Roboguru

Pada masa pendudukan Jepang, Sutan Sjahrir melakuk...

Pada masa pendudukan Jepang, Sutan Sjahrir melakukan gerakan bawah tanah. Mengapa demikian?undefined 

  1. ...undefined 

  2. ...

Jawaban:

Gerakan bawah tanah artinya perjuangan yang dilakukan secara tertutup, diam-diam, dan ilegal. Dalam pelaksanaannya, gerakan bawah tanah yang dilakukan Sutan Sjahrir dkk meliputi tiga jenis kegiatan yakni: (1) memantau perkembangan Perang Pasifik melalui radio ilegal; (2) menyebarkan informasi terbaru dariradio pada para tokoh nasionalis; dan (3) diskusi tentang kemerdekaan dan nasionalisme. 

 

Pelaksanaan gerakan bawah tanah didasarkan pada prinsip perjuangan Sutan Sjahrir yang memilih jalan non kooperatif terhadap pemerintahan Jepang. Sementara tujuan dari gerakan bawah tanah sendiri adalah untuk mencari kesempatan yang tepat guna memerdekakan Indonesia tanpa campur tangan Jepang. Beberapa tokoh gerakan bawah tanah selain Sutan Sjahrir adalah: Ahmad Subardjo, Chaerul Saleh, dan Amir Syarifuddin. 

 

Dengan demikian, jawaban dari pertanyaan mengapa pada masa pendudukan Jepang Sutan Sjahrir melakukan gerakan bawah tanah, adalah karena Sutan Sjahrir bersikap non kooperatif  terhadap Pemerintah Jepang, sehingga gerakan bawah tanah dilakukan sebagai upaya mencari kesempatan merebut kemerdekaan Indonesia tanpa campur tangan Jepang. 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved