Roboguru

Pada oogenesis dari 1 oogonium terbentuk (1)___ovum normal dan (2)___polosit. Kata yang tepat untuk mengisi bagian rumpang no. (1) dan (2) adalah ….

Pertanyaan

Pada oogenesis dari 1 oogonium terbentuk (1)___ovum normal dan (2)___polosit. Kata yang tepat untuk mengisi bagian rumpang no. (1) dan (2) adalah …. 

  1. 1 dan 3 

  2. 2 dan 2 

  3.  3 dan 1 

  4. 1 dan 2 

  5. 1 dan 4 

Pembahasan Soal:

Oogenesis adalah proses pembentukan sel telur dari sel induk telur (oogonium) di ovarium. Dari satu sel induk telur (oogonium) akan menghasilkan 1 sel telur (ovum) fungsional, dan 3 sel polosit sekunder yang kemudian akan berkembang menjadi badan polar.space 

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Yunita

Mahasiswa/Alumni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Proses apa yang berlangsung pada sistem reproduksi laki-laki dan sistem reproduksi perempuan ?

Pembahasan Soal:

Gametogenesis merupakan proses pembentukan sel-sel kelamin (gamet). Gametogenesis mulai terjadi ketika alat-alat kelamin mengalami proses pematangan yaitu pada masa pubertas. Pembentukan gamet pada laki-laki disebut spermatogenesis, sedangkan pada perempuan disebut oogenesis. Spermatogenesis terjadi di dalam testis. Spermatogenesis dimulai dengan pembelahan mitosis sel-sel induk sperma (spermatogonia) menjadi sel-sel spermatosit primer. Kemudian, sel-sel spermatosit primer membelah secara meiosis I menghasilkan spermatosit sekunder. Spermatosit sekunder akan mengalami pembelahan meiosis II dan menghasilkan spermatid. Spermatid akan mengalami diferensiasi menjadi sel sperma. Sel sperma yang dihasilkan bersifat haploid (n).

Oogenesis terjadi di dalam ovarium. Proses oogenesis sudah dimulai sejak bayi perempuan masih dalamkandungan. Sel induk (Oogonia) mengalami pembelahan mitosis membentuk oosit primer. Oosit primer mengalami pembelahan meiosis I membentuk oosit sekunder dan badan polar. Oosit sekunder memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan badan polar. Oosit sekunder akan mengalami pembelahan meiosis II membentuk ovum. Sedangkan badan polar akan membelahmenjadi dua badan polar yang dinamakan polosit. Polosit akan mengalami degenerasi. Sehingga hasil dari oogenesis hanya satu ovum yang bersifat haploid (n).

Jadi, proses yang berlangsung pada sistem reproduksi laki-laki dan sistem reproduksi perempuan disebut gametogenesis. Pada laki-laki disebut spermatogenesis, sedangkan perempuan disebut oogenesis.space 

0

Roboguru

Berapa jumlah oosit pada perempuan yang berumur 9 tahun?

Pembahasan Soal:

Anak perempuan yang belum memasuki masa puber pada usia 9 tahun memiliki jumlah oosit (calon sel telur) sebanyak 200.000 hingga 2.000.000. Namun, ketika anak perempuan tersebut memasuki masa puber di usia 9 tahun, jumlah oosit yang tersisa hanya sekitar 40.000.undefined 

0

Roboguru

Setelah individu wanita mengalami masa puber maka di dalam tubuhnya akan terjadi perubahan hormonal yang menyebabkan . . . .

Pembahasan Soal:

Oogenesis terdapat 3 tahapan secara garis besar:

  1. Tahap penggandaan yaitu sel primordial mengalami pembelahan membentuk oogonium (2n) pada saat wanita masih janin (kandungan)
  2. Tahap pertumbuhan yaitu oogoniium membelah secara mitosis membentuk oosit primer terjadi saat wanita menjadi bayi. Kemudian oosit primer mengalami dormansi sampai masa pubertas.
  3. Tahap pematangan, saat masa pubertas hormon wanita mengalami perubahan sehingga mengakinabatkan oosit primer membelah secara meiosis I menjadi oosit sekunder (n) dan badan polar (n). Oosit sekunder membelah kembali menjadi ootid (n) dan badan polar II (n) secara meiosis II. Ootid menjadi ovum melalui mekanisme diferensiasi. Ovum yang tidak dibuahi akan luruh bersama dengan endometrium melalui mekanisme menstruasi.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Perhatikan gambarpembentukan sel kelamin berikut ! Tahapan yang menjelaskan pembentukan oosit primer ditunjukkan bagian nomor ...

Pembahasan Soal:

Gambar tersebut menjelaskan tentang proses oogenesis. Oogenesis adalah proses pembentukan ovum yang terjadi di dalam ovarium. Proses tersebut terjadi sejak janin berkembang di dalam kandungan, tetapi perkembangan akhir setiap ovum dicapai pada masa pubertas. Tahapan oogenesis dimulai dengan sel-sel epitel germinal bermitosis dan membentuk oogonium  (1), kemudian bermigrasi ke dalam jaringan ikat ovarium dan tumbuh serta membesar membentuk oosit primer (2), Selanjutnya, oosit primer mengalami pembelahan meiosis I dan membentuk oosit sekunder (3) dan badan polar I. Oosit sekunder selanjutnya mengalami pembelahan meiosis II (4) dan menghasilkan ovum (5) dan badan polar II. Badan polar I akan membelah menjadi dua polosit. Badan polar II dan polosit akan mengalami degenerasi. Jadi hasil Oogenesis adalah satu buah ovum (sel fungsional) dan tiga badan polar (tidak fungsional).

0

Roboguru

Perhatikan gambar peristiwa oogenesis berikut!  Sumber: https://biUy/2/TWkVO   Jenis pembelahan beserta sifat hasil pembelahan yang ditunjukkan oleh angka 1 dan 2 adalah ....

Pembahasan Soal:

Proses oogenesis dapat dilihat pada gambar di bawah ini

Berdasarkan skema, dapat dilihat bahwa bagian 1 pada soal adalah pembelahan meiosis I dan nomor 2 adalah oosit sekunder yang bersifat haploid (n). 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved