Roboguru

Pada masa awal kemerdekaan pernah terjadi perubahan sistem pemerintah dari sistem presidensial ke sistem parlementer. Apakah yang menjadi latar perubahan tersebut?

Pertanyaan

Pada masa awal kemerdekaan pernah terjadi perubahan sistem pemerintah dari sistem presidensial ke sistem parlementer. Apakah yang menjadi latar perubahan tersebut?

Pembahasan Soal:

Perubahan sistem pemerintahan pada masa awal kemerdekaan, dari sistem presidensiil ke parlementer di latar belakangi adanya tentangan dari beberapa anggota KNIP, yang dipimpin Sutan Syahrir, terhadap bentuk pemerintahan Presidensial, yang dianggap otoriter. Menyikapi tekanan ini, dikeluarkanlah Maklumat Wakil Presiden tanggal 16 Oktober 1945 dan Maklumat Pemerintah tanggal 14 November 1945, yang memperbolehkan adanya partai politik dan mengganti sistem pemerintahan menjadi Sistem Parlementer, dengan Sutan Syahrir menjadi Perdana Menteri pertama.​

Dengan demikian, latar belakang perubahan sistem pemerintahan di latar belakangi adanya tentangan dari beberapa anggota KNIP, yang dipimpin Sutan Syahrir, terhadap bentuk pemerintahan Presidensial, yang dianggap otoriter.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 14 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Penggantian kabinet presidensial menjadi kabinet parlementer pada awal kemerdekaan pada hakikatnya merupakan....

Pembahasan Soal:

Setelah kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, pada 12 September 1945 dibentuklah pemerintah pertama di Indonesia, dengan dibentuknya Kabinet Presidensial, yang dipimpin oleh Presiden Sukarno dan Wakil Presiden Muhammad Hatta. Situasi ini ditentang oleh kalangan Sosialis di KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat), yang dipimpin oleh Sutan Syahrir. Mereka menganggap bahwa sistem ini mengarah ke autokrasi dan diktatorisme oleh Presiden. Akhirnya pada bulan Oktober 1945, kelompok Sosialis ini berhasil menyusun kekuatan dan mendorong dibentuknya Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia (BP-KNIP) untuk merubah sistem pemerintahan menjadi Sistem Parlementer, dengan Perdana Menteri sebagai pemegang kekuasaan kepala pemerintahan, dan menteri dalam kabinet yang ditunjuk oleh parlemen. Hal tersebut merupakan salah satu tindakan yang menyimpang dari UUD 1945.undefined


Berdasarkan keterangan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah E.undefined

Roboguru

Maklumat pemerintah tanggal 14 November berisi tentang...

Pembahasan Soal:

BP-KNIP mengeluarkan Pengumuman Nomor 5 Tanggal 11 November 1945 tentang Pertanggungjawaban Menteri kepada Perwakilan Rakyat. Dalam pemikiran saat itu, KNIP diartikan sebagai MPR. Sementara itu, BP-KNIP disamakan dengan DPR. Jika demikian, secara tidak langsung BP-KNIP dengan mengeluarkan Pengumuman Nomor 5 telah meminta peralihan pertanggungjawaban menteri-menteri dari Presiden kepada BP-KNIP. Anehnya, Presiden Soekarno justru menyetujui usulan tersebut dan mengeluarkan Maklumat Pemerintah Tanggal 14 November 1945.
Dengan persetujuan tersebut, maka sistem kabinet presidensial dalam UUD 1945 telah diamandemen begitu saja menjadi sistem kabinet parlementer. Ini terbukti setelah BP-KNIP mencalonkan Sutan Sjahrir sebagai Perdana Menteri. Akhirnya, kabinet presidensial Soekarno dan Hatta jatuh dan digantikan oleh kabinet parlementer dengan Sutan Sjahrir sebagai Perdana Menteri pertama.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Penggantian kabinet presidensial menjadi kabinet parlementer pada awal kemerdekaan pada hakikatnya merupakan ...

Pembahasan Soal:

Penggantian kabinet presidensial menjadi kabinet parlementer pada awal kemerdekaan merupakan sebuah penyimpangan terhadap UUD 1945. Hal itu didasarkan pada UUD 1945 Pasal 4 Ayat 1 yang berbunyi, “Presiden Republik Indonesia memegang kekuasaan pemerintahan menurut Undang-Undang Dasar.” Dengan demikian, sistem pemerintahan di Indonesia menganut sistem pemerintahan presidensial. Dengan kata lain, Presiden Republik Indonesia memegang kekuasaan sebagai kepala negara dan sekaligus kepala pemerintahan.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Pilihlah salah satu tokoh yang berperan dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan dan proses terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia ...

Pembahasan Soal:

Satu tokoh yang berperan dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan dan proses terbentuknya NKRI adalah Ir. Soekarno. Ir. Soekarno tidak dapat dilepaskan dari sejarah kemerdekaan Indonesia, karena selain proklamator, Ir. sukarno juga merupakan presiden indonesia yang pertama, yang mempunyai peranan penting dari sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Dengan demikian banyak sekali perjuangan Soekarno dalam mewujudkan Indonesia untuk meraih kemerdeakaan.space space 

Roboguru

Jelaskan ada berapa bentuk maklumat2 pemerintah beserta tujuannya!

Pembahasan Soal:

Setelah terbentuknya pemerintahan Indonesia melalui sidang PPKI terjadi perubahan-perubahan untuk menjalankan roda pemerintahan yang lancar. Beberapa tokoh nasional berpendapat perlu adanya perubahan dalam sistem pemerintahan sesuai kehidupan politik saat itu. Oleh sebab itu pada masa awal kemerdekaan Indonesia keluarlah beberapa maklumat-maklumat pemerintah seperti dibawah ini.
 

  1. Maklumat Pemerintah tanggal 5 Oktober 1945 yang berisi pembentukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR).
  2. Maklumat Wakil Presiden No.X tanggal 16 Oktober 1945 berisi keputusan KNIP diberi kekuasaan legislatif dan menentukan garis-garis besar haluan negar sebelum adanya MPR dan DPR.
  3. Maklumat Pemerintah No.X tanggal 3 November 1945 berisi tentang pembentukan partai-partai politik.
  4. Maklumat Pemerintah tanggal 14 November 1945 berisi tentang persetujuan usul Badan Kerja KNIP bahwa para menteri akan bertanggungjawab kepada badan perwakilan rakyat.


Dengan demikian, maklumat-maklumat pemerintah yang keluar adalah pada tanggal 5 Oktober 1945, 16 Oktober 1945, 3 November 1945, dan 14 November 1945.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved