Roboguru

Pada malam hari mata kita melihat cahaya bintang yang memberikan intensitas pada mata kita sebesar 8,8 x 10-11 W/m2. Hitung daya yang diterima oleh mata jika mata dianggap berbentuk bulat dengan diameter 7 mm! (petunjuk:  dengan r menyatakan jari-jari mata, mengapa tidak ?)

Pertanyaan

Pada malam hari mata kita melihat cahaya bintang yang memberikan intensitas pada mata kita sebesar 8,8 x 10-11 W/m2. Hitung daya yang diterima oleh mata jika mata dianggap berbentuk bulat dengan diameter 7 mm! (petunjuk: A equals pi r squared dengan r menyatakan jari-jari mata, mengapa tidak 4 pi r squared?)

Pembahasan Soal:

Daya yang diterima oleh mata:

P equals I cross times A equals I cross times pi r squared equals 8 comma 8 cross times 10 to the power of negative 11 end exponent cross times 3 comma 14 cross times open parentheses 7 cross times 10 to the power of negative 3 end exponent close parentheses squared equals 1 comma 35 cross times 10 to the power of negative 14 end exponent space straight W 

Karena bagian permukaan mata yang mendapat intensitas hanya bagian luar sehingga dianggap datar dan menggunakan luas lingkaran.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 03 Juni 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved