Roboguru

Pankreas merupakan kelenjar eksokrin dan endokrin karena pankreas tersusun dari jaringan .....

Pertanyaan

Pankreas merupakan kelenjar eksokrin dan endokrin karena pankreas tersusun dari jaringan .....

Pembahasan Soal:

Pankreas adalah organ yang terletak pada rongga perut. Pankreas ini memiliki dua fungsi utama, yaitu fungsi eksokrin dengan menghasilkan enzim-enzim tertentu dalam membantu proses pencernaan dan fungsi endokrin dengan menghasilkan hormon  yang mengatur kadar gula darah. Dalam menjalankan fungsinya, pankreas tersusun dari 2 jaringan utama, yaitu:

  1. Acini menghasilkan enzim pencernaan
  2. Pulau Langerhans, merupakan kumpulan sel berbentuk ovoid tersebar di seluruh pankreas dengan berat hanya 1-3 % dari berat total pankreas. Besar pulau langerhans yang terkecil adalah 50µ, sedangkan yang terbesar 300µ, terbanyak adalah yang besarnya 100225µ. Jumlah semua pulau langerhans di pankreas diperkirakan antara 1-2 juta.

Jenis Sel Penghasil Hormon di Pulau-pulau Langerhans:

  1. Sel Alfa Pankreas merupakan sel yang berfungsi untuk menghasilkan Hormon glukagon. Hormon glukagon berfungsi untuk meningkatkan kadar gula dalam darah, dan memecah cadangan gula dalam hati lalu membawanya ke darah. Sel Alfa berjumlah sekitar 25% dari pulau langerhans.
  2. Sel Beta Pankreas merupakan sel yang berfungsi untuk menghasilkan hormon Insulin. Hormon Insulin berfungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah, apabila kadar gula dalam darah berlebihan, maka insulin akan menyimpan gula berlebih tersebut dalam hati. Apabila hormon insulin tidak ada, atau sedikit maka orang tersebut akan terkena penyakit diabetes melitus. Sel Beta berjumlah sekitar 70% dari pulau langerhans.
  3. Sel F Pankreas (Sel Gamma Pankreas) merupakan sel yang berfungsi menghasilkan polipeptida pankreas. Polipeptida ini dapat berfungsi untuk memperlambat penyerapan makanan. Sel Gamma berupa sel renik (sangat kecil) dan berjumlah kurang dari 1% dari pulau langerhans.
  4. Sel Delta Pankreas merupakan sel yang berfungsi untuk menghasilkan somatostatin. Hormon Somatostatin berfungsi untuk menghambat sekresi Glukagon oleh sela Alfa pankreas, dan menghambat sekresi Insulin oleh sel beta pankreas, serta menghambat produksi polipeptida oleh Sel F pankreas. Intinya Hormon Somatostatin akan menghambat sekresi sel lainnya. Jumlah sel Delta kurang dari 5% dari pulau langerhans.

Jadi pankreas tersusun dari jaringan acini dan pulau langerhans
 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 30 Maret 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved