Roboguru

Pak Widyo seorang pengusaha kayu yang memiliki usaha pengelohan kayu untuk furnitur. Dalam pengolahan kayu tersebut akan banyak menghasilkan limbah berupa serbuk kayu, serbuk pengamplasan, veneer, dan sebagainya. Di lain pihak, Seno seorang mahasiswa yang kuliah di bidang seni sering kali memanfaatkan limbah tersebut untuk membuat kerajinan, seperti bingkai foto. Limbah kayu yang dimanfaatkan oleh Seno adalah ....

Pertanyaan

Pak Widyo seorang pengusaha kayu yang memiliki usaha pengelohan kayu untuk furnitur. Dalam pengolahan kayu tersebut akan banyak menghasilkan limbah berupa serbuk kayu, serbuk pengamplasan, veneer, dan sebagainya. Di lain pihak, Seno seorang mahasiswa yang kuliah di bidang seni sering kali memanfaatkan limbah tersebut untuk membuat kerajinan, seperti bingkai foto. Limbah kayu yang dimanfaatkan oleh Seno adalah ....space 

  1. log end (hati kayu)space 

  2. serbuk kayuspace 

  3. veneerspace 

  4. serbuk pengamplasanspace 

  5. potongan pinggirspace 

Pembahasan Soal:

Limbah kayu adalah sisa-sisa kayu atau bagian kayu yang dianggap tidak bernilai ekonomi lagi dalam proses tertentu, pada waktu tertentu dan tempat tertentu yang mungkin masih dimanfaatkan pada proses dan waktu yang berbeda. Menurut Sumadiwangsa dan Widarmana (1982) jenis limbah kayu pada industri kayu lapis dibagi menjadi dolok (log end), sisa kupasan (log core), sisa kupasan veneer lembaran, sisa potongan pinggir kayu lapis, serbuk gergaji (saw dust) dan serbuk pengamplasan. Pemanfaatan limbah kayu dapat dijadikan sebagai bentuk-bentuk kerajinan tangan atau peralatan rumah tangga. Contohnya log end yang dapat dijadikan sebagai bahan bingkai foto.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Bryando

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 13 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kewajiban pengusaha industri membuat ANDAL (Analisis Dampak Lingkungan) dalam pengelolaan lingkungan diatur dalam Peraturan Pemerintah, yaitu . . . .

Pembahasan Soal:

PP No29 Tahun 1986 tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. Pada peraturan pemerintah ini membahas tentang pengadaan AMDAL jika akan membangun pengubahan bentang alam dan bentuk lahan, kegiatan eksploitasi sumber daya alam dan dalam pengambilan keputusan untuk permasalahan lingkungan. Hal ini betujuan agar segala bentuk kegiatan pembangunan atau industri yang berhubungan dengan alam dan kehidupannya perlu dilakukan pelestarian dan aturan yang berlaku agar tidak merugikan untuk masa depan nantinya. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Perhatikan daftar berikut! Pasir silika Batu kapur Tanah liat Kuarsa Kerakal Lapili Bahan baku industri semen ditunjukkan nomor ....

Pembahasan Soal:

Semen dimanfaatkan sebagai bahan untuk merekatkan dan menguatkan bangunan. Bahan baku industri semen adalah batu kapur, tanah liat, pasir besi dan pasir silika. Seluruh bahan baku tersebut diolah sehingga kandungannya dapat saling bereaksi dan menghasilkan bubuk semen yang akan mengeras jika dicampur dengan air, sehingga dapat digunakan untuk merekatkan batu bata maupun menguatkan bangunan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Berikut ini adalah bahan baku industri semen, kecuali ...

Pembahasan Soal:

Industri semen merupakan industri yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Semen adalah komponen utama sebagai perekat material dan agregat pada proses pembuatan beton dalam pembangunan infrastruktur seperti gedung, bandara, jalan tol, jembatan dan infrastruktur lainnya. Semen diproduksi menggunakan bahan baku berupa batu kapur, tanah liat, pasir besi, pasir silika, gipsum dan alumina.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

0

Roboguru

Gerakan revolusi hijau di negara-negara berkembang dan Indonesia mulai dijalankan sejak rezim Orde Baru berkuasa. Lahirnya revolusi hijau dilatar belakangi oleh ....

Pembahasan Soal:

Revolusi hijau  yang dilakukan di Indonesia mulai dijalankan sejak rezim Orde Baru berkuasa dilakukan karena di latar belakangi oleh beberapa hal salah satunya adalah pertambanhan penduduk yang meningkat sehingga kebutuhan akan pangan juga meningkat. Selain itu revolusi hijau dilakukan di Indonesia juga disebabkan berkembangannya teknologi untuk pengolahan hasil panen.

Jadi, jawaban yang benar adalah A

0

Roboguru

Tuliskan tujuh langkah strategis yang dikembangkan untuk mengatasi masalah ketahanan pangan yang disepakati dalam World Food Summit di Roma pada November 1996.

Pembahasan Soal:

Berikut adalah tujuh langkah strategis yang disepakati dalam Rome Declaration  on World Food Security pada November tahun 1996 :

  1. Pemerintah akan memastikan bahwa lingkungan politik, sosial dan ekonomi yang dirancang dapat menciptakan situasi terbaik untuk memberantas kemiskinan dan memperkuat perdamaian, serta meningkatkan partisipasi aktif masyarakat baik perempuan maupun laki-laki secara kondusif untuk mencapai ketahanan pangan yang berkelanjutan.
  2. Pemerintah akan menerapkan kebijakan yang bertujuan untuk memberantas kemiskinan dan kesenjangan ekonomi serta meningkatkan akses sarana dan prasarana ekonomi untuk semua kalangan. Dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan yang bergizi, aman dikonsumsi, dan efektivitas penggunaan pangan tersebut.
  3. Pemerintah akan mengupayakan kebijakan yang partisipatif dan berkelanjutan di bidang pangan, pertanian, perikanan, kehutanan dan pembangunan pedesaan di daerah potensial dan kurang potensial. Hal ini dirasa penting bagi pasokan pangan yang memadai dan dapat diandalkan di tingkat rumah tangga, nasional, regional dan global. Selain itu, upaya lain turut dilakukan untuk mengurangi hama dan kekeringan dengan mempertimbangkan karakter lahan pertanian yang multifungsi.
  4. Pemerintah akan berusaha untuk memastikan bahwa perdagangan hasil pertanian dan kebijakan perdagangan secara keseluruhan berlangsung kondusif, untuk mendorong ketahanan pangan bagi semua pihak melalui sistem perdagangan dunia yang adil dan berorientasi pasar.
  5. Pemerintah akan berusaha untuk mencegah dan siaga terhadap bencana alam dan bencana sosial serta memenuhi persyaratan ketersediaan pangan darurat dalam rangka mendorong pemulihan, rehabilitasi, pengembangan dan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan di masa depan.
  6. Pemerintah akan mempromosikan alokasi investasi sektor publik dan sektor swasta untuk mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia, pangan, pertanian, perikanan dan kehutanan, serta pembangunan pedesaan di wilayah yang potensial dan kurang potensial.
  7. Pemerintah akan menerapkan, memantau, dan menindaklanjuti rencana ini pada semua tingkatan serta terus bekerjasama dengan komunitas internasional.

Ketujuh poin inilah yang kemudian menjadi dasar pelaksanaan upaya ketahanan pangan dunia oleh FAO.space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved