Roboguru

Pada saat gerhana matahari total, kromosfer akan terlihat berwarna merah yang disebabkan oleh ....

Pertanyaan

Pada saat gerhana matahari total, kromosfer akan terlihat berwarna merah yang disebabkan oleh ....space 

  1. rendahnya kandungan hidrogenspace 

  2. rendahnya kandungan karbon dioksidaspace 

  3. tingginya kandungan oksigenspace 

  4. tingginya kandungan heliumspace 

  5. tingginya kandungan nitrogenspace 

Pembahasan Soal:

Kromosfer merupakan lapisan gas yang menyelimuti matahari, dan memiliki suhu sekitar 6.000 hingga 50.000oC. Lapisan kromosfer memiliki kandungan helium yang tinggi, sehingga membuatnya dapat memancarkan sinar berwarna merah atau oranye. Sinar tersebut biasanya tidak dapat terlihat karena tertutup oleh lapisan fotosfer, dan hanya akan terlihat saat gerhana matahari total.

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah D. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Seftiani

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Gerhana matahari terjadi saat posisi ... berada pada ... dan ....

Pembahasan Soal:

Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari sehingga terlihat menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari di langit bumi. Berdasarkan cara tertutupnya matahari, terdapat empat jenis gerhana matahari: gerhana matahari total, gerhana matahari cincin, gerhana matahari sebagian, dan gerhana matahari hibrida/campuran. Walaupun bulan berukuran sekitar 400 kali lebih kecil daripada matahari, bulan terletak sekitar 400 kali lebih dekat ke bumi sehingga kedua benda langit ini tampak hampir sama besar di langit bumi. Karena orbit bulan berbentuk elips, jaraknya dari bumi sedikit berubah-ubah sehingga kadang tampak lebih besar dan mampu menutupi matahari (menyebabkan gerhana total) atau kadang lebih kecil dan hanya dapat menyebabkan gerhana matahari cincin.

Roboguru

Gerhana matahari terjadi karena ...

Pembahasan Soal:

Gerhana matahari merupakan salah satu fenomena alam yang terjadi saat bulan menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari ke bumi pada posisi sejajar. Bayang-bayang bulan yang menutupi matahari terbagi menjadi 2 bagian, yaitu bayangan inti (umbra), dan bayangan tambahan (penumbra). Bumi pada bagian umbra tidak dapat melihat matahari karena tertutupu sepenuhnya oleh bulan, sedangkan bumi bagian penumbra dapat melihat sebagian matahari.space space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space space 

 

 

Roboguru

Gerhana Matahari Cincin (GMC) akan diamati di Indonesia pada tanggal 26 Desember 2019. GCC tersebut memiliki seri sars = 132 jika diketahui bahwa 1 sars = 18 tahun 11 hari, maka Gerhana Matahari Cinci...

Pembahasan Soal:

Gerhana matahari cincin (GMC) akan diamati di Indonesia pada tanggal 26 Desember 2019. GMC tersebut memiliki seri saros = 132. Jika diketahui bahwa 1 saros = 18 tahun 11 hari, maka gerhana matahari cincin dengan seri tersebut :

  • Telah diamati di Indonesia pada tanggal 14 Desember 2001, dan
  • Akan diamati lagi di Indonesia pada tanggal 5 Januari 2038

Gerhana matahari cincin yang akan terjadi pada tanggal 26 Desember 2019 tersebut merupakan gerhana nomer 46 dari 71 gerhana. Gerhana Matahari CIncin yang akan diamati di Indonesia pada tanggal 26 Desember 2019 tersebut, termasuk dalam siklus saros. Siklus saros adalah siklus gerhana yang berulang setiap 18 tahun 11 hari. Satu siklus saros terdiri dari 71 gerhana matahari yang dimulai dari gerhana matahari parsial yang terjadi pada tanggal 13 Agustus 1208 hingga gerhana matahari ke 71 yang terjadi pada tanggal 25 September 2470.

Roboguru

Jelaskan yang dimaksud umbra dan penumbra!

Pembahasan Soal:

Istilah umbra dan penumbra erat kaitannya dengan fenomena gerhana bulan. Umbra merupakan bayangan yang terbentuk ketika proses terjadinya gerhana bulan. Pada saat itu posisi matahari, bumi, dan bulan ada pada satu garis lurus. Umbra merupakan bayangan inti yang terbentuk di belakang planet bumi dan jatuh ke bulan akibat terhalang dari sinar matahari oleh bumi. umbra menyebabkan bulan hilang dari peredaran mata manusia. Penumbra adalah daerah di sekitar umbra. Penumbra disebut juga sebagai bayangan tambahan atau bayangan samar-samar.

Roboguru

Kapan gerhana matahari terjadi?

Pembahasan Soal:

Gerhana matahari dapat terjadi pada saat posisi bulan terletak diantara bumi dan matahari. Pada saat tersebut matahari tampak akan tertutupi secara total atau sebagian dari sudut pandang pengamatan di bumi.  

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved