Roboguru

Paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragaf disebut paragraf ....

Pertanyaan

Paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragaf disebut paragraf ....space 

Pembahasan Soal:

Jenis paragraf berdasarkan letak kalimat utamanya terbagi atas tiga jenis. (1) Paragraf deduktif yaitu paragraf yang letak kalimat utamanya berada di awal paragraf; (2) paragraf induktif yaitu paragraf yang letak kalimat utamanya berada di akhir paragraf; dan (3) paragraf campuran yakni paragraf yang letak kalimat utamanya berada di awal dan akhir paragraf.

Dengan demikian, paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragaf disebut paragraf induktif.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

W. Wahyuni

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan kalimat utama dan gagasan utama paragraf 1 teks di atas!

Pembahasan Soal:

Gagasan utama adalah suatu gagasan (ide) yang sedang dibicarakan atau dibahas dalam sebuah paragraf. Gagasan utama disebut juga gagasan pokok, pikiran utama, pokok pembicaraan, atau pokok pikiran. Gagasan utama paragraf 1 teks tersebut adalah pemenuhan hak warga negara Indonesia berkaitan erat dengan tercapainya tujuan nasional Indonesia.

Kalimat utama adalah kalimat yang bersifat umum dan mengandung gagasan utama. Kalimat utama paragraf 1 teks di atas adalah pemenuhan hak warga negara Indonesia berkaitan erat dengan upaya pemerintah Indonesia dalam mencapai tujuan nasional Indonesia.

Dengan demikian, gagasan utama paragraf 1 teks tersebut adalah pemenuhan hak warga negara Indonesia berkaitan erat dengan tercapainya tujuan nasional Indonesia, sedangkan kalimat utama paragraf 1 teks di atas adalah pemenuhan hak warga negara Indonesia berkaitan erat dengan upaya pemerintah Indonesia dalam mencapai tujuan nasional Indonesia.space 

Roboguru

Tuliskan kalimat utama dan gagasan utama paragraf 3 teks di atas!

Pembahasan Soal:

Gagasan utama adalah suatu gagasan (ide) yang sedang dibicarakan atau dibahas dalam sebuah paragraf. Gagasan utama disebut juga gagasan pokok, pikiran utama, pokok pembicaraan, atau pokok pikiran. Gagasan utama paragraf 3 teks di atas adalah pelaksanaan hak warga negara Indonesia merupakan hal yang penting.

Kalimat utama adalah kalimat yang bersifat umum dan mengandung gagasan utama. Kalimat utama paragraf 3 teks di atas adalah pelaksanaan hak warga negara Indonesia merupakan hal yang penting, misalnya pelaksanaan hak dalam pemilu.

Dengan demikian, gagasan utama paragraf 3 teks di atas adalah pelaksanaan hak warga negara Indonesia merupakan hal yang penting, sedangkan kalimat utama paragraf 3 teks di atas adalah pelaksanaan hak warga negara Indonesia merupakan hal yang penting, misalnya pelaksanaan hak dalam pemilu.space 

Roboguru

Tuliskan kalimat utama dan gagasan utama paragraf 2 teks di atas!

Pembahasan Soal:

Gagasan utama adalah suatu gagasan (ide) yang sedang dibicarakan atau dibahas dalam sebuah paragraf. Gagasan utama disebut juga gagasan pokok, pikiran utama, pokok pembicaraan, atau pokok pikiran. Gagasan utama paragraf 2 teks di atas adalah hak dan kewajiban diatur secara seimbang untuk mencapai tujuan nasional.

Kalimat utama adalah kalimat yang bersifat umum dan mengandung gagasan utama. Kalimat utama paragraf 2 teks di atas adalah untuk mencapai tujuan nasional, ditetapkan hak-hak dan kewajiban warga negara Indonesia dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia.

Dengan demikian, gagasan utama paragraf 2 teks di atas adalah hak dan kewajiban diatur secara seimbang untuk mencapai tujuan nasional, sedangkan kalimat utama paragraf 2 teks di atas adalah untuk mencapai tujuan nasional, ditetapkan hak-hak dan kewajiban warga negara Indonesia dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia.space 

Roboguru

Teks yang telah disajikan di atas merupakan jenis teks nonfiksi yaitu teks atau tulisan yang dibuat berdasarkan fakta, realita, atau hal-hal yang benarbenar terjadi. Teks nonfiksi tersebut terdiri ata...

Pembahasan Soal:

Kalimat utama ialah sebuah kalimat yang didalamnya terdapat gagasan utama, gagasan pokok, ide pokok, pikiran pokok ataupun ide utama pada suatu paragraf. Keberadaan kalimat utama pada suatu paragraf sangat penting menjadi kerangka dasar dalam pengembangan paragraf.

Gagasan utama adalah suatu gagasan (ide) yang sedang dibicarakan atau dibahas dalam sebuah paragraf. Gagasan utama disebut juga gagasan pokok, pikiran utama, pokok pembicaraan, atau pokok pikiran.

Kalimat utama dalam paragraf 3 pada soal di atas adalah kalimat "Selain itu, setiap warga negara Indonesia berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak."

Gagasan utama pada paragraf 3 yaitu warga negara Indonesia berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak.

Hal itu karena kalimat utama tersebut berisi gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf atau berisi topik bahasan paragraf.

Dengan demikian, kalimat utama paragraf 3 adalah "Selain itu, setiap warga negara Indonesia berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak." Sementara itu, gagasan utamanya yaitu "warga negara Indonesia berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak."space 

Roboguru

Paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragaf disebut paragraf ....

Pembahasan Soal:

Kalimat utama adalah sebuah kalimat yang di dalamnya terdapat gagasan utama, gagasan pokok, ide pokok, pikiran pokok, ataupun ide utama pada suatu paragraf. Kalimat utama dapat kita temukan pada awal paragraf (deduktif), pada akhir paragraf (induktif), atau pada awal dan akhir paragraf (campuran).

Dengan demikian, paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragaf disebut paragraf deduktif.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved