Roboguru

Pada kebanyakan tumbuhan, perkecambahan hanya terjadi di lingkungan yang.....

Pada kebanyakan tumbuhan, perkecambahan hanya terjadi di lingkungan yang.....

Jawaban:

Perkecambahan merupakan proses awal pertumbuhan pada tumbuhan berbiji. Pada tahap perkecambahan dibutuhkan asupan air yang cukup diserap oleh biji agar dapat memecah kulit biji. Beberapa faktor lingkungan yang mendukung berlangsungnya proses perkecambahan pada sebagian besar tumbuhan berbiji adalah kadar kelembapan, oksigen dan temperatur. 

Kadar kelembapan berhubungan dengan kadar air yang sangat dibutuhkan dalam proses perkecambahan. Air akan terserap ke dalam biji yang pada awalnya berada dalam kondisi dorman. Terserapnya air ke dalam biji disebut dengan imbibisi yang pada akhirnya akan memecah kulit biji dan biji menjadi lunak. Air yang masuk ke dalam biji, selain melunakkan biji juga mengaktivasi kerja enzim sehingga biji mulai berkecambah dan bertumbuh membentuk tumbuhan baru. Selanjutnya kadar oksigen berperan dalam respirasi sel untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan selama proses perkecambahan dan pertumbuhan, sedangkan temperatur optimum dibutuhkan agar perkecambahan dapat berjalan dengan maksimal.

Oleh karena itu, proses perkecambahan pada sebagian besar tumbuhan dapat terjadi pada kondisi yang lembab, kadar oksigen yang cukup dan temperatur optimum.

 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved