Roboguru

Pada tanggal 7 Januari 1965, dalam sebuah rapat um...

Pada tanggal 7 Januari 1965, dalam sebuah rapat umum anti pangkalan militer asing, Presiden Soekarno menyatakan bahwa Indonesia keluar dari PBB. Adapun penyebab keluarnya Indonesia dari PBB adalah ...undefined 

  1. Malaysia diterima menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB padahal saai itu Indonesia sedang berkonfrontasi dengan Malaisia karena pada tahun 1961, ada rencana pembentukan Negara Federasi Malaysia yang terbentuk dari Persekutuan Tanah Melayu, Singapura, Sarawak, Brunei, dan Sabah. dan rencana ini ditentang oleh Soekarno yang menilai pembentukan Negara Federasi Malaysia adalah proyek neokolonialisme Inggris.

  2. ...undefined 

Jawaban:

Presiden Soekarno secara tegas menyatakan Indonesia keluar dari keanggotaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), 7 Januari 1965. Hal itu terjadi lantaran Malaysia diterima menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Pasalnya, Soekarno menilai Malaysia hanya merupakan negara boneka bentukan Inggris.

Dengan demikian penyebab keluarnya Indonesia dari PBB adalah Malaysia diterima menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB padahal saai itu Indonesia sedang berkonfrontasi dengan Malaisia karena pada tahun 1961, ada rencana pembentukan Negara Federasi Malaysia yang terbentuk dari Persekutuan Tanah Melayu, Singapura, Sarawak, Brunei, dan Sabah. dan rencana ini ditentang oleh Soekarno yang menilai pembentukan Negara Federasi Malaysia adalah proyek neokolonialisme Inggris.

 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved