Roboguru

Pada reaksi :      Grafik yang menunjukkan hubungan antara konsentrasi HCl dengan waktu adalah ....

Pertanyaan

Pada reaksi :

Ca C O subscript 3 open parentheses italic s close parentheses and 2 H Cl open parentheses italic g close parentheses yields Ca Cl subscript 2 left parenthesis italic a italic q right parenthesis plus H subscript 2 O open parentheses italic l close parentheses and C O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses 


  


Grafik yang menunjukkan hubungan antara konsentrasi HCl dengan waktu adalah ....

  1. garis 1

  2. garis 2

  3. garis 3

  4. garis 4

  5. garis 5

Pembahasan Soal:

Reaksi kimia merupakan proses perubahan reaktan menjadi produk. Oleh karena itu, proses itu memerlukan waktu tertentu. Tentu saja semakin lama reaksi berlangsung, jumlah reaktan akan makin berkurang dan jumlah produk akan bertambah. Cepat lambatnya suatu reaksi dinyatakan sebagai laju reaksi. Konsep laju reaksi didefinisikan sebagai berikut.

  • Laju berkurangnya konsentrasi reaktan tiap satuan waktu. 
  • Laju bertambahnya konsentrasi produk tiap satuan waktu.

Laju reaksi dapat dinyatakan dalam suatu grafik perubahan konsentrasi reaktan dan produk sebagai fungsi waktu.

Pada reaksi tersebut, laju reaksi dinyatakan pada grafik perubahan konsentrasi HCl terhadap waktu. HCl merupakan reaktan yang akan mengalami pengurangan konsentrasi tiap satuan waktu. Jika kita amati pada grafik, pengurangan konsentrasi HCl ditunjukkan oleh garis nomor 2. Perubahan konsentrasi HCl tidak serta merta berkurang drastis, tetapi perubahan tersebut berlangsung perlahan.

Dengan demikian, grafik yang menunjukkan hubungan antara konsentrasi HCl dengan waktu adalalah garis nomor 2.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Lubis

Mahasiswa/Alumni Universitas Sumatera Utara

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

a. Apa yang dimaksud dengan laju reaksi sesaat awal? b. Untuk data percobaan yang ditunjukkan pada gambar di bawah, bagaimana cara menentukan laju reaksi sesaat awal dan berapa laju reaksi sesaat awal...

Pembahasan Soal:

a. Laju reaksi sesaat awal adalah laju sesaat untuk reaksi pada saat t = 0. Laju reaksi sesaat pada momen waktu tertentu sama dengan kemiringan (slope) garis linier pada grafik yang mengalurkan konsentrasi pereaksi terhadap waktu. Nilai slope semakin berkurang dengan bertambahnya waktu reaksi.blank subscript blank

Laju reaksi sesaat pada momen waktu tertentu dapat dihitung pada waktu antara saat pereaksi-pereaksi tercampur dengan saat reaksi mencapai kesetimbangan. Dengan menarik garis lurus ke keadaan saat pereaksi pereaksi mulai bercampur (t mendekati nol) diperoleh laju reaksi sesaat awal.blank subscript blank

Laju sesaat adalah kemiringan (slope) garis tangen, yaitu garis lurus yang dihitung dari koordinat dua titik left parenthesis x subscript 1 comma space y subscript 1 right parenthesis dan left parenthesis x subscript 2 comma space y subscript 2 right parenthesis dengan menggunakan persamaan berikut:

slope space equals space fraction numerator y subscript 2 bond y subscript 1 over denominator x subscript 2 bond x subscript 1 end fraction 

b. Berikut gambar Laju reaksi sesaat pada momen waktu tertentu dapat diukur dari kemiringan garis (tangen) grafik konsentrasi terhadap waktu: 

Pada Gambar, garis tangen pada kurva terlihat hanya menyentuh tiga titik. Untuk menentukan slope yang lebih tepat harus dipilih dua titik yang berada pada jarak yang jauh. Titik pada kurva (0 detik; 0,005 mol/L) dan titik potong garis tangen dengan aksis waktu (100 detik; 0 mol/L) terpisah jauh. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa :

slope space equals fraction numerator left parenthesis 0 comma 00 minus sign 0 comma 005 right parenthesis space mol forward slash L over denominator left parenthesis 100 space minus sign space 0 right parenthesis space detik end fraction space equals minus sign 5 comma 0 space x space 10 to the power of negative sign 5 end exponent space mol space L to the power of negative sign 1 end exponent space detik to the power of negative sign 1 end exponent 
Jadi, laju reaksi sesaat pada t = 0 sama dengan laju reaksi awal adalah negative sign 5 comma 0 space x space 10 to the power of negative sign 5 end exponent space mol space L to the power of negative sign 1 end exponent space detik to the power of negative sign 1 end exponent.blank subscript blank

 

0

Roboguru

Besaran yang dinyatakan dengan kemiringan (slope) dari grafik yang digambarkan dengan garis terputus-putus pada gambar berikut adalah ...

Pembahasan Soal:

Untuk meminimalkan kesalahan dalam pengukuran laju reaksi, maka pengukuran dilakukan pada setiap perubahan konsentrasi yang sangat kecil, d open square brackets X close square brackets , dalam selang waktu yang sangat sempit , dt . Rasio perubahan konsentrasi dengan perubahan waktu dalam kondisi ini disebut laju reaksi sesaat. Laju reaksi sesaat pada momen waktu tertentu sama denga kemiringan (slope) garis linier pada grafik yang mengalurkan konsentrasi pereaksi terhadap waktu.

Jadi besaran yang dinyatakan dengan kemiringan (slope) dari grafik yang digambarkan dengan garis terputus-putus pada gambar berikut adalah laju reaksi sesaat.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.space 

0

Roboguru

Perhatikan kurva laju reaksi di bawah.        Berdasarkan kurva tersebut, dapat disirnpulkan bahwa ....

Pembahasan Soal:

Laju reaksi adalah berkurangnya jumlah reaktan tiap satuan waktu atau bertambahnya jumlah produk tiap satuan waktu. Adapun laju reaksi dapat dinyatakan dalam persamaannya yang menyatakan hubungan antara konsentrasi reaktan dan laju reaksi.

begin mathsize 14px style aA and bB yields cC v double bond k middle dot open square brackets A close square brackets to the power of x middle dot open square brackets B close square brackets to the power of y end style  

Dari persamaan di atas terdapat:

k =  merupakan tetapan laju reaksi yang bergantung pada jenis reaksi dan suhu. Tiap reaksi memiliki nilai k tertentu. Jika reaksi berlangsung cepat maka nilai k adalah besar dan sebaliknya. 

x dan y = orde laju reaksi adalah pangkat molaritas pada persamaan laju reaksi. Penjumlahan x dan y disebut orde total. Orde reaksi harus dicari dari data hasil percobaan bukan dari koefisien persamaan reaksi. Adapun beberapa tingkat orde reaksi yaitu:

1. Orde Nol :  Suatu reaksi dikatakan berorde nol pada salah satu reaktannya jika perubahan konsentrasi pereaksi tidak mempengaruhi laju reaksi.

Berikut adalah grafik laju reaksi vs konsentrasi untuk orde nol:

2. Orde Satu : Suatu reaksi dikatakan berorde satu pada salah satu reaktannya jika perubahan konsentrasi pereaksi berbanding lurus dengan laju reaksi itu.

Berikut adalah grafik laju reaksi vs konsentrasi untuk orde satu:

3. Orde Dua : Suatu reaksi dikatakan berorde dua pada salah satu reaktannya jika laju reaksi merupakan pangkat dua dari konsentrasi pereaksi itu.

Berikut adalah grafik laju reaksi vs konsentrasi untuk orde dua:

Jadi, jawaban yang benar dari pilihan jawaban untuk grafik orde nol seperti pada soal adalah C yaitu konsentrasi awal peraksi tidak mempengaruhi laju reaksi.

0

Roboguru

Jika pada grafik yang mengalurkan konsentrasi pereaksi terhadap waktu diperoleh kemiringan, yang bernilai negatif, perkirakan kemiringan yang akan diperoleh pada grafik yang mengalurkan, konsentrasi p...

Pembahasan Soal:

Grafik konsentrasi terhadap waktu dapat digunakan untuk menghitung laju reaksi sesaat suatu reaksi. Laju sesaat tersebut diperoleh dari kemiringan grafik. Kemiringan yang memiliki tanda negatif menunjukkan konsentrasi pereaksi berkurang selama bereaksi. Slope bemilai negatif karena konsentrasi larutan berkurang dengan bertambahnya waktu reaksi.

Jadi, slope bertanda negatif menunjukkan konsentrasi pereaksi berkurang seiring bertambahnya waktu reaksi.blank subscript blank

0

Roboguru

Diketahui reaksi:   Gambarkan grafik hubungan antara perubahan konsentrasi dan waktu dari reaksi tersebut!

Pembahasan Soal:

Grafik hubungan perubahan konsentrasi pereaksi dan produk yaitu:
 

 

Berdasarkan gambar diatas dapat dilihat bahwa semakin besar waktu maka jumlah reaktan akan semakin berkurang sedangkan jumlah produk akan semakin bertambah. Konsentrasi zat pereaksi atau produk dinyatakan dalam kemolaran (molaritas).

Jadi, hubungannya yaitu pereaksi akan mengalami penurunan konsentrasi semakin bertambahnya waktu dan produk akan semakin meningkat semakin bertambahnya waktu seperti pada gambar diatas.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved