah satu bahan obat yang dibuat dengan cara indirect solution dan juga merupakan bahan oksidator adalah iodium. Iodium merupakan bahan obat yang biasa digunakan sebagai antiseptic (tincture iodide). Pelarut yang sesuai untuk membuat ini yaitu alkohol. Hal ini alkohol bersifat non elektrolit sekaligus memiliki sifat anti septik.

Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Tri

Mahasiswa/Alumni Universitas Pertamina

Terakhir diupdate 20 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Larutan non elektrolit tidak dapat menghantarkan arus listrik dikarenakan...

Pembahasan Soal:

Larutan non elektrolit adalah larutan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik, sebabnya karena larutan tidak dapat menghasilkan ion-ion (tidak terionisasi). 

Jadi dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah D.undefined

0

Roboguru

Larutan yang bukan elektrolit adalah ...

Pembahasan Soal:

Soda : Soda kue atau natrium bikarbonat memiliki rumus kimia begin mathsize 14px style Na H C O subscript 3 end style . Terdapat ikatan ion karena mengandung kation logam (Na) sehingga bersifat elektrolit.

Minyak tanah : Minyak tanah termasuk jenis hidrokarbon (hanya mengandung atom C dan H) yaitu alkana. Terdapat ikatan kovalen nonpolar sehingga minyak tanah bersifat bukan elektrolit .

Cuka : Asam cuka atau asam asetat rumus kimianya adalah begin mathsize 14px style C H subscript 3 C O O H end style . Terdapat ikatan kovalen polar sehingga bersifat elektrolit.

Tawas : Tawas (atau alum) mempunyai rumus kimia begin mathsize 14px style K subscript 2 S O subscript 4 point Al subscript 2 open parentheses S O subscript 4 close parentheses subscript 3.24 H subscript 2 O end style . Terdapat ikatan ion karena mengandung kation logam (K dan Al) sehingga bersifat elektrolit.

Kaporit : Kaporit (nama dagang) atau kalsium hipoklorit (nama IUPAC) adalah senyawa kimia yang memiliki rumus kimia begin mathsize 14px style Ca open parentheses Cl O close parentheses subscript 2 end style . Terdapat ikatan ion karena mengandung kation logam (Ca) sehingga bersifat elektrolit.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

1

Roboguru

Perhatikan gambar pengujian daya hantar beberapa larutan berikut:   Gambar yang merupakan larutan nonelektrolit dan larutan elektrolit lemah berturut-turut adalah nomor ...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan kemampuannya dalam menghantarkan listrik, larutan dibagi menjadi larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit. Larutan elekrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik, sedangkan larutan nonelektrolit adalah larutan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik. Berdasarkan kekuatan daya hantar listriknya, larutan elektrolit dibedakan menjadi larutan elektrolit kuat dan larutan elektolit lemah.

Pada pengujian dengan alat uji daya hantar listrik, larutan nonelektrolit memiliki ciri-ciri tidak menghasilkan nyala lampu (lampu padam) dan tidak terdapat gelembung gas pada elektroda. Sedangkan larutan elektrolit lemah memiliki ciri-ciri menghasilkan nyala lampu redup atau lampu tidak menyala dan terdapat gelembung gas dengan jumlah sedikit.

Berdasarkan gambar, yang memiliki ciri-ciri uji larutan nonelektrolit adalah larutan nomor 5. Sedangkan yang memiliki ciri-ciri uji larutan elektrolit lemah adalah larutan nomor 3 dan 4. Pilihan yang sesuai adalah 5 dan 3.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Tentukan dari senyawa berikut yang dapat menghantarkan listrik jika dilarutkan dalam air: C6​H12​O6​

Pembahasan Soal:

begin mathsize 14px style C subscript 6 H subscript 12 O subscript 6 end style merupakan struktur glukosa. Glukosa larut dalam air akan tetapi tidak mengalami ionisasi, hal ini karena glukosa berikatan kovalen, sehingga glukosa tidak dapat menghantarkan listrik, atau bersifat non-elektrolit.

 

Jadi, jawaban yang benar adalah glukosa merupakan nonelektrolit yang tidak dapat menghantarkan listrik.

0

Roboguru

Perhatikan beberapa larutan berikut! 1) Ba(NO3​)2​ 0,2 M 2) SrCl2​ 0,1 M 3) C12​H22​O11​ 0,5 M 4) CH3​COONa 0,1 M Berdasarkan data tersebut, urutan larutan dengan kekuatan daya hantar listrik d...

Pembahasan Soal:

Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat menghantarkan arus listrik, memberikan gejala berupa menyalanya lampu pada alat uji atau timbulnya gelembung gas dalam larutan. Sedangkan larutan non elektrolit adalah larutan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik, sebabnya karena larutan tidak dapat menghasilkan ion-ion. Adapun larutan yang tergolong sebagai larutan elektrolit dan non-elektrolit adalah sebagai berikut.

  • Larutan elektrolit kuat: asam kuat, basa kuat, sebagaian besar garam
  • Larutan elektrolit lemah: asam lemah, basa lemah
  • Larutan non elektrolit: gula, alkohol, urea, dan lain-lain


Urutan kekuatan daya hantar listrik dari yang paling lemah yaitu: larutan non elektrolit, larutan elektrolit lemah, dan larutan elektrolit kuat. begin mathsize 14px style C subscript 12 H subscript 22 O subscript 11 end style merupakan rumus molekul dari sukrosa yang tergolong sebagai gula. Oleh karena itu, sukrosa tergolong sebagai larutan non elektrolit dan tidak dapat menghantarkan listrik.

Selain jenis larutan, daya hantar listrik juga dapat dipengaruhi oleh konsentrasi dan jumlah ion. Garam begin mathsize 14px style Ba open parentheses N O subscript 3 close parentheses subscript 2 end style terionisasi dalam air menurut reaksi berikut.


begin mathsize 14px style Ba open parentheses N O subscript 3 close parentheses subscript 2 equilibrium Ba to the power of 2 plus sign and 2 N O subscript 3 to the power of minus sign end style


Jumlah ion dalam larutan undefined 0,2 M adalah 3, maka konsentrasi total ion-ionnya adalah begin mathsize 14px style 0 comma 2 space M cross times 3 space equals space 0 comma 6 space M end style.

Hal yang sama dapat dilakukan untuk garam begin mathsize 14px style Sr Cl subscript 2 end style 0,1 M. Garam undefined terionisasi dalam air menurut reaksi berikut.


begin mathsize 14px style Sr Cl subscript 2 equilibrium Sr to the power of 2 plus sign and 2 Cl to the power of minus sign end style


Jumlah ion dalam larutan undefined 0,1 M adalah 3, maka konsentrasi total ion-ionnya adalah begin mathsize 14px style 0 comma 1 space M cross times 3 space equals space 0 comma 3 space M end style.


Selanjutnya, garam begin mathsize 14px style C H subscript 3 C O O Na end style 0,1 M dalam air akan terionisasi menurut reaksi berikut.


begin mathsize 14px style C H subscript 3 C O O Na equilibrium C H subscript 3 C O O to the power of minus sign and Na to the power of plus sign end style


Jumlah ion dalam larutan undefined 0,1 M adalah 2, maka konsentrasi total ion-ionnya adalah begin mathsize 14px style 0 comma 1 space M cross times 2 space equals space 0 comma 2 space M end style.


Oleh karena itu, urutan daya hantar listrik larutan-larutan tersebut dari yang paling lemah adalah 3)-4)-2)-1).

Jadi, jawaban yang benar adalah E.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved