Roboguru

Pada lambung domba, makanan akan diaduk secara mekanis dilakukan di ....

Pertanyaan

Pada lambung domba, makanan akan diaduk secara mekanis dilakukan di .... space 

  1. rumenspace 

  2.  retikulumspace 

  3. omasumspace 

  4.  abomasumspace 

  5. rumen dan retikulumspace 

Pembahasan Soal:

Lambung hewan ruminansia terdiri dari rumen, omasum, abomasum, dan retikulum.Rumen disebut juga sebagai perut besar tempat pencernaan makanan pada tahap pertama. Sedangkan bagian lambung retikulum disebut perut jala, omasum disebut perut kitab, dan abomasum disebut perut masam. Bagian lambung yang mencerna secara mekanis yaitu rumen dan retikulum.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat yaitu E. space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Nur

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Cermati lambung pada ruminansia berikut! retikulum rumen abomasum omasum Urutan proses pencernaan pada hewan ruminansia adalah ….

Pembahasan Soal:

Pencernaan makanan pada ruminansia dimulai dengan bolus dari mulut masuk pertama kali ke rumen, lalu ke retikulum untuk difermentasi komponen dinding selnya, dan selanjutnya dimuntahkan kembali ke mulut. Setelah itu bolus kembali masuk ke retikulum dan akan dibawa ke omasum. Di omasum, kandungan air pada bolus akan diserap. Selanjutnya, bolus masuk ke abomasum untuk dicerna secara kimiawi. Sehingga dapat ditarik urutan lambung pada hewan ruminansia adalah rumen - retikulum - omasum - abomasum. undefinedundefined

Dengan demikian, pilihan jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Mengapa manusia tidak dapat mencerna selulosa?

Pembahasan Soal:

Selulosa terdapat dalam tumbuhan sebagai bahan pembentuk dinding sel. Dalam tubuh manusia selulosa tidak dapat dicerna karena tidak ada enzim pencerna selulosa. Berbeda halnya dengan hewan ruminansia, enzim selulase dihasilkan oleh mikroba yang terdapat didalam rumen.space

0

Roboguru

Pada hewan memamah biak, urutan jalannya makanan dari mulut sampai keempat macam lambung yaitu....

Pembahasan Soal:

Lambung ruminansia terdiri atas empat bagian, yaitu rumen (perut besar), retikulum (perut jala), omasum (perut kitab), dan abomasum (perut masam), dengan ukuran yang bervariasi sesuai dengan umur dan makanan alamiahnya. Mekanisme pencernaan pada ruminansia yaitu dari mulut → rumen → retikulum → kembali ke mulut → omasum → abomasum.

  1. Makanan masuk ke mulut lanjut menuju kerongkongan kemudian akan masuk ke rumen yang berfungsi sebagai gudang sementara bagi makanan yang tertelan. Di rumen terjadi pencernaan protein, polisakarida, dan fermentasi selulosa oleh enzim selulase yang dihasilkan oleh bakteri dan protozoa tertentu.
  2. Dari rumen, makanan akan diteruskan ke retikulum dan di tempat ini makanan akan dibentuk menjadi gumpalan-gumpalan yang masih kasar disebut bolus.
  3. Bolus akan dimuntahkan kembali ke mulut untuk dimamah kedua kali.
  4. Dari mulut, makanan akan ditelan kembali untuk diteruskan ke omasum. Pada omasum terdapat kelenjar yang memproduksi enzim yang akan bercampur dengan bolus.
  5. Proses terakhir yaitu bolus akan diteruskan ke abomasum (perut yang sebenarnya). Di abomasum masih terjadi proses pencernaan bolus secara kimiawi oleh enzim selulase yang akan menghancurkan selulosa.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.space space

0

Roboguru

Hewan monogastrik dan poligastrik dibedakan berdasarkan ….

Pembahasan Soal:

Monogastrik dan poligastrik merujuk pada jumlah lambung pada hewan. ”Mono” artinya satu sedangkan “poli” artinya banyak, adapun “gastrik” mengacu pada lambung. Sehingga monogastrik adalah satu lambung dan poligastrik adalah banyak lambung, seperti contoh hewan ruminansia yang memiliki 4 lambung. Dengan demikian jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan hewan ruminasia, Jelaskan!

Pembahasan Soal:

Hewan ruminansia adalah hewan memamah biak yang memiliki empat macam lambung, yaitu rumen, retikulum, omasum, dan abomasum. Hewan ruminansia memiliki sistem pencernaan yang agak berbeda karena makanan yang dikonsumsi berupa tumbuhan yang mengandung selulosa. Proses pencernaan pada sistem pencernaan hewan ruminansia, adalah sebagai berikut: rumput → mulut → esofagus → rumen → retikulum → omasum → abomasum → usus halus → usus besar → rektum → anus.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved