Roboguru

Pada teks eksplanasi di atas terdapat kata yang menjadi penunjuk waktu. Kata tersebut ialah ....

Pertanyaan

Pada teks eksplanasi di atas terdapat kata yang menjadi penunjuk waktu. Kata tersebut ialah ....space  

  1. belakangan inispace 

  2. menjadikanspace 

  3. tidak berlebihanspace 

  4. berdampakspace 

  5. semua jawaban benarspace 

Pembahasan Soal:

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ kejadian-kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya dapat terjadi. Suatu kejadian baik itu kejadian alam maupun kejadian sosial yang terjadi di sekitar kita, selalu memiliki hubungan sebab akibat dan proses. Salah satu ciri teks ini adalah menggunakan konjungsi kasual dan waktu. Kata sambung urutan waktu adalah kata penghubung kalimat/konjungsi yang dipakai pada kalimat penanda urutan waktu, contohnya: sambil, setelah itu, sesudah itu, saat, sejak, dan lain sebagainya.

Pada teks di atas, konjungsi penanda waktu ditunjukkan pada kata belakangan ini pada kalimat awal yaitu Belakangan ini gempa bumi menjadi buah bibir di kalangan masyarakat Indonesia.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

U. Yuliani

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada kalimat kedua paragraf pertama teks tersebut terdapat konjungsi yang menyatakan hubungan ....

Pembahasan Soal:

Kata penghubung disebut juga konjungsi, adalah kata yang menghubungkan kata dengan kata dalam sebuah kalimat atau menghubungkan kalimat dengan kalimat dalam sebuah paragraf.

Kalimat kedua pada paragraf pertama teks di atas yaitu "Tanda-tandanya antara lain sesama anggota menampakkan pertemanan atau persahabatan yang rukun, berhubungan simpatik, dan tak ada permusuhan.". Pada kalimat tersebut, terdapat kata 'atau' yang merupakan kata penghubung untuk menandai pilihan. Selain itu, terdapat kata 'dan' yang merupakan kata penghubung yang menyatakan kesamaan. Jadi, konjungsi yang terdapat pada kalimat kedua paragraf pertama pada teks di atas, menunjukan hubungan pemilihan dan penjumlahan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined 

Roboguru

Konjungsi kronologis yang terdapat dalam paragraf terakhir adalah ...

Pembahasan Soal:

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan atau keterangan tentang suatu hal yang berhubungan dengan berbagai fenomena, baik fenomena alam maupun sosial yang terjadi di kehidupan sehari-hari.

Teks eksplanasi memiliki beberapa ciri kebahasaan, antara lain: 

  1. Banyak menggunakan kata yang bermakna denotatif.
  2. Banyak menggunakan konjungsi kausalitas/sebab-akibat dan konjungsi kronologis/hubungan waktu/temporal.
  3. Banyak menggunakan keterangan waktu pada kalimat-kalimatnya.
  4. Banyak menggunakan kata kerja pasif.
  5. Banyak menggunakan kata teknis atau istilah sesuai topik yang dibahas.

Konjungsi kronologis adalah kata penghubung yang menandai keterangan waktu pada sebuah kalimat. Kata-kata yang termasuk dalam konjungsi kronologis antara lain adalah lalu, kemudian, sebelumnya, selanjutnya, sejak, saat, sambil, seraya, hingga, dan pada akhirnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, konjungsi kronologis yang terdapat pada kalimat terakhir adalah kemudian. Konjungsi kronologis ini terdapat pada kalimat kemudian terjadi interaksi sosial yang didukung perasaan senasib sepenanggungan atas dasar kekecewaan yang sama, serta sikap egois yang akan mendorong terbentuknya interaksi sosial antar manusia untuk saling menjejali pikiran masing-masing dengan berupa gunjingan aib orang lain.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.  

Roboguru

Pengunaan konjungsi yang tidak tepat pada paragraf tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Konjungsi (kata penghubung) adalah kata tugas yang fungsinya menghubungkan antarklausa, antarkalimat, dan antarparagraf. Kata penghubung antarklausa biasanya terletak di tengah-tengah kalimat, sedangkan kata penghubung antarkalimat di awal kalimat (setelah tanda titik, tanda tanya, dan tanda seru), adapun kata penghubung antar paragraf letaknya di awal paragraf.

Penggunaan konjungsi yang tidak tepat terdapat pada kalimat "Maka, limpasan air hujan menjadi sangat lebat." 

Kesalahan penggunaan konjungsi tersebut adalah konjungsi maka yang merupakan konjungsi intrakalimat seharusnya tidak digunakan dalam kalimat tersebut. Konjungsi yang dapat digunakan pada kalimat tersebut adalah dengan demikian.

Dengan demikian, kesalahan penggunaan konjungsi pada paragraf di atas adlaah pada konjungsi maka.space 

Roboguru

Kalimat yang menggunakan konjungsi waktu dan konjungsi kausalitas dalam cuplikan teks tersebut dinyatakan dengan nomor ...

Pembahasan Soal:

Konjungsi waktu atau konjungsi temporal adalah konjungsi yang berfungsi untuk menjelaskan hubungan waktu antara dua hal atau peristiwa. Beberapa contoh konjungsi waktu yaitu apabila, bila, hingga, ketika, sebelum, sampai, selama, sementara, sesudah, setelah, sejak, tatkala. Pada teks di atas terdapat konjungsi kausalitas pada kalimat "Oleh karena itu, beberapa saat setelah proklamasi itu dibacakan oleh Soekamo-Hatta, berbagai usaha dilakukan oleh para pejuang."

Konjungsi kausalitas adalah konjungsi yang berhubungan dengan hubungan sebab-akibat. Konjungsi ini  menjelaskan bahwa suatu peristiwa terjadi karena suatu sebab tertentu. Beberapa contoh konjungsi tersebut adalah sebab, karena, oleh sebab itu, oleh karena itu, sehingga. Pada teks di atas terdapat konjungsi kausalitas pada kalimat "Oleh karena itu, beberapa saat setelah proklamasi itu dibacakan oleh Soekamo-Hatta, berbagai usaha dilakukan oleh para pejuang."

Jadi, kalimat yang menggunakan konjungsi waktu dan konjungsi kausalitas dalam cuplikan teks tersebut dinyatakan dengan nomor tiga (3).space 

 

Roboguru

Perhatikan teks eksplanasi berikut! Embun terbentuk dari titik-titik air kecil, sehingga suhu udara semakin tinggi dan membuatnya memadat menjadi awan. Adanya hembusan angin membuat awan yang sudah t...

Pembahasan Soal:

Konjungsi kronologis adalah kata penghubung yang menandai keterangan waktu pada sebuah kalimat. Konjungsi kronologis yang terdapat dalam teks di atas adalah kata kemudian yang terdapat pada kalimat ketiga. Konjungsi kemudian dalam kalimat tersebut menghubungkan dua proses yakni kumpulan-kumpulan awan kecil dan menyatu. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved